8 peluang bisnis di kampung yang bisa anda coba

Sebenarnya anda memiliki kesempatan untuk memulai bisnis dimana saja. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan kategori bisnis dan model pengelolaan yang anda inginkan. Bahkan, penerapan teknologi informasi saat ini juga dianggap akan memudahkan anda untuk memaksimalkan keuntungan dari bisnis. Misalnya saja anda memulai bisnis di kampung dengan modal yang tidak terlalu besar. Saat ini ada banyak rekomendasi pilihan bisnis yang bisa anda lakukan di kampung. Masing-masing pilihan dari peluang bisnis di kampung juga diterapkan sesuai dengan keahlian anda.

 peluang bisnis di kampung


8 peluang bisnis di kampung dengan untung besar

Bila anda memutuskan untuk berbisnis di kampung tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhitungkan. Modal yang anda gunakan biasanya akan mempengaruhi terhadap pola atau model manajemen yang diterapkan. Selain itu, pilihan bisnis juga bisa disesuaikan dengan kemampuan anda untuk mengelola. Hal lain yang harus diperhitungkan adalah karakter dari orang-orang yang menjadi target khalayak hingga sumber daya untuk membantu bisnis anda. Berikut ini ada 8 peluang bisnis di kampung yang bisa anda coba seperti:

1. Menjual bbm eceran
Mungkin anda bisa mencoba peluang bisnis di kampung dengan menjual bbm eceran. Biasanya bisnis ini sangat diperhitungkan untuk lokasi kampung yang memang cukup jauh dari SPBU. Apalagi bila anda memiliki modal yang cukup besar tentu saja bisa mendapatkan peluang membuka Pertamini. Memang modal itu akan digunakan untuk membeli mesin pertamini yang cukup mahal. Namun, ini akan memudahkan banyak pelanggan anda membeli dengan takaran yang pas. Gunakan sebagian modal lain untuk membeli item dari bbm yang diinginkan. Misalnya saja dengan membeli stok Pertalite dan Pertamax. Anda bisa menyesuaikan harga eceran seperti pedagang lainnya.

2. Ternak ayam kampung
Bisnis lain yang bisa anda jalankan di kampung atau desa adalah dengan beternak ayam kampung. Bisnis seperti ini memang akan sangat menguntungkan. Apalagi bila anda sudah memiliki kerjasama dengan warung lesehan atau pasar modern yang membutuhkan stok ayam kampung. Namun, anda juga harus mempertimbangkan modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini. Hal ini dimulai dengan menentukan lokasi dari peternakan utama. Ukuran yang besar dan metode pengolahan limbah memang sering menjadi hal penting. Selain itu, anda juga harus mendapatkan bibit ayam kampung berkualitas. Pakan yang diberikan untuk ayam kampung juga dianggap akan memberikan pengaruh sangat besar untuk kualitas dari ayam kampung.

3. Berjualan pulsa atau token listrik
Kebutuhan pulsa hingga token listrik juga menjadi potensi peluang bisnis di kampung. Apalagi penggunaan listrik prabayar juga sudah mulai merata di berbagai pelosok. Anda juga bisa mempertimbangkan konsep bisnis seperti ini dengan modal yang disesuaikan. Semakin besar modal yang anda miliki biasanya akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan item dalam jumlah besar. Biasanya sistem deposit yang diterapkan dari distributor akan memudahkan anda untuk mendapatkan selisih yang lebih baik. Anda bisa membuka konter kecil di depan rumah dengan menawarkan harga item pulsa yang cukup terjangkau. Cara seperti ini tentu saja akan memberikan keuntungan yang menjadi target anda.

4. Memulai bisnis kuliner
Biasanya potensi lain dari bisnis yang bisa dilakukan di kampung atau desa adalah kuliner khas. Anda memiliki kesempatan untuk memulai bisnis seperti ini. Tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhitungkan. Misalnya saja modal dan tempat yang digunakan untuk menyajikan berbagai pilihan kuliner ini. Anda juga bisa menawarkan berbagai menu khas dari daerah itu dengan kemasan yang berbeda. Selain itu, bila anda memiliki luas lahan yang cukup besar untuk dijadikan lahan biasanya hal ini akan memberikan kemudahan dalam menjalankan bisnis. Anda bisa membuat resto dengan konsep kampung dengan berbagai hidangan yang sangat spesial. Tentu saja desain dari resto dan kualitas bahan baku yang anda gunakan juga sangat baik.

5. Bisnis kerajinan atau souvenir
Pilihan lain dari bisnis yang bisa dilakukan di kampung mungkin dengan membuka workshop khusus souvenir atau kerajinan tangan. Usaha seperti ini biasanya melibatkan sumber daya yang berasal dari daerah itu sendiri. Anda bisa mencoba untuk menawarkan berbagai pilihan kerajinan dengan desain dan fungsi yang unik. Biasanya kerajinan yang berasal dari bahan baku bambu atau kayu selalu menjadi pilihan utama. Tentukan target pasar untuk menjual seluruh souvenir atau kerajinan tangan ini. Manfaatkan ecoomerce atau teknologi internet untuk menawarkan hasil kerajinan tangan hingga ke luar negeri. Potensi keuntungan yang anda dapatkan tentu saja lebih besar.

6. Membuka warung sembako
Bisnis seperti ini menjadi pilihan utama bagi sebagian masyarakat yang berada di kampung atau desa. Hal ini tentu saja didasarkan pada kebutuhan pokok yang memang dicari setiap hari. Namun, bila anda ingin memulai bisnis ini cobalah untuk menggunakan konsep lain. Misalnya saja dengan membuka warung sembako dengan tambahan perlengkapan kebutuhan rumah tangga lainnya. Gunakan lahan di sekitar rumah anda untuk menjadi warung atau toko sederhana. Tawarkan berbagai pilihan kebutuhan pokok dengan perlengkapan rumah tangga yang sering digunakan. Jangan lupa untuk menyesuaikan harga dari setiap produk yang dijual dengan karakter dari warga sekitar. Ini dilakukan untuk memudahkan anda mendapatkan keuntungan yang menjadi target.

7. Bisnis online shop
Bila lokasi kampung atau desa anda sudah mendapatkan dukungan internet sebaiknya cobalah untuk memulai bisnis online. Salah satu rekomendasi yang bisa anda pertimbangkan bisnis online shop. Saat ini ada banyak platform yang dianggap akan membantu anda untuk menjual berbagai produk secara online. Anda bisa menggunakan platform wordpress, blogger hingga ecommerce dengan sangat mudah. Modal yang anda butuhkan tentu saja akan digunakan untuk membangun platform khusus online shop. Ada beberapa rekomendasi produk yang bisa anda jual secara mudah melalui platform ini. Produk itu biasanya terdiri dari souvenir, kerajinan tangan, reseller produk fashion atau kecantikan dan lainnya. Pilih produk yang mudah didapat dengan harga murah sehingga bisa anda jual dengan selisih harga lebih tinggi.

8. Membuka jasa bimbingan belajar
Anda juga bisa mencoba untuk menawarkan bisnis jasa. Salah satu bisnis jasa yang bisa dilakukan adalah dengan membuka bimbingan belajar. Tentukan target dari para pengguna jasa ini. Mungkin anda bisa memulainya dengan menawarkan jasa ini untuk para pelajar sd hingga smp. Berikan pilihan mata pelajaran yang dianggap cukup sulit. Misalnya saja mata pelajar matematika hingga bahasa Inggris. Tentukan materi yang disesuaikan dengan pelajaran di sekolah. Ini memudahkan mereka untuk menyelesaikan soal atau memahami pelajaran yang diberikan dari sekolah. Selain itu, anda juga bisa membantu mereka untuk menyelesaikan berbagai soal yang diberikan di sekolah dengan metode yang lebih mudah untuk dipahami. Biasanya cara seperti ini juga dibuat interaktif sehingga para peserta juga menyampaikan mata pelajaran yang kurang dipahami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel