7 Peluang Usaha di Desa yang Potensial dan Menjanjikan Keuntungan Melimpah

Banyak yang bilang peluang usaha di desa cenderung lebih kecil dibandingkan dengan peluang usaha di kota..

Karena anggapan bahwa jumlah penduduk di desa sedikit, dan mayoritasnya cenderung didominasi oleh golongan menengah ke bawah, maka peluang untuk bisa sukses berbisnis di desa dianggap lebih rendah dibandingkan dengan peluang sukses berbisnis di daerah perkotaan.

Ini anggapan yang tidak bisa dibenarkan..
Jumlah penduduk di desa memang lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah penduduk di kota.. namun begitu, bukan berarti karena hal tersebut peluang sukses untuk menjalankan bisnis di desa menjadi lebih rendah..  

Justru dengan jumlah penduduk yang sedikit, secara otomatis jumlah lahan yang tersedia dan bisa dimanfaatkan akan semakin luas.. sehingga peluang untuk bisa menjalankan usaha agribisnis pun akan menjadi semakin besar.

Nah, berbicara mengenai potensi peluang bisnis di daerah pedesaan, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa ide dan peluang usaha di desa yang menjanjikan keuntungan melimpah.
Langsung saja, berikut informasi lengkap nya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

Beberapa Peluang Bisnis di Desa yang Layak untuk Anda Coba

1. Budidaya Ternak Lele
Peluang usaha di desa yang satu ini dianggap sangat potensial karena cakupan pasarnya yang sangat luas.
Seperti yang telah kita ketahui bersama, saat ini ikan lele telah menjadi salah satu komoditi ikan konsumsi air tawar yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Hal ini dikarenakan, selain memiliki rasa yang lezat, ikan lele juga cenderung memiliki banderol harga yang sangat terjangkau.

Nah, jika dilihat dari sudut pandang bisnis, ikan ini cenderung sangat potensial untuk dijadikan sebagai komoditi bisnis.

Karena permintaan nya yang tinggi dan harga jual nya yang relatif stabil, potensi Anda untuk bisa sukses di bisnis budidaya ikan lele akan menjadi terbuka lebar.

Terlebih aktivitas budidaya ikan lele juga tergolong cukup mudah, dan tingkat survival rate nya juga tergolong cukup tinggi (di atas 80 persen).

2. Budidaya Ternak Bebek
Budidaya ternak bebek juga tergolong ke dalam peluang usaha di desa yang menjanjikan keuntungan melimpah.

Ketika beternak bebek, ada empat komoditi utama yang bisa Anda dapatkan.
Ke tiga komoditi tersebut adalah:


  • ·         Telur bebek
  • ·         Daging bebek afkir
  • ·         Daging bebek muda
  • ·         Anak bebek (DOD)
Dalam praktek nya nanti, Anda bisa fokus ke salah satu atau pun beberapa komoditi saja. Atau jika Anda mau, Anda juga bisa memproduksi ke empat komoditi tersebut secara bersamaan.

Sekedar informasi tambahan, saat ini kebutuhan akan telur bebek dan daging bebek di Indonesia tengah mengalami peningkatan yang signifikan.

Hal ini disebabkan oleh tren mengonsumsi telur asin yang masih belum tergantikan dan fenomena bakso urat yang terjadi di kalangan masyarakat Indonesia.

3. Budidaya Cabe
Usaha budidaya cabe digolongkan ke dalam peluang usaha di desa yang potensial karena harga jual nya yang cenderung sangat mahal di waktu – waktu tertentu seperti lebaran haji dan tahun baru.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan menggunakan cabe sebagai bumbu masakan di hampir semua jenis masakan.

Kebiasaan ini akhirnya menyebabkan ketergantungan dan membuat komoditi cabe menjadi salah satu komoditi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia.

Nah, di waktu – waktu tertentu dimana ketersediaan cabe di pasar mengalami penurunan dan permintaan cabe mengalami peningkatan, harga komoditi cabe dapat mengalami peningkatan hingga ratusan persen dari harga jual normal nya.

Jika Anda dapat menjual cabe di waktu – waktu tersebut, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan akan menjadi sangat besar.

Maka dari itu, jika saat ini Anda tinggal di daerah pedesaan dan memiliki lahan kosong yang masih bisa dimanfaatkan, Anda sangat kami sarankan untuk menjalankan usaha budidaya cabe.

4. Budidaya Sapi
Peluang usaha di desa yang menjanjikan selanjutnya adalah usaha budidaya ternak sapi.
Sampai saat ini, Indonesia masih belum bisa memenuhi kebutuhan daging dan susu sendiri dari dalam negeri.

Hal tersebut menunjukkan bahwa masih ada gap / jarak antara permintaan dan penawaran akan komoditi daging sapi dan susu di Indonesia.

Artinya, peluang Anda untuk bisa sukses di bisnis ini masih terbuka lebar.
Hal ini dikarenakan, pasar tengah mengalami ekses demand, sehingga produk yang Anda hasilkan berupa daging dan susu pasti akan sangat mudah diserap pasar.

Nah, karena usaha budidaya sapi cenderung membutuhkan lahan yang luas, maka peluang usaha ini cenderung hanya cocok dijalankan di daerah pedesaan saja.

5. Budidaya Kambing untuk Akikah
Budidaya kambing dapat digolongkan ke dalam peluang usaha di desa yang menjanjikan keuntungan karena kondisi demografi di Indonesia.

Indonesia saat ini adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia.
Nah, dalam agama muslim ada satu perintah agama yang menyunahkan pemeluknya untuk melakukan akikah / menyembelih kambing untuk menyambut kelahiran anak.

Dengan memanfaatkan perintah tersebut, Anda dapat membuka usaha budidaya ternak kambing yang bertujuan untuk menyediakan kambing khusus untuk akikah.

Bahkan jika Anda mau, Anda juga bisa turut menyediakan layanan catering akikah, sehingga konsumen Anda nanti nya tinggal terima bersih.

6. Penyedia Bibit Kelapa Sawit dan Karet Siap Tanam
Karena wilayah daratan nya yang sangat luas, Indonesia saat ini telah menjadi salah satu negara dengan luas kebun sawit dan kebun karet terbesar di dunia.

Kebun sawit dan karet tersebut terdiri atas kebun milik pemerintah, kebun milik perusahaan swasta, dan kebun milik rakyat.

Biasa nya, untuk bisa meningkatkan produktivitas, petani sawit dan karet yang tengah menjalankan proses reboisasi akan mencari bibit kelapa sawit dan karet unggul yang sudah siap tanam.
Nah, ini merupakan peluang.

Dengan memanfaatkan lahan yang Anda miliki di desa, Anda dapat membeli benih sawit dan benih karet unggul dari perusahaan untuk kemudian Anda deder menjadi bibit sawit dan bibit karet siap tanam.

Setelah berusia sekitar 10 – 15 bulan, Anda dapat menjualnya kembali ke para petani yang membutuhkan.

7. Penyedia SAPROTAN dan ALSINTAN
Peluang usaha di desa yang potensial berikutnya adalah usaha penyedia SAPROTAN (sarana produksi pertanian) dan ALSINTAN (alat dan mesin pertanian).

Sampai saat ini mayoritas penduduk desa yang tinggal di Indonesia masih didominasi oleh petani.
Nah, setiap petani tersebut tentunya membutuhkan SAPROTAN dan ALSINTAN bukan?

Dengan memanfaatkan kebutuhan petani yang ada di sekitar tempat tinggal Anda, Anda dapat mendirikan toko penyedia SAPROTAN dan ALSINTAN.

Dengan kelengkapan yang baik dan harga yang bersaing, toko Anda pasti akan banyak dikunjungi oleh para petani di sekitar tempat tinggal Anda. Terlebih jika Anda mau memberikan pelayanan yang ramah dan fasilitas pembibingan secara cuma – cuma.

Itu lah beberapa peluang usaha di desa yang potensial dan layak untuk Anda coba jalankan.
Selamat berbisnis dan semoga berhasil ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel