10 Tips Membuka Bisnis Toko Kopi atau Kedai Kopi

Kesibukan para karyawan tidak digunakan untuk sarapan atau hanya menghirup kopi di rumah. Mereka memilih untuk menyeimbangkannya dengan makan dan minum di luar ruangan. Fenomena ini membuat aktivis kuliner menginspirasi. Sudah banyak di kota-kota besar saat ini kehadiran kafe , restoran dan kedai kopi.


10 Tips Membuka Bisnis Toko Kopi atau Kedai Kopi




Apabila telah memilih bisnis ini, maka membuka kedai kopi adalah ide yang bagus dan merupakan bidang bisnis yang sangat menjanjikan. Ini dimulai oleh lebih banyak pecinta kopi. Minum kopi saat ini telah menjadi kebutuhan yang tidak dapat di hindari baik untuk kota besar maupun kecil sebagai gaya hidup. Memegang gelas dengan cap logo kedai kopi adalah kebanggaan bagi sebagian orang.

10 Tips Membuka Bisnis Toko Kopi atau Kedai Kopi

Bagi Anda yang memiliki keinginan kuat untuk membuka kedai kopi, Anda harus memperhatikan 10 tips agar bisnis Anda berjalan lancar.

1. Buat Rencana Bisnis dengan matang
Rencana bisnis sangat diperlukan untuk membuka kedai kopi atau toko kopi. Apa yang ingin Anda buat , Bagaimana prospek kelakuan, apa kedai kopi yang Anda buat itu benar-benar bisa bersaing di pasar? Bagaimana menu harga yang akan Anda terapkan, apakah itu sepadan dengan kualitas? Siapa target pasar Anda? Apakah orang-orang yang kompetitor? Dan bagaimana rencana laba Anda nantinya? Semua itu harus Anda pelajari dengan hati-hati dalam sebuah pola.

2. Menentukan Sasaran Pasar yang Tepat
Saat membuat daftar besar, Anda dapat menceritakannya kembali lebih dalam. Anda perlu tahu siapa target pasar Anda nantinya? Apa di antara para siswa? Apakah orang muda hobi nongkrong? Atau lingkaran eksekutif?  Target pasar yang tepat akan sangat mempengaruhi kesuksesan kedai kopi Anda.

3. Merancang Pengeluaran Anggaran
Setelah Anda mengetahui siapa target pasar Anda, maka hal berikutnya adalah Anda harus mengatur anggaran. Perlu dipertimbangkan juga untuk biaya biaya promosi , pembelian mesin kopi , dan biaya tak terduga lainnya. Semuanya harus terinci. Perencanaan keuangan yang tepat akan menyelamatkan Anda dari ledakan biaya tak terduga.

4. Menciptakan Konsep yang Tepat
Konsep coffee shop juga harus dipikirkan dengan matang. Kedai kopi yang bagus adalah jika didirikan dengan konsep yang rapi dan memiliki ciri khas. Konsep tersebut juga wajib mencakup berbagai aspek penting dan tidak hanya tentang desain interior atau eksterior akan tetapi juga tentang prosedur layanan , seragam karyawan , furnitur luar ruangan , atau menu.

5. Membuat Logo

Logo juga diperlukan dan logo seperti identitas restoran wajib berbeda dari yang lain. Karenanya diperlukan logo yang dibutuhkan keseriusan. Warna logo memiliki arti tersendiri, "membuat logo tidak bisa sembarangan.

6. Menemukan Lokasi dan Bangunan yang Tepat
Setelah hal-hal dasar terpenuhi, maka Anda dapat pindah untuk menemukan lokasi dan bangunan yang tepat. Pemilihan lokasi dengan target pasar yang akan Anda tuju. Jika Anda menargetkan siswa, maka Anda dapat memilih lokasi di dekat area kampus. Jika Anda bertujuan untuk karyawan kantor, maka pilih lokasi di area ruko atau gedung bertingkat tinggi. Jadi, pilihan struktur Bangunan yang tepat juga akan meningkatkan pendapatan bisnis kedai kopi.

Jika kedai kopi Anda bernuansa minimalis, maka pilihlah bangunan yang terlihat tidak terlalu rumit. Jika Anda menginginkan nuansa alam dan di luar ruangan, maka pilih konsep bangunan dengan ruang terbuka.

7. Menentukan Desain Interior
Yang tidak kalah pentingnya untuk bisnis kedai kopi, Anda harus membuat desain interio terbaik dengan khas tersendiri. Tidak hanya itu, kedai kopi Anda akan menggunakan warna apa? Atau harus memakai wallpaper, dan apa bentuk keseluruhannya? Itu harus benar-benar dipikirkan dari sekarang.

8. Menentukan Furnitur yang Memikat
Furnitur di kedai kopi Anda harus sesuai dengan konsep yang Anda rancang. Seperticontoh yaitu tentang penekanan konsep bernuansa alami, maka wajib menggunakan meja makan dan kursi kayu yang memancarkan nuansa hangat , alami , dan indah. Tambahkan juga berbagai pot berisi tanaman hijau.

9. Menentukan Desain Eksterior
Sudah selesai dengan konsep untuk interior, mari kita beralih ke desain eksterior untuk bagian-bagian bangunan. Desain eksterior untuk menambah nilai estetika atau kecantikan ke sebuah bangunan. Dengan desain eksterior yang penuh seni, maka kedai kopi Anda akan terlihat lebih indah , cantik , dan juga menarik. Banyak pilihan untuk desain eksterior yang dapat Anda pilih dan umumnya seperti gaya klasik , gaya modern minimalis , gaya oriental , dan banyak lagi.

10. Memastikan Kualitas Kopi & Rasa
Konsep kedai kopi sudah keren , desain top , atau harga makanan terjangkau, namun tidak akan berguna jika rasa hidangan yang Anda sajikan jauh di bawah standar. Pastikan hidangan Anda menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas, membuat nikmat untuk setiap pelanggan yang datang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel