7 Peluang Usaha untuk Anak SMA yang Ingin Belajar Bisnis Sedari Muda


Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit informasi mengenai beberapa ide peluang usaha untuk anak SMA yang dapat digunakan untuk menempah keterampilan bisnis.

Bisnis adalah keterampilan yang bisa ditempah. Jika kamu ingin memiliki keterampilan bisnis yang mumpuni, kamu harus rajin melatihnya. Dan semakin cepat kamu menempah keterampilan bisnismu, maka semakin besar pula peluangmu untuk bisa sukses menjadi seorang pebisnis.

Nah, berbicara mengenai keterampilan bisnis, berikut merupakan beberapa peluang usaha untuk anak SMA yang bisa kamu coba jalankan untuk menempah keterampilan bisnismu:

Ragam Peluang Bisnis untuk Anak SMA yang Menjanjikan
1. Jualan Pulsa
Hampir semua orang saat ini sudah menggunakan handphone. Beberapa orang bahkan ada yang memiliki dua atau bahkan tiga handphone sekaligus.

Di lain sisi, beberapa tagihan akan kebutuhan pokok seperti listrik dan asuransi BPJS saat ini juga sudah bisa dibayar dengan sistem pulsa / di loket pulsa.

Nah, ini merupakan peluang bisnis yang sangat potensial untuk mu.
Jika kamu tertarik untuk mencoba, kamu bisa memulai bisnis ini dengan menggunakan perangkat ponsel genggam yang kamu miliki dan dengan modal uang sebesar 50 ribu rupiah saja.

Selain bisa mendapatkan uang jajan tambahan, dari bisnis ini nanti nya kamu akan mendapat banyak pelajaran, seperti: belajar manajemen modal, belajar menghandle konsumen, belajar berkomunikasi dengan pemasok, dan lain sebagainya.

Satu hal yang harus kamu ingat agar tidak rugi dan “sakit hati” saat menjalankan bisnis ini adalah jangan pernah menerima hutangan pulsa, terutama dari teman sekolah.

2. Jualan Camilan di Kelas
Peluang bisnis untuk anak SMA yang selanjutnya adalah bisnis jualan camilan / makanan ringan di kelas.
Percaya diri merupakan salah satu sifat wajib yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis. Jika kamu ingin memiliki rasa percaya diri yang tinggi kamu harus menempahnya, salah satunya adalah dengan berjualan secara langsung di kelas.

Ada banyak produk yang bisa kamu jajakan di kelas. Namun begitu, salah satu produk yang terlihat paling potensial untuk dijajakan di kelas adalah produk camilan.

Ketika kamu berjualan camilan di kelas, secara otomatis kamu akan mempelajari banyak hal.
Dari mulai kepercayaan diri, kemampuan menjual secara langsung ke konsumen, manajemen stok barang, manajemen risiko, manajemen keuangan, sampai dengan berhubungan dengan pemasok, semua nya akan bisa Kamu pelajari dari bisnis ini.

3. Jualan Online
Peluang usaha untuk Anak SMA selanjutnya yang juga bisa digunakan untuk menempah keterampilan bisnis adalah usaha jualan online.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, saat ini adalah era nya jaringan internet.
Dengan menggunakan internet, manusia bisa melakukan berbagai macam aktivitas, termasuk salah satu nya adalah melakukan transaksi jual beli.

Nah, untuk menempah keterampilan bisnis mu, kamu bisa turut ikut ambil bagian di bisnis ini.
Cara nya adalah dengan berjualan secara online.

Jika kamu tidak punya barang sendiri atau pun tidak memiliki cukup modal untuk menyediakan barang sendiri, kamu bisa berjualan online dengan menggunakan sistem dropship.

Nanti nya, selain bisa menambah uang saku harian, dari bisnis jualan online kamu juga akan mempelajari banyak hal, seperti beberapa di antaranya adalah: cara berpromosi di internet, cara berkomunikasi dengan konsumen via perangkat gadget, manajemen kuangan, dan lain sebagainya.

4. Jadi Blogger
Peluang usaha untuk anak SMA berikutnya yang dapat dipakai untuk menempah keterampilan bisnis adalah menjadi seorang blogger.

Blogger adalah sebutan untuk para penyedia informasi di internet yang menggunakan halaman situs website pribadi.

Sebagian dari kamu mungkin masih agak sedikit asing dengan istilah ini..
Namun percaya lah, kamu sebenarnya sudah sering berinteraksi dengan mereka, atau lebih tepatnya berinteraksi dengan halaman situs blog milik mereka.

Nah, untuk menjadi seorang blogger, kamu harus memiliki keterampilan menulis yang mumpuni.
Atau jika kamu tidak memiliki keterampilan menulis yang mumpuni, kamu juga bisa menyewa orang lain untuk menjadi penulis di blog pribadi milikmu.

Dalam praktek nya, ketika halaman situs blog yang kamu buat sudah berhasil mendapatkan banyak pengunjung, kamu bisa mulai memonetisasinya dengan salah satu atau beberapa cara di bawah ini:
  • ·         Dengan iklan ppc
  • ·         Dengan iklan pop up
  • ·         Dengan slot iklan mandiri
  • ·         Dengan jasa paid review
  • ·         Dengan cara berjualan produk
  • ·         Dengan pemasaran afiliasi, dll

Disamping bisa mendapatkan keuntungan berupa uang, dari bisnis ini kamu juga akan mendapatkan keuntungan lain berupa keterampilan dalam hal manajemen waktu, cara berkomunikasi, cara berpromosi, manajemen modal, dll.

5. Jasa Penulis Lepas
Peluang usaha untuk anak SMA yang satu ini masih berkaitan erat dengan peluang usaha yang sebelumnya.

Di poin nomor 4 kami menyebutkan bahwa untuk bisa sukses menjadi seorang blogger, kamu membutuhkan keterampilan menulis yang mumpuni.

Nah, pada kenyataan nya, tidak semua blogger memiliki keterampilan menulis yang mumpuni. Beberapa blogger lain ada juga yang memiliki keterampilan menulis yang bagus namun tidak memiliki cukup banyak waktu luang untuk menyediakan tulisan sendiri di halaman situs blog miliknya.

Bila kamu memiliki keterampilan menulis yang mumpuni, kamu bisa menawarkan keterampilan milikmu ke para blogger di atas.

Cara nya, kamu bisa mencari projek menulis di beberapa halaman situs web, seperti projects.co.id, sribulancer.com, ads.id, dll.

6. Jasa Desain Grafis
Peluang usaha untuk anak SMA yang selanjutnya sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi menggambar dan membuat desain grafis menggunakan program komputer.

Untuk membuat halaman website bisa tampak lebih menarik, para web master biasa nya turut menyematkan logo website dan gambar – gambar yang menarik di halaman situs milik mereka.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan logo dan gambar ini, beberapa web master biasanya akan memesan dari para penyedia jasa desain grafis yang ada di internet.

Jika keterampilan desain grafis yang kamu miliki memang benar – benar bagus, kamu bisa menawarkan keterampilan yang kamu miliki ke para web master tersebut.

Atau jika memungkinkan, kamu juga bisa menawarkan keterampilanmu ke orang lain yang juga membutuhkan nya, seperti perusahaan, pengiklan, dan lain sebagainya.

7. Layanan Les Privat
Peluang usaha untuk anak SMA yang selanjutnya adalah menjadi penyedia layanan les privat.
Khusus untuk kamu yang bertujuan untuk menjadi seorang guru atau pun bertujuan mendirikan lembaga kursus / lembaga pendidikan, kamu bisa melatih bakat dan keterampilan mengajarmu dengan cara membuka layanan les privat.

Saat ini ada banyak orang tua yang membutuhkan tenaga pengajar privat untuk membantu aktivitas belajar anak mereka di rumah.

Nah, ini merupakan peluang yang sangat bagus untukmu.
Dengan permintaan akan jasa les privat yang tinggi, kamu bisa mengajak teman – teman sekolahmu yang potensial untuk menjadi tenaga pengajar les privat untuk anak SD dan SMP.

Dengan begitu, disamping mendapatkan uang saku tambahan, kamu nantinya juga akan mendapatkan pengalaman lain seperti keterampilan manajerial, keterampilan berbicara di depan orang lain, keterampilan menghandle orang lain, dll.

Itu lah beberapa peluang usaha untuk anak SMA yang layak untuk kamu coba jalankan. Jadi, apakah kamu sudah memutuskan akan menjalankan peluang bisnis yang mana??


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel