10 tips memulai bisnis content writing terbaru

Ada beberapa pilihan bisnis online yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Bahkan, keuntungan dari bisnis itu juga cukup besar bila dilakukan dengan pengelolaan manajemen yang baik. Biasanya bisnis seperti ini akan menawarkan berbagai pilihan produk hingga jasa. Kualitas dari produk dan jasa yang anda tawarkan akan mempengaruhi keuntungan dan jumlah pembeli yang menjadi target utama. Hal ini juga yang berlaku untuk bisnis content writing yang ditawarkan secara online. Bisnis jasa seperti ini semakin berkembang pesat sesuai dengan kebutuhan tulisan atau artikel untuk banyak publisher atau startup. Cobalah rekomendasi dari tips memulai bisnis content writing agar anda mendapatkan keuntungan lebih besar.

10 tips memulai bisnis content writing yang harus dicoba
Memulai bisnis online seperti ini membutuhkan dukungan elemen yang sangat ideal. Apalagi anda akan menjalankan bisnis dibidang jasa yang memiliki banyak kompetitor. Kualitas dari jasa yang anda tawarkan selalu menjadi perbandingan dari banyak calon klien. Bisnis seperti ini juga harus memiliki perencanaan dan target yang matang. Semakin baik perencanaan untuk bisnis jasa ini maka anda juga semakin mudah untuk menentukan target klien dalam waktu cukup lama. Cobalah 10 tips memulai bisnis content writing yang bisa membantu anda, seperti:

1.       Kuasai banyak topik
10 tips memulai bisnis content writing terbaru
Penguasaan topik menjadi hal utama dari tips memulai bisnis content writing. Anda harus menguasai banyak topik untuk melayani banyak permintaan dari klien. Kadang-kadang penguasaan topik tertentu memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Hal ini juga harus disesuaikan dengan dukungan bahasa. Saat ini penggunaan bahasa lokal dan asing memang menjadi pertimbangan bagi banyak klien untuk menggunakan jasa content writer. Bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa asing yang paling sering dibutuhkan publisher atau startup. Beberapa pilihan topik yang biasanya dicari banyak publisher itu terdiri dari kesehatan, kecantikan, otomotif, sepakbola, bisnis online dan lainnya.

2.       Terapkan metode SEO yang up to date
Terapkan metode SEO yang up to date
Detail SEO yang anda gunakan untuk setiap hasil tulisan atau artikel harus disesuaikan dengan pembaruan algoritma terbaru. Apalagi hingga kini Google sebagai search engine utama bagi banyak publisher selalu melakukan pembaruan algoritma. Metode ini tidak hanya membuat tulisan atau artikel yang berbobot dengan pembahasan sederhana. Namun, anda juga harus memperhatikan teknis dari menulis yang dibutuhkan search engine itu. Misalnya saja dengan menerapkan subheading atau subjudul dari setiap artikel atau tulisan yang dibuat. Selain itu, penggunaan keyword pada setiap tulisan sebaiknya tidak terlalu berlebihan. Ini merupakan cara mudah untuk menerapkan SEO sederhana pada artikel anda.

3.       Dukungan sumber daya terbaik
Dukungan sumber daya terbaik
Tips memulai bisnis content writing lainnya yang harus diperhitungkan adalah menggunakan bantuan atau sumber daya tambahan. Sebaiknya hindari mindset yang menganggap bahwa anda bisa mengerjakan tulisan sendirian. Anda tetap membutuhkan bantuan dari tim yang juga mengerti dan paham tentang artikel SEO. Lakukan perekrutan sesuai dengan kebutuhan dan kualitas dari sumber daya itu. Mungkin anda bisa melakukan pembagian tugas sesuai dengan bagian content writing. Salah satu contoh yang bisa anda lakukan dengan merekrut sumber daya khusus riset keyword, pembacaan algoritma, setting SEO hingga pemeriksaan grammar.

4.       Aktif di berbagai forum
Aktif di berbagai forum
Ada banyak forum yang harus anda ikuti. Bahkan, anda harus menjadi anggota aktif untuk memudahkan proses penawaran jasa content writing. Biasanya forum seperti ini memiliki topik tentang digital marketing. Cobalah mengambil beberapa ilmu yang berkaitan dengan content writing. Beberapa anggota aktif biasanya membagikan informasi terbaru tentang perubahan algoritma yang dilakukan oleh Google. Seluruh informasi itu akan menjadi referensi penting yang bisa membantu bisnis anda. Fungsi dari mengikuti berbagai forum juga memudahkan anda untuk menawarkan jasa melalui thread khusus. Pilih forum yang terpercaya dengan jumlah anggota aktif yang sangat banyak.

5.       Gunakan website profesional
Gunakan website profesional
Untuk mengenalkan jasa anda kepada banyak klien sebaiknya gunakan website profesional. Layanan publikasi melalui website seperti ini akan menunjukkan sisi profesionalitas dari tim anda. Apalagi bila website itu memiliki interface yang sangat ideal maka akan mempengaruhi calon klien untuk menggunakan jasa anda. Beberapa content writer profesional memang melakukan cara seperti ini untuk memudahkan komunikasi dan memberikan pelayanan pada calon klien. Anda juga bisa memanfaatkan website ini untuk menampilkan pricelist dari setiap jasa yang ditawarkan. Manfaatkan fitur blog dari website itu untuk mempublikasikan contoh artikel yang berkualitas.

6.       Aktif menulis di banyak website besar
Aktif menulis di banyak website besar
Bisnis jasa content writing seperti ini membutuhkan keberadaan yang sangat luas. Tim anda harus eksis melalui tulisan berkualitas atau menarik perhatian banyak pembaca. Ini bisa anda coba dengan mulai aktif menulis di berbagai situs besar. Beberapa situs berita memberikan kesempatan bagi pembacanya untuk menulis artikel yang akan dipublikasikan melalui situs itu. Tentu saja ini akan membantu anda dan tim anda dikenal oleh banyak orang. Bahkan, tulisan terbaik dengan rating yang tinggi bisa menjadi portfolio yang ditawarkan kepada calon klien. Hal penting yang harus anda coba adalah dengan menyertakan link website jasa content writing anda di bagian akhir tulisan.

7.       Tawarkan harga terjangkau
Tawarkan harga terjangkau
Harga memang dianggap menjadi salah satu elemen yang selalu diperhitungkan oleh banyak calon klien. Bisnis jasa seperti ini memang tidak memiliki patokan harga yang jelas. Anda bisa menawarkan harga sesuai dengan keinginan anda. Bahkan, harga dari setiap artikel atau tulisan juga bisa terlalu mahal atau terlalu murah. Cobalah untuk menawarkan harga yang cukup terjangkau bagi klien baru. Saran seperti ini memang sering dilakukan untuk menarik perhatian banyak orang. Apalagi bila tulisan anda dianggap sangat berkualitas dengan harga terjangkau itu akan menjadi nilai tambah.

8.       Berikan layanan terbaik
Berikan layanan terbaik
Pelayanan yang baik akan membuat para klien merasa nyaman untuk menggunakan jasa content writing yang anda tawarkan. Pelayanan ini melibatkan beberapa hal seperti kualitas dari artikel yang akan diberikan, waktu pengerjaan hingga komunikasi yang baik. Anda bersama tim harus terus melakukan komunikasi agar calon klien tidak merasa khawatir tentang proses pengerjaan dari artikel. Selain itu, maksimalkan seluruh sumber daya untuk melakukan pengerjaan artikel dalam waktu yang lebih cepat.

9.       Terapkan after sale
 Terapkan after sale
Bisnis jasa online seperti ini juga bisa menerapkan layanan after sale. Salah satu layanan yang paling banyak dibutuhkan oleh klien lain adalah revisi dari setiap artikel atau tulisan yang dibuat. Tawarkan layanan revisi seperti ini pada setiap artikel yang dirasa klien kurang memuaskan. Namun, penawaran after sale ini juga harus berdasarkan ketentuan dari tim anda juga.

1   Perencanaan bisnis dalam waktu lama
Perencanaan bisnis dalam waktu lama
Buatlah perencanaan bisnis dalam waktu lama. Cara seperti ini untuk memudahkan anda menerapkan pengelolaan manajemen yang lebih baik. Selain itu, ini akan membantu tim anda mendapatkan orderan dari pihak lain. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan menerapkan penawaran business to business. Penawaran ini biasanya menyasar publisher besar atau perusahaan tertentu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel