6 Peluang Usaha untuk Mahasiswa yang Potensial dan Menjanjikan Keuntungan Melimpah


Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang beberapa peluang usaha untuk mahasiswa yang potensial untuk dijadikan sebagai landasan dalam menjalani karir di dunia bisnis.

Ketika ditanyai mengenai cita – cita dan impian, banyak mahasiswa yang bercita – cita dan bermimpi ingin bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses.

Sayang nya, karena cita – cita tersebut tidak dijalankan sedari muda, akhirnya cita – cita tersebut pun menguap begitu saja.

Nah, jika Anda tidak ingin cita – cita Anda menjadi pengusaha sukses menguap begitu saja, Anda harus mulai merealisasikan cita – cita Anda sedari muda.

Caranya adalah dengan menjalankan bisnis kecil – kecilan sejak Anda masih duduk di bangku kuliah.
Hal ini seperti apa yang dilakukan oleh beberapa pengusaha sukses seperti Chairul Tanjung, Elang Gumilang, Bill Gates, dan lain sebagainya.

Jika Anda saat ini belum memiliki ide bisnis, berikut merupakan beberapa ide peluang bisnis untuk mahasiswa yang layak untuk Anda coba:

Ragam Peluang Bisnis untuk Mahasiswa

1. Broker Properti
Properti merupakan bisnis yang sangat luar biasa. Dalam bisnis ini, Anda dapat mempelajari banyak hal, sembari membukukan keuntungan yang luar biasa.

Berbeda dengan beberapa bidang bisnis yang lain nya, dimana produk yang dihasilkan cenderung berpotensi mengalami penurunan harga jual, di bisnis properti, produk yang diperjualbelikan cenderung tidak pernah mengalami penurunan harga jual sama sekali.

Di lain sisi, nilai jual produk properti juga cenderung sangat tinggi, sehingga potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis ini pun juga ikut turut terdongkrak.

Konon, ketika berhasil menjual produk properti, seorang broker properti bisa mendapatkan komisi penjualan sekitar 1 – 10 persen dari nilai jual produk properti yang berhasil mereka jual.
Jadi jika Anda berhasil menjual satu petak tanah senilai 1 milyar rupiah, maka besaran komisi yang bisa Anda dapatkan adalah sekitar 10 – 100 juta rupiah.

Tidak hanya itu, karena bisnis properti cenderung dikuasai oleh perusahaan – perusahaan besar, ketika menekuni peluang usaha untuk mahasiswa yang satu ini, Anda nanti nya akan bisa mendapatkan banyak relasi yang nantinya akan sangat berguna dalam aktivitas bisnis Anda di masa mendatang.

2. Jual Beli Kendaraan Bekas
Untuk Anda yang ingin mengikuti jejak kesuksesan Chairul Tanjung, Anda wajib mencoba peluang usaha untuk mahasiswa yang satu ini.

Kenapa? Karena bisnis ini merupakan salah satu bidang bisnis yang pernah beliau jalankan ketika masih duduk di bangku perkuliahan...

Ya, selain berbisnis foto copy, Chairul Tanjung juga pernah menjalankan bisnis jual beli mobil bekas. Bisnis ini bahkan masih terus dijalankan nya hingga beberapa saat setelah ia lulus dari bangku perkuliahan.

Meski pun terlihat sepele, bisnis jual beli kendaraan bekas sebenarnya memiliki potensi yang sangat luar biasa.

Konon, dari satu unit kendaraan yang berhasil dijual, seorang agen kendaraan bekas bisa mendapatkan keuntungan sekitar 1 – beberapa belas juta rupiah, bergantung pada jenis dan tahun pembuatan kendaraan yang diperjualbelikan.
Angka keuntungan yang cukup besar bukan untuk ukuran mahasiswa?

3. Agen Asuransi
Peluang usaha untuk mahasiswa yang potensial selanjutnya adalah menjadi seorang agen pemasaran produk asuransi.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sampai saat ini jumlah masyarakat Indonesia yang sadar akan pentingnya asuransi masih tergolong cukup kecil.

Ke depan nya, tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya asuransi pasti akan terus mengalami peningkatan.

Nah, ini merupakan sebuah peluang yang bagus untuk Anda.
Jika kita berangkat dari fakta di atas, maka dapat disimpulkan bahwa jumlah pengguna produk asuransi di Indonesia masih sedikit. Artinya, mayoritas penduduk Indonesia saat ini masih belum memiliki premi asuransi, sehingga peluang Anda untuk bisa mendapatkan pembeli tergolong cukup besar.

Bagaimana? Anda tertarik? Jika ya, Anda bisa mendaftarkan diri Anda sebagai agen asuransi di beberapa perusahaan ternama berikut ini: Adira, Jiwasraya, Allianz, Manulife, dll.

4. Jualan Online
Jika Anda membaca tulisan ini, Anda sudah sepatutnya sadar akan besarnya potensi peluang usaha untuk mahasiswa yang satu ini.

Ya, dengan jumlah pengguna internet yang sangat tinggi, secara otomatis bisnis jualan online memiliki potensi yang juga sangat luar biasa.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, di internet kita tidak memiliki batasan wilayah sama sekali.
Selama ada jaringan internet, setiap orang dari belahan dunia mana saja bisa mengakses informasi yang kita sebar di internet.

Aplikasinya dalam dunia bisnis, ketika bisnis yang kita jalankan telah kita “sharing” di internet, maka secara otomatis bisnis yang kita jalankan akan bisa dilihat dan diketahui oleh siapa saja yang menggunakan internet.

Jadi, jika Anda menjual produk tertentu di internet, maka produk Anda akan berpotensi dilihat oleh pengguna internet dari seluruh penjuru dunia. Dengan begitu, peluang Anda untuk bisa mendapatkan pembeli akan menjadi lebih besar.

5. Foto Copy
Peluang bisnis untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah usaha foto copy.
Seperti yang telah kita ketahui bersama, layanan foto copy merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk mahasiswa. Konon, dalam kurun waktu satu bulan, seorang mahasiswa bisa menghabiskan uang ratusan ribu rupiah hanya untuk biaya foto copy saja.

Nah, ini merupakan sebuah peluang bisnis yang bagus untuk Anda.
Dengan memanfaatkan kebutuhan mahasiswa akan layanan foto copy yang sangat tinggi, Anda dapat membukukan keuntungan dengan cara:
  • ·         Membuka gerai foto copy sendiri di sekitar lingkungan kampus
  • ·         Bekerja sama dengan penyedia foto copy yang ada di sekitar lingkungan kampus Anda
  • ·         Menyediakan tempat di sekitar lingkungan kampus untuk digunakan oleh pemilik mesin foto copy yang mau bekerja sama dengan Anda


6. Trading Saham
Tahukah Anda bahwa mayoritas orang terkaya di seluruh penjuru dunia semua nya terlibat dengan aktivitas perdagangan saham?

Ya, hampir semua orang yang masuk ke daftar orang terkaya di dunia (termasuk juga di Indonesia), semua nya terlibat dengan aktivitas perdagangan saham.

Nah, jika mereka yang sudah menjadi orang super duper kaya saja terlibat dalam aktivitas ini, lantas kenapa Anda tidak mencontoh mereka?

Untuk bisa menjalankan peluang usaha untuk mahasiswa yang satu ini, Anda perlu membuka rekening saham di perusahaan pialang seperti Panin Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan BNI sekuritas.
Setelah memiliki rekening saham, Anda dapat mulai membeli saham yang Anda anggap bagus dan berpotensi mengalami kenaikan harga di masa mendatang.

Setelah harga saham tersebut naik, Anda dapat menjualnya kembali ke pasar. Atau jika Anda mau, Anda juga bisa tetap menahan nya untuk mendapatkan dividen dari hasil keuntungan yang dibukukan oleh perusahaan yang saham nya Anda pegang.

Nah, jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satu dari beberapa peluang usaha untuk mahasiswa di atas? Atau Anda punya alternatif ide bisnis yang lain? Jika ada, jangan lupa tambahkan ide bisnis tersebut di kolom komentar ya!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel