7 Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan yang Menjanjikan

Gaji bulanan Anda terasa kurang? Atau Anda tidak puas dengan besaran penghasilan yang Anda dapatkan dari pekerjaan Anda di kantor? Jika ya, Anda kami sarankan untuk mencoba beberapa peluang usaha sampingan untuk karyawan yang kami jabarkan di tulisan ini.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, harga barang – barang kebutuhan pokok di Indonesia terus mengalami peningkatan. Di lain sisi, gaji karyawan juga mengalami peningkatan, namun dengan besaran persentase kenaikan yang cenderung lebih kecil.

Dampak nya, gaji yang didapatkan setiap bulan dari kantor pun akhirnya menjadi terasa kurang.
Dan untuk mengatasi nya, banyak karyawan yang berusaha untuk mengambil jam lembur atau menjalankan bisnis sampingan di sela – sela aktivitas kantor harian mereka.

Nah, berbicara mengenai gaji bulanan yang terasa kurang dan bisnis sampingan, di kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit informasi mengenai beberapa peluang usaha sampingan untuk karyawan yang bisa dijalankan untuk menambah pemasukan bulanan.

Ragam Peluang Bisnis Sampingan untuk Karyawan yang Menjanjikan

1. Blogging
Meski pun terlihat sepele, aktivitas blogging sejatinya memiliki potensi yang sangat luar biasa lho.
Konon seorang blogger yang sudah berhasil dapat membukukan pendapatan bulanan hingga mencapai ratusan juta atau bahkan milyaran rupiah per bulan.

Padahal jika dilihat dari sudut pandang modal, bisnis ini bisa dijalankan dengan modal yang terbatas, atau bahkan tanpa modal sama sekali. Syarat nya, Anda harus memiliki tekad yang kuat dan keterampilan menulis yang mumpuni.

Dalam praktek nya, seorang blogger bisa mendapatkan penghasilan dari beberapa sumber sekaligus, seperti: iklan ppc, iklan pop up, iklan mandiri, paid review, jualan produk, dan lain sebagainya.
Bila Anda tertarik untuk terjun ke dunia blogging, ada dua alternatif langkah awal yang bisa Anda coba, yaitu dengan menggunakan fasilitas berbayar yang lebih profesional atau dengan menggunakan fasilitas gratisan yang agak sedikit terbatas.

Jika Anda ingin menggunakan fasilitas berbayar, Anda kami rekomendasikan untuk menggunakan platform wordpress, sedangkan jika Anda ingin menggunakan fasilitas gratisan, Anda kami sarankan untuk menggunakan platform blogger.

2. Jasa Desain Grafis
Jasa desain grafis juga bisa digolongkan ke dalam peluang usaha sampingan untuk karyawan yang potensial.

Saat ini kebutuhan akan jasa desain grafis di kalangan pengguna jaringan internet terus mengalami peningkatan.

Dari mulai untuk banner iklan di website, sampai dengan logo perusahaan, semua nya saat ini cenderung dilimpahkan ke penyedia jasa desain grafis freelance yang bertebaran di internet.
Nah, ini merupakan peluang yang sangat bagus untuk Anda yang memiliki keterampilan desain grafis.

Dalam hal ini, Anda dapat bekerja sebagai desainer grafis paruh waktu di sela – sela aktivitas kantor harian Anda.

Sekedar informasi, saat ini harga jasa desain grafis satu logo perusahaan berada di kisaran 50 ribu hingga jutaan rupiah, bergantung dengan tingkat kesulitan pengerjaan nya.

3. Layanan Les Privat
Untuk Anda yang berprofesi sebagai guru atau pun memiliki keterampilan tertentu, peluang usaha sampingan untuk karyawan yang satu ini benar – benar sangat pas untuk Anda.

Dengan keterampilan yang Anda miliki, Anda dapat membuka layanan les privat untuk anak – anak yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Bila memungkinkan, Anda juga bisa membuka lembaga kurus sendiri, sehingga selain bisa menjadi sumber penghasilan tambahan, Anda nantinya juga sekalian dapat membuka lowongan pekerjaan untuk orang lain.

4. Jasa Penulis Lepas
Peluang usaha sampingan untuk karyawan yang selanjutnya adalah menjadi penyedia jasa penulis lepas.

Di poin nomor satu, kami menyebutkan bahwa seorang blogger harus memiliki keterampilan menulis yang mumpuni.

Nah, pada kenyataan nya, tidak semua blogger memiliki keterampilan menulis yang bagus dan atau memiliki cukup banyak waktu luang untuk membuat tulisan di blog yang mereka punya.

Biasa nya, blogger yang tidak memiliki keterampilan menulis yang mumpuni atau pun tidak memiliki cukup banyak waktu luang untuk menulis artikel sendiri akan memesan atau pun membeli artikel dari penyedia jasa penulis artikel yang ada di internet.

Nah, ini merupakan peluang usaha sampingan untuk karyawan yang sangat cocok untuk Anda yang memiliki keterampilan menulis.

Dengan memanfaatkan waktu luang di luar aktivitas kantor harian Anda, Anda dapat menulis artikel untuk kemudian dijual ke para blogger yang membutuhkan.

Untuk menjual artikel sendiri, Anda dapat menawarkan nya di forum diskusi internet marketing seperti ads.id atau pun menawarkan nya di grup tempat berkumpulnya para blogger di sosial media.

5. Pemasaran Afiliasi
Peluang usaha sampingan untuk karyawan yang berikutnya adalah usaha pemasaran afiliasi.
Untuk bisa mendapatkan lebih banyak konsumen, saat ini, ada banyak perusahaan yang menggunakan sistem pemasaran afiliasi.

Dengan menggunakan sistem ini, harapan nya, perusahaan bisa menarik lebih banyak konsumen dan bisa memasarkan lebih banyak produk.

Dalam praktek nya, aktivitas program pemasaran afiliasi ini cenderung bisa diikuti oleh siapa saja yang memenuhi kriteria yang ditentukan oleh perusahaan.

Ketika nantinya pihak perusahaan berhasil mendapatkan konsumen melalui link afiliasi milik Anda, Anda akan mendapatkan komisi penjualan dengan besaran komisi yang bervariasi.

6. Loket Penjualan Pulsa
Peluang usaha sampingan untuk karyawan yang berikutnya adalah usaha loket penjualan pulsa.
Saat ini pulsa sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Itu lah kenapa bisnis loket penjualan pulsa sangat potensial untuk dijalankan, baik itu sebagai peluang usaha sampingan mau pun sebagai peluang usaha utama.

Dari mulai pulsa handphone, pulsa listrik, sampai dengan pembayaran tagihan BPJS semuanya sudah bisa dilakukan di loket penjualan pulsa.

Asyiknya lagi, untuk menjalankan bisnis ini, Anda tidak membutuhkan modal yang besar.
Bahkan, untuk sebagian besar orang, bisnis ini bisa dijalankan tanpa modal tambahan sama sekali.
Pasalnya, untuk menjalankan bisnis ini, Anda hanya membutuhkan satu perangkat handphone. Sedangkan untuk aktivitas deposit ke agen pulsa, Anda bisa memulainya dengan deposit minimal, yaitu sekitar 50 ribu rupiah saja.

7. Jual Beli Saham
Mayoritas orang awam pasti agak sedikit asing dengan peluang usaha sampingan untuk karyawan yang satu ini.

Padahal, jika ditekuni dengan serius, potensi hasil yang bisa didapatkan dari bisnis ini benar – benar sangat luar biasa. Dan hebatnya lagi, bisnis ini bisa dijalankan dari mana saja menggunakan perangkat gadget yang terkoneksi dengan internet.

Namun perlu diingat, bisnis trading saham bukan lah bisnis yang mudah.
Jika Anda ingin mengeruk keuntungan dari bisnis ini, syaratnya Anda harus benar – benar paham bagaimana cara membaca dan mengikuti pergerakan harga saham yang Anda perjual-belikan. Dan aktivitas ini bukan lah perkara yang mudah!

Saat ini, modal minimal yang dibutuhkan untuk bisa membuka rekening saham adalah sekitar 10 – 20 juta rupiah.

Untuk membuka rekening perdagangan saham sendiri, Anda dapat mengunjungi beberapa perusahaan broker saham ternama di Indonesia, seperti BNI sekuritas, Mandiri Sekuritas, Panin Sekuritas, dll.
Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satu dari beberapa peluang usaha sampingan untuk karyawan di atas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel