Tips Memilih Bisnis Franchise Murah yang Berpotensi Memberikan Keuntungan Besar



Di jaman sekarang, semua orang bisa dengan mudah membuka bisnis sendiri. Semua itu disebabkan banyak bisnis franchise murah yang bisa anda miliki.

Ya, franchise memang benar-benar mengubah paradigm banyak orang mengenai membangun bisnis sendiri. Dengan adanya franchise, anda sudah tidak perlu menjalani jatuh bangun membangun bisnis sendiri. Anda hanya perlu membayar lisensi sebuah bisnis franchise, kemudian anda tinggal menjalankan bisnis tersebut.

Berbicara mengenai franchise, akhir-akhir ini semakin banyak yang menawarkan lisensi bisnis franchise murah. Cukup banyak jenis bisnis franchise murah yang bisa dikatakan tidak worth it atau tidak layak untuk dibeli lisensinya.

Tips Memilih Bisnis Franchise Murah yang Berpotensi Memberikan Keuntungan Besar


Kenapa tidak layak? Karena bisnis franchise murah tersebut sama sekali tidak menjual sebuah bisnis yang siap dijalankan. Namun demikian, tidak semua bisnis franchise yang dijual dengan harga murah tersebut tidak layak untuk dibeli lisensinya. Ada beberapa bisnis franchise murah yang cukup menguntungkan.

Mau tau bagaimana menentukan mana bisnis franchise murah yang menguntungkan untuk dibeli lisensinya dan mana yang tidak layak untuk dibeli? Baca tips memilih bisnis franchise yang layak untuk dibeli lisensinya lebih lanjut di artikel ini.

3 Kriteria Bisnis Franchise Murah yang Layak Untuk Dibeli Lisensinya

Ya, tidak semua bisnis franchise murah itu bisa memberikan keuntungan bagi anda. Bahkan faktanya, mayoritas bisnis franchise murah itu justru akan membuat anda rugi.

Namun demikian, masih ada beberapa macam bisnis franchise yang dijual dengan harga murah dan masih cukup menguntungkan. Bagi anda yang tertarik untuk membeli lisensi bisnis franchise murah, pastikan untuk memperhatikan terlebih dahulu 5 kriteria bisnis franchise yang menguntungkan berikut ini:

1.     Sudah ada sistem yang terbukti berhasil dijalankan

Inti dari sebuah bisnis franchise adalah sistem. Yang anda beli dari sebuah bisnis franchise adalah sistemnya bukan produknya saja.

Sebuah bisnis tidak bisa dikatakan layak untuk di-franchise-kan jika belum memiliki sistem yang baik.

Lalu apa yang dimaksud dengan sistem franchise itu? Sistem di dalam sebuah bisnis franchise itu bisa sangat kompleks. Ada sistem marketing, ada sistem produksi, dan ada juga sistem pengelolaan bahan baku.

Sebuah bisnis franchise yang benar biasanya minimal sudah memiliki 2 macam sistem tersebut.

Jika bisnis bermodel franchise yang ditawarkan kepada anda masih belum memiliki sistem yang jelas, ada baiknya anda tidak berinvestasi di bisnis tersebut. Kenapa? Karena sebaik apapun produk yang dijual, bisnis tersebut tidak akan bisa berjalan tanpa adanya sistem.

2. Sudah memiliki banyak cabang yang terbukti mampu menjalankan bisnisnya

Sebuah sistem memang merupakan inti dari sebuah bisnis franchise, namun selain sistem, anda juga perlu memperhatikan mengenai berapa jumlah cabang yang terbukti bisa menjalankan bisnisnya sebelum berinvestasi di sebuah bisnis franchise murah.

Kenapa harus melihat berapa banyak cabang yang dimiliki dan mampu menjalankan bisnisnya? Karena sebuah sistem baru bisa dikatakan sebagai sistem yang teruji jika bisa diduplikasikan.

Jumlah cabang adalah cara mudah untuk menentukan baik buruknya sebuah sistem yang dimiliki oleh bisnis franchise murah. Semakin banyak jumlah cabang yang mampu menjalankan bisnisnya, maka bisa disimpulkan bahwa sistem yang dijual memang benar-benar sudah teruji.

3.     Purna jual lisensi bisnis franchise murah

Hal terakhir yang juga perlu anda perhatikan sebelum berinvestasi di sebuah bisnis franchise murah adalah purna jualnya.Yang dimaksud dengan purna jual di sini bukanlah purna jual yang harus anda lakukan terhadap konsumen anda nantinya.Yang dimaksud dengan purna jual di sini adalah antara anda yang membeli lisensi dan yang memiliki lisensi franchise tersebut.

Perhatikan apakah anda nantinya akan terus menerus mendapatkan pelatihan untuk menjalankan bisnis franchise murah tersebut sesuai dengan sistem atau tidak.

Selain itu, apakah anda akan mendapatkan bantuan jika sewaktu-waktu mengalami masalah dalam menjalankan bisnis franchise murah yang sudah anda beli.

Jika bisnis franchise murah yang ditawarkan kepada anda sama sekali tidak menjelaskan apapun mengenai purna jual, maka sebaiknya jangan berani-berani berinvestasi di bisnis tersebut.

Bisnis franchise murah memang merupakan satu solusi yang terlihat sangat baik untuk memiliki bisnis sendiri. Namun untuk bisa merasakan keuntungan dari bisnis franchise murah, anda benar-benar harus memilihnya dengan sangat teliti karena lebih banyak bisnis franchise asal jadi yang dijual di jaman sekarang.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel