4 Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Menguntungkan

Memiliki bisnis  yang dapat dijalankan di rumah alias bisnis rumahan memang menjadi idaman banyak orang khususnya ibu rumah tangga. Selain menghemat biaya operasional usaha, kamu juga tetap memiliki banyak waktu bersama keluarga. Bisnis rumahan memang identik dengan bisnis yang dapat dimulai dengan modal kecil, namun jika dapat dijalankan dengan baik maka bisnis rumahan ini dapat memberikan banyak keuntungan.

4 Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Menguntungkan

Pada dasarnya, modal utama bisnis rumahan ini adalah skill dan keterampilan. Kamu dapat mengembangkan skill, keterampilan serta hobi yang kamu miliki menjadi sebuah peluang usaha rumahan. Misalkan kamu memiliki skill menjahit maka bisnis rumahan yang cocok buatmu adalah menjadi seorang tailor atau penjahit baju. Begitu juga ketika kamu memiliki hobi memasak, maka usaha kuliner rumahan pantas kamu coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Selanjutnya, manfaatkan apa yang ada di rumah seperti perlengkapan dan tempat. Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk memulai bisnis rumahan.
Nah, buat ibu muda yang ingin membuka usaha di rumah agar tetap bisa mengurus buah hati dan suami, atau siapa saja yang berniat menjalankan usaha rumahan berikut di bawah ini beberapa bisnis rumahan modal kecil yang menguntungkan dan cocok kamu jalankan.
1.      Membuka usaha Katering
Salah satu usaha rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga khususnya yang memiliki skill dan hobi memasak adalah dengan membuka usaha katering. Usaha ini dapat dijalankan di rumah tanpa harus meninggalkan kewajiban sebagai ibu rumah tangga mengurus anak dan suami. Karena pada dasarnya sistem usaha ini hanya dikerjakan ketika ada pesanan saja, jadi kamu tidak perlu meluangkan waktu khusus setiap harinya alias kamu masih bisa santai ketika tidak ada pesanan.
Jika kamu memiliki hobi memasak, tentu bisnis katering akan terasa mudah dan menyenangkan. Selain menyalurkan hobi kesukaanmu, kamu juga berpeluang mendapatkan tambahan uang belanja dari bisnis ini. Meskipun terkesan sederhana, agar bisnis katering ini dapat berjalan seperti yang kamu harapkan sebaiknya buatlah rencana bisnis yang matang.
Mengingat bisnis katering mengandalkan cita rasa sebagai modal utama, sebelum memulai bisnis ini sebaiknya lakukan sedikit survei dengan membuat menu masakan andalanmu lalu mintalah keluarga atau temanmu untuk merasakannya. Jika ada yang kurang, mereka tidak akan segan memberikan masukan. Begitu pula sebaliknya, jika masakanmu benar-benar nikmat dan sesuai selera maka tanpa dimintapun mereka dengan senang hati akan mempromosikan usahamu ke orang lain.
Selanjutnya, tentukan strategi pemasaran yang tepat untuk membantu mempercepat perkembangan bisnis katering yang kamu jalankan. Buatlah sebuah papan tulisan sederhana di depan rumah untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa kamu menerima pesanan katering. Atau jika perlu buatlah sebuah brosur dengan desain yang unik dan menarik agar bisnismu mendapat perhatian dari calon pelanggan.
2.      Berjualan Online
Usaha rumahan berikutnya bisa dikatakan tidak jauh dari hobi para ibu rumah tangga, yaitu berbelanja. Jika selama ini kamu suka menghabiskan uang untuk membeli sesuatu, nah sekarang saatnya kamu bertindak sebagai penjual untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Berjualan online sangat cocok dijadikan sebagai bisnis rumahan karena dapat dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Selain itu bisnis ini dapat dimulai dengan modal yang tidak begitu besar, bahkan tanpa modalpun kamu sudah bisa memulai bisnis ini.

4 Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Menguntungkan ~ bisnis online shop

Ada dua sistem berjualan online yang dapat kamu pilih menyesuaikan modal yang kamu miliki, yaitu reseller dan dropshipper. Perbedaan dari dua jenis ini adalah jika reseller kamu wajib membeli produk dalam jumlah tertentu terlebih dahulu sebelum bisa menjualnya ke konsumen. Sedangkan dropshipper, kamu hanya sebagai perantara antara pembeli dan pemilik barang, jadi kamu tidak perlu memiliki stock produk di rumah. Soal keuntungan, tentu reseller akan mendapatkan keuntungan lebih banyak karena produsen akan memberikan diskon yang lebih besar buat para reseller daripada dropshipper.
Jika kamu berniat menjalankan bisnis rumahan dengan berjualan online, sebaiknya tentukan produk yang akan kamu jual. Carilah produk yang sedang trend saat itu. Misalkan pada saat menjelang bulan ramadhan atau lebaran, juallah berbagai produk fashion muslim seperti baju, mukena, hijab dan aksesoris muslim lainnya. Untuk itu, carilah produsen dengan produk yang berkualitas namun dengan harga yang lebih terjangkau.
Salah satu kunci sukses berjualan online terletak pada strategi pemasaran yang kamu lakukan. Jika modalmu terbatas, gunakan sosial media dan beberapa market place untuk menawarkan produkmu. Namun jika kamu memiliki modal lebih, tak ada salahnya beriklan di google ads dan FB ads. Terbukti dengan menggunakan kedua iklan berbayar ini, kamu dapat menjangkau pasar yang lebih luas sehingga dapat menaikkan omset penjualan toko onlinemu.
3.      Usaha Laundry
Mengingat banyak pasangan muda yang tidak memiliki banyak waktu karena sibuk dengan aktifitasnya, membuka usaha laundry di rumah bisa menjadi solusi untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi jika rumahmu berada di komplek perumahan, keberadaan jasa laundry sangat dibutuhkan apalagi ketika datang musim penghujan.

4 Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Menguntungkan ~ usaha laundry

Untuk menjalankan usaha ini kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Kamu hanya perlu menyediakan perlalatan dan perlengkapan laundry seperti mesin cuci, timbangan, hanger, kerajang, sterika dan perlengkapan lainnya. Kamu juga tidak perlu menyewa tempat khusus untuk membuka jasa laundry ini, manfaatkan saja ruangan yang ada di rumah. Dengan begitu kamu sudah dapat memulai usaha laundry dengan modal yang kecil.
Pada awalnya mungkin kamu bisa menjalankan usaha laundry ini sendirian, namun seiring meningkatnya order dari customer tentu kamu akan membutuhkan bantuan satu atau dua orang karyawan. Kunci sukses usaha laundry ini terletak pada kualitas cucian dan pelayanan yang diberikan ke pelanggan. So, jika ingin usaha laundrymu sukses dan berkembang, pastikan pelanggan puas dengan kualitas dan layanan yang kamu berikan.
4.      Menjual Pulsa dan Jasa Pembayaran
Bisnis rumahan modal kecil selanjutnya adalah dengan berjualan pulsa dan jasa pembayaran. Usaha ini sangat cocok dijadikan sebagai usaha sampingan untuk mengisi waktu luang di rumah. Selain itu, untuk memulai usaha ini kamu tidak membutuhkan modal yang besar, cukup dengan beberapa ratus ribu rupiah maka kamu sudah bisa melayani penjualan pulsa, pembayaran rekening listrik, cicilan kredit, tagihan telpon, asuransi dan jenis pembayaran lainnya.
4 Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Menguntungkan ~ berjualan pulsa

Kamu akan mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi yang kamu lakukan. Meskipun keuntungan tiap transaksi tidak begitu besar, namun dengan banyaknya transaksi yang kamu lakukan maka kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan yang tidak sedikit nilainya.
Beberapa bisnis rumahan di atas hanya sebagai contoh dari sekian banyak bisnis rumahan modal kecil yang dapat kamu lakukan. Meski sifatnya hanya untuk mengisi waktu luang, tapi jika dijalankan dengan perencanaan yang matang maka bisnis rumahan tadi akan dapat berkembang dan memberikan banyak keuntungan. Tertarik ingin menjalankan bisnis di rumah?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel