5 Peluang Usaha Dengan Modal di Bawah 500 Ribu


Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan adalah dengan bekerja, baik menjadi seorang karyawan maupun bekerja sendiri dengan menjalankan sebuah bisnis. Bekerja pada instansi pemerintah atau perusahaan yang terkenal memang menjadi kebanggan tersendiri, namun sayangnya tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja di tempat tersebut. Alhasil, dengan sedikit memutar otak, tidak sedikit yang kemudian memutuskan menjalankan bisnis  sendiri untuk bisa bertahan hidup.

5 Peluang Usaha Dengan Modal di Bawah 500 Ribu

Menjalankan sebuah bisnis memang bisa menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan penghasilan. Untuk itu kamu harus siap dengan berbagai masalah dan tantangan yang akan kamu hadapi. Salah satu masalah yang sering muncul ketika ingin menjalankan bisnis adalah soal permodalan. Banyak yang mengurungkan niatnya membangun sebuah bisnis dengan alasan tidak punya modal. Padahal jika kamu jeli melihat peluang, ada banyak bisnis yang bisa kamu jalankan dengan modal kecil, bahkan nyaris tanpa modal sedikitpun.
Tidak perlu menyiapkan modal hingga ratusan juta rupiah, dengan modal 500 ribu pun kamu sudah bisa memiliki sebuah bisnis yang dapat kamu andalkan. Penasaran bisnis apa saja yang bisa dimulai dengan modal 500 ribu? Ini dia diantaranya.
1.      Usaha Warung Kopi
Seperti yang kamu ketahui, banyak diantara masyarakat Indonesia yang gemar minum kopi. Peluang seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dengan mendirikan sebuah warung kopi. Untuk mendirikan warung kopi, kamu tidak membutuhkan modal yang besar. Manfaatkan teras rumahmu atau carilah tempat strategis di pinggir jalan. Besar kecilnya modal akan tergantung perlengkapan dan peralatan yang kamu gunakan. Dengan modal 500 ribu kamu sudah bisa mendirikan sebuah warung kopi yang sederhana.
Jika kamu berniat membuka usaha warung kopi, sebaiknya rencanakan dengan matang menu apa saja yang akan kamu sediakan. Selain menyediakan kopi,  sebuah warung kopi biasanya juga menyediakan berbagai macam minuman seperti teh hangat, jeruk hangat, susu jahe dan minuman lainnya. Jangan lupa sediakan pula menu jajanan seperti snack, kacang, pisang goreng, mendoan dan gorengan lainnya, karena minum kopi terasa kurang lengkap jika tidak ada menu gorengannya. Jika dirasa perlu, kamu bisa membuat konsep warung kopimu seperti “wedangan” yang juga menyediakan nasi bungkus hingga mie goreng dan mie rebus. 
Kunci sukses usaha ini pada dasarnya terletak pada cita rasa minuman dan makanan yang kamu sediakan, sama seperti bisnis kuliner pada umumnya. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan faktor kenyamanan dan kebersihan agar pelanggan merasa nyaman menikmati kopi di warungmu. Pelayanan yang ramah dan professional juga membantu suksesnya bisnis warung kopi yang kamu jalankan.
2.      Berjualan Pulsa dan Kartu Perdana Internet
Mengingat hampir semua orang memiliki handphone hingga smarthone untuk mendukung aktifitas harian mereka, maka tak salah jika kamu memutuskan untuk berjualan pulsa dan kartu perdana internet. Untuk menjalankan usaha ini kamu tidak memerlukan tempat khusus untuk berjualan. Namun jika dirasa perlu, kamu bisa mendirikan sebuah kios sederhana di teras rumahmu. Saat ini untuk berjualan pulsa elektrik kamu hanya perlu menyiapkan modal antara 100-200 ribu sebagai deposit awal. Carilah agen atau distributor pulsa yang ada di kotamu untuk mendapatkan harga paling murah.
Untuk melengkapi produk, sebaiknya kamu juga berjualan kartu perdana internet. Seperti yang kamu ketahui, kuota internet kini menjadi kebutuhan pokok setiap orang agar bisa selalu online dengan smartphone mereka. Umumnya mereka lebih suka membeli kartu perdana internet daripada membeli kuota internet karena lebih murah. Carilah agen atau distributor kartu perdana internet yang ada di kotamu. Pilah dan pilihlah jenis kartu perdana internet seperti apa yang paling banyak dibutuhkan. Jika kamu punya modal lebih, sebaiknya belilah kartu perdana internet dalam jumlah yang banyak karena biasanya harga yang diberikan akan lebih murah.
3.      Berjualan Gorengan
Pernahkan kamu perhatikan bagaimana larisnya gorengan yang biasanya dijual dari sore hingga malam hari? Mengingat gorengan bisa dikatakan cemilan sejuta umat yang memilki penggemar tanpa batasan umur ini maka tak heran jika setiap hari pedagang gorengan selalu pulang dengan senyuman yang lebar. Jika kamu sedang mencari peluang usaha dengan modal dibawah 500 ribu maka berjualan gorengan adalah jawaban yang tepat.
Untuk menjalankan berjualan gorengan ini, kamu dapat memanfaatkan peralatan yang sudah ada di rumah seperti kompor, wajan, tabung gas dan peralatan memasak lainnya. Mungkin pengeluaran terbesar usaha ini terletak pada penyediaan gerobak yang biayanya cukup variatif tergantung gerobak seperti apa yang akan kamu buat. Namun, tanpa gerobakpun kamu sudah bisa menjalankan usaha ini.
4.      Usaha Katering Atau Pemesanan Kue
Jika kamu hobi memasak, mungkin menjalankan usaha katering cocok buat kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Selain dapat dikerjakan di rumah, usaha ini bisa dimulai dengan modal dibawah 500 ribu rupiah. Untuk menjalankan usaha ini, sebaiknya kamu mulai dengan membuat jajanan pasar atau kue lalu menitipkannya ke warung dan pasar di dekat rumahmu. Cara ini sekaligus sebagai media promosi mengenalkan usahamu ke masyarakat sekitar. Seiring dengan berjalannya waktu, kamu dapat melebarkan usahamu dengan menerima pesanan katering.
Jika kamu serius berniat menjalankan usaha ini, sebaiknya lakukan survei ringan untuk mengetahui jenis kue atau menu masakan apa yang paling banyak disukai. Strategi pemasaran juga perlu kamu siapkan agar usahamu lebih cepat dikenal oleh masyarakat. Meskipun faktor harga menjadi pertimbangan pelanggan, namun jangan sampai mengabaikan cita rasa masakanmu. Lebih mahal sedikit tidak masalah asalkan memiliki rasa yang nikmat dan berkualitas.
5.      Menjadi Dropshipper
Menjamurnya bisnis online shop membuka peluang yang besar buat kamu untuk ikut merasakan manisnya bisnis online shop ini. Potensi keuntungannya yang luar biasa menjadi semakin menarik karena kamu tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya. Hanya dengan bermodal sebuah HP atau smartphone yang sudah kamu miliki, kamu sudah bisa menjalankan online shop dengan sistem dropshipp ini.
Dropshipp adalah istilah dalam bisnis online shop dimana kamu bertindak sebagai marketing yaitu menjualkan produk orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Tugasmu hanya mencari pembeli saja, tidak perlu mengurusi stock barang, packing dan pengiriman, karena semua itu tadi sudah dikerjakan oleh pemilik produk.
Jika kamu berniat menjalankan usaha ini, sebaiknya tentukan dulu produk apa yang akan kamu jual. Pastikan produk tersebut memiliki target pasar yang jelas. Selanjutnya carilah suplier atau produsen produk tersebut yang menyediakan sistem dropshipp. Mintalah katalog berupa foto dan informasi yang lengkap tentang produk tersebut. Setelah itu, kamu bisa berjualan kepada siapa saja secara online dengan menaikkan harga sebagai keuntungan. Untuk strategi pemasaran, sebaiknya gunakan media sosial seperti facebook dan instagram untuk menawarkan produkmu. Keberadaan marketplace seperti bukalapak, tokopedia dan lazada juga dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan pelanggan yang lebih luas lagi.
Selain lima peluang usaha yang sudah kami sampaikan di atas sebenarnya masih banyak peluang usaha dengan modal dibawah 500 ribu yang dapat kamu jalankan. Besarnya kecilnya modal sebenarnya bukan halangan untuk memiliki sebuah bisnis. Kreatifitas, mental dan semangat bisa menjadi modal yang luar biasa yang tidak ternilai harganya. Tertarik ingin menjalankan usaha?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel