Cara Berbisnis Online di Instagram Sukses dan Menguntungkan


Ada banyak sekali media sosial yang bisa kita manfaatkan pada saat ini, mulai dari facebook, twiter, instagram dan masih banyak lainnya. sebaiknya media sosial tidak hanya digunakan untuk main-main saja, tetapi dimanfaatkan menjadi suatu hal yang berguna. Misalnya dengan menjadikan social media sebagai tempat promosi bisnis anda.

Salah satu media social yang menjanjikan sebagai tempat promosi bisnis online anda adalah instagram. Saat ini penggunaan instagram sudah lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia. Ini bisa menjadi target pasar yang menjanjikan. Tetapi anda harus melakukan taktik tertentu, supaya produk anda semakin dikenal dan laris manis. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa cara berbisnis online di instagram yang menguntungkan.

Cara Berbisnis Online di Instagram Sukses dan Menguntungkan

Cara Memulai Bisnis Online di Instagram
Berikut beberapa tips memulai bisnis online melalui instagram yang bisa anda coba lakukan.

·        Gunakan Foto Yang Bagus
Instagram merupakan social media yang mengedepankan visual. Jadi instagram seperti kumpulan foto-foto yang tertata dengan rapi. Oleh karena itu untuk menarik perhatian pembeli, anda harus mengupload foto produk yang anda yang bagus atau artistic. Jangan upload foto yang kualitasnya jelek atau mengambil dari google.

Cobalah untuk memfoto produk anda sendiri. Anda bisa mengambil tema tertentu ketika memfoto produk anda. Bisa juga dengan menggunakan model. Ini cocok untuk produk pakaian. Jadi orang semakin tertarik melihat foto produk di instagram anda.

Dalam memulai bisnis di Instagram ini anda tidak harus menggunakan kamera professional. Anda juga bisa menggunakan kamera HP dengan resolusi kamera yang bagus agar hasil foto juga bagus.

·        Gunakan Hashtag
Cara berbisnis online di instagram selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur hashtag pada instagram. Untuk mencari suatu hal biasanya orang-orang akan menggunakan hastag. Jadi semua yang dicari langsung dapat dilihat. Dengan memanfaatkan fitur ini, orang-orang yang tidak memfolow instagram anda, bisa mengetahui produk anda.

Misal anda menjual baju hijab. Anda bisa menulis hashtag di gambar anda dengan tulisan. Baju hijab murah, baju hijab keren, online shop terpercaya, online shop murah, dan masih banyak lainnya. cara menulis hashtag sangatlah mudah. Cukup menulis #bajuhijabmurah. Anda juga bisa menggunakan hastag popular yang paling banyak dicari di instagram.

·       Manfaatkan SFS
Apa itu SFS? Untuk orang awam mungkin masih asing dengan SFS. SFS adalah shoutout for shotout. Cara berbisnis online di instagram ini sangat bagus untuk menarik follower dan calon pembeli. Cara kerja SFS sangatlah mudah. Jadi sesama online shop saling mempromosikan barangnya satu sama lain.

Tetapi jangan online shop yang mempunyai produk sama. Misal anda menjual produk baju hijab, anda jangan melakukan SFS dengan online shop yang menjual produk baju hijab saja. Biasanya para pemilik online shop mempunyai grup SFS sendiri. Setiap hari mereka saling mempromosikan. Untuk toko online yang sudah mempunyai banyak follower, biasanya mereka memasang tarif untuk SFS.

·       Endorse
Cara berbisnis online di instagram selanjutnya adalah dengan memanfaatkan endorse. Endorse merupakan memberikan produk kita kepada selebgram atau artis untuk mempromosikan produk kita. Jadi kita memberikan produk secara gratis dan mereka akan berfoto dengan produk kita dan menguploudnya ke instagram.

Cara ini memang mengeluarkan modal yang cukup banyak. Tetapi hasilnya sangat berpengaruh. Terkadang bisa menambah orderan dan follower yang sangat banyak. Pastikan anda memiliki artis atau selebgram yang berpengaruh atau benar-benar seorang influencer dan juga pastikan  memiliki banyak follower. Misalnya melakukan kerjsama endorse ke artis yang cukup terkenal seperti zaskia adya meca, iqbal coboy junior dan masih banyak lainnya.

Selain cara berbisnis online di intagram di atas. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan lagi. Pertama kunci instagram anda, jadi mereka harus memfollow anda terlebih dahulu sebelum melihat produk anda, kedua tulis keterangan produk dan kontak person secara lengkap. Tulis juga cara pengiriman dan pembayaran. Jadi konsumen lebih percaya kepada anda.

Cara ini juga berlaku pada cara berbisnis online di twitter. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel