4 Ide Usaha Untuk Kamu Yang Baru Lulus Kuliah


Proses wisuda adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh setiap mahasiswa. Proses ini sebagai simbol bahwa status sebagai seorang mahasiswa sudah selesai dan siap melangkah ke jenjang berikutnya yaitu bekerja. Namun sayangnya tidak semua fresh graduate memiliki kesempatan yang sama dalam meniti sebuah karir, bahkan setelah lulus kuliah banyak diantara mereka yang masih bingung akan bekerja di mana. Akhirnya, status pengangguran melekat pada dirinya.
Meskipun tingkat persaingan untuk bisa bekerja di perusahaan yang bonafid sangat ketat, bukan berarti kamu boleh menyerah begitu saja dan memilih menjadi pengangguran bergelar sarjana. Ada banyak peluang yang bisa kamu jadikan sebuah bisnis yang dapat kamu jalankan setelah lulus kuliah. Keputusan untuk terjun di dunia bisnis menjadi solusi yang paling tepat  mengingat dengan berbisnis kamu akan mendapatkan manfaat yang cukup banyak. Selain mendapatkan penghasilan, kamu akan mendapatkan berbagai pengalaman bisnis yang tidak kamu dapatkan di bangku kuliah.

4 Ide Usaha Untuk Kamu Yang Baru Lulus Kuliah

Mengingat seorang fresh graduate umumnya tidak memiliki modal yang besar, maka sebaiknya mulailah memilah dan memilih jenis usaha yang dapat dijalankan dengan modal kecil. Nah, jika saat ini kamu masih bingung ingin menjalankan bisnis seperti apa, berikut di bawah ini kami berikan beberapa contoh bisnis yang cocok untuk para fresh graduate.
1.      Bisnis Online Shop
Saat ini, bisnis online shop menjadi bisnis yang pertumbuhannya paling cepat diantara bisnis lainnya. Pasalnya selain mudah dijalankan, kamu tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai bisnis ini. Diantara sekian banyak model bisnis online shop, menjadi dropshipper dan reseller adalah pilihan yang paling tepat karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk menyediakan stock barang. Bahkan dengan sistem dropshipp, kamu dapat memulai bisnis ini nyaris tanpa modal sedikitpun, cukup dengan smartphone yang sudah kamu miliki.
Tugas kamu dalam bisnis ini hanya menawarkan produk melalui media online untuk mendapatkan pembeli. Kamu dapat membuat sebuah website online shop yang sederhana atau memanfaatkan marketplace yang sudah tersedia seperti tokopedia, bukalapak, lazada dan marketplace lainnya untuk berjualan.
Kunci kesuksesan bisnis ini adalah bagaimana kamu dapat menemukan suplier dengan harga yang murah dan memahami strategi pemasaran yang tepat untuk mengenalkan produkmu ke calon pelanggan. Untuk strategi pemasaran, kamu dapat berpromosi secara gratis dengan menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, blog dan forum yang berkaitan dengan produkmu. Atau jika kamu memiliki modal tambahan, kamu dapat memanfaatkan iklan berbayar seperti google ads dan fb ads untuk menjangkau calon pelanggan yang lebih luas lagi.
2.      Jualan Kartu Perdana dan Paket Internet Murah
Saat ini, internet bisa dibilang menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Bagaimana tidak, setiap aktifitas dan pekerjaan yang kita lakukan selalu membutuhkan koneksi internet. Berkirim pesan penting, mengirim email pekerjaan, mencari informasi, bahkan ketika ingin bepergianpun kita membutuhkan internet untuk memesan transportasi online. Kondisi seperti ini memberikan peluang buat kamu yang ingin mendapatkan penghasilan yaitu dengan berjualan kartu perdana internet yang murah.

4 Ide Usaha Untuk Kamu Yang Baru Lulus Kuliah ~ jualan perdana

Di setiap kota pasti ada agen atau distributor yang menyediakan kartu perdana internet yang dapat dibeli secara grosir. Ambillah beberapa paket perdana internet dari beberapa provider sebagai modal awal dalam bisnis ini. Untuk memulainya, kamu tidak harus memiliki tempat permanen untuk berjualan. Manfaat koneksimu, teman-temanmu, keluargamu dan tetangga di sekitar rumahmu untuk dijadikan target pasar yang potensial. Jika kamu memiliki modal lebih, ada baiknya buatlah kios sederhana di teras rumah atau menyewa sebuah kios di tempat yang strategis.
Selama orang masih membutuhkan koneksi internet maka bisnis penjualan kartu perdana internet ini akan terus dicari. Agar bisnismu dapat berjalan seperti yang kamu harapkan sebaiknya pastikan bisnismu memiliki keunikan tersendiri dibanding kios lain yang sama-sama berjualan kartu perdana internet murah. Keunikan bisa dalam banyak hal, salah satunya berupa image bahwa harga kartu perdana internet di kiosmu adalah yang paling murah dibanding kios lainnya.
3.      Penerjemah Bahasa Asing
Jika kamu dulunya kuliah di fakultas atau jurusan bahasa asing seperti sastra inggris, arab, jepang dan bahasa lainnya, kamu dapat memanfaatkan skill bahasa asingmu untuk menjadi translator atau seorang penerjemah. Ada banyak jenis translator yang dapat kamu jalankan mulai dari yang bekerja di depan meja hingga yang bekerja dilapangan menemani wisatawan atau tamu perusahaan dari luar negeri.

4 Ide Usaha Untuk Kamu Yang Baru Lulus Kuliah ~ penerjemah

Untuk awalnya sebaiknya kamu mulai menjadi translator dari balik meja dulu hingga memiliki pengalaman untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi. Bagaimana untuk memulai bisnis ini? Kamu dapat mencari infomasi di media online dengan mengunjungi beberapa website yang menawarkan pekerjaan secara freelance sebagai seorang penerjemah. Selain itu kamu juga dapat mempromosikan jasamu melalui media sosial dan beberapa forum yang ada di dunia maya.
4.      Menjadi Blogger dan Youtuber
Salah satu cara paling mudah untuk mengisi waktu luang setelah lulus kuliah namun berpotensi mendapatkan penghasilan yaitu dengan menjadi seorang blogger atau youtuber. Buat kamu yang belum memahami apa itu blogger dan apa itu youtuber, kamu dapat mencari informasi tersebut dengan mudah di dunia maya. Namun singkatnya, seorang blogger bekerja dengan membuat konten berupa tulisan yang bermanfaat lalu diupload pada sebuah blog atau website. Sedangkan youtuber, kamu harus membuat konten berupa video yang berisi tentang sesuatu yang menarik lalu menguploadnya di youtube.
Jika blog dan channel youtube yang kamu bangun memenuhi persyaratan, maka kamu memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan dari blog dan cahnnel youtube yang kamu miliki. Pada dasarnya semakin banyak orang yang mengunjungi dan membaca artikel yang ada di blogmu maka semakn besar pula peluang penghasilan yang kamu dapatkan. Begitu juga pada channel youtube, semain banyak yang menonton videomu maka semakin besar peluangmu untuk mendapatkan penghasilan. Maka kuncinya adalah, buatlah konten yang menarik dan bermanfaat agar menjadi viral di dunia maya. Tidak hanya satu, tetapi buatlah konten secara rutin setiap hari atau seminggu sekali agar blog dan channelmu mampu bertahan dan memenangkan persaingan.
Sebenarnya masih banyak peluang usaha yang dapat dijalankan untuk mengisi waktu luang setelah lulus kuliah. Namun beberapa contoh di atas saya anggap sudah lebih dari cukup untuk membantu membuka wawasan dan ide kreatif bahwa untuk mendapatkan penghasilan tidak selalu harus menjadi seorang karyawan. Dari pada menjadi pengangguran bergelar sarjana, lebih baik manfaatkan tenagamu yang masih kuat untuk membuka lapangan pekerjaan, minimal untuk diri sendiri.
Menjalankan sebuah bisnis memang tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak tantangan yang akan kamu hadapi seperti keuntungan yang dirasa sangat kecil. Jangan menyerah, karena kesuksesan itu membutuhkan sebuah proses. Maka kamu harus memiliki komitmen yang tinggi menjalankan bisnis ini, karena selama proses berlangsung kamu akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga sebagai bekal  masa depanmu. Sudah siap membuka usaha sendiri?



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel