8 cara mudah memulai bisnis online dengan modal kecil

Saat ini anda memiliki banyak peluang untuk memulai bisnis online. Ada berbagai pilihan metode atau pilihan bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Bahkan, keuntungan yang anda dapatkan juga cukup besar bila bisnis itu dilakukan dengan dukungan manajerial yang baik. Biasanya bisnis online yang menjadi pilihan terdiri dari bidang jasa dan penjualan produk. Masing-masing bisnis online ini juga membutuhkan perhitungan modal yang berbeda. Sebaiknya pertimbangkan juga dukungan kemampuan finansial anda. Selain itu, hindari mindset yang menganggap bahwa modal besar akan selalu memberikan keuntungan yang lebih besar. Kondisi ini juga akan memudahkan anda untuk menentukan cara mudah memulai bisnis online.

8 cara mudah memulai bisnis online yang harus diketahui
Modal finansial memang memberikan pengaruh untuk menjalankan bisnis online. Namun, anda juga sebaiknya menggunakan modal kemampuan agar target omset dan keuntungan juga bisa dicapai dengan sangat mudah. Dukungan sumber daya dianggap memberikan pengaruh yang besar dalam menjalankan bisnis online untuk waktu yang cukup lama. Pengelolaan yang baik dari bisnis online akan membuat anda semakin mudah melakukan perencanaan bisnis. Mungkin anda juga bisa mempertimbangkan 8 cara mudah memulai bisnis online yang terdiri dari:

1.       Menentukan konsep bisnis online
8 cara mudah memulai bisnis online dengan modal kecil
Ini adalah cara mudah memulai bisnis online yang harus anda lakukan. Sebelum memutuskan untuk memulai bisnis online sebaiknya pikirkan terlebih dahulu konsep bisnis ideal yang akan dijalankan. Ada beberapa pertimbangan untuk mendapatkan konsep bisnis yang sangat baik. Perhitungan modal, pilihan produk atau jasa, target khalayak, layanan purna jual hingga penawaran harga. Pertimbangan ini bisa anda terapkan untuk konsep bisnis yang berkaitan dengan penawaran jasa hingga penjualan produk. Anda juga harus memiliki kemampuan dan passion yang baik untuk menjalankan bisnis itu. Biasanya bisnis dengan minat yang besar akan dijalankan dengan sepenuh hati. Konsep seperti ini juga akan berlaku dalam waktu yang cukup lama.

2.       Melakukan riset pasar
cara mudah memulai bisnis online dengan modal kecil
Riset pasar sangat diperlukan untuk menjalankan berbagai bisnis. Apalagi bisnis online yang bersifat dinamis dan mengikuti perkembangan teknologi membutuhkan hasil riset pasar yang ideal. Metode yang diterapkan untuk riset pasar sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Cara seperti ini memberikan kemudahan bagi anda untuk menentukan kualitas produk atau jasa yang dibutuhkan, penawaran harga yang ideal hingga target khalayak yang sesuai dengan bisnis anda. Riset pasar juga akan membantu anda untuk memaksimalkan penggunaan modal. Cobalah melakukan riset dengan skema sederhana dan menggunakan perangkat yang tidak mahal. Ambil beberapa sampel dari demografi yang anda butuhkan. Anda dianggap lebih beruntung memiliki pelanggan loyal dalam jumlah terbatas.

3.       Perhitungkan modal
Perhitungkan modal
Cara mudah memulai bisnis online lainnya dengan memperhitungkan modal yang dibutuhkan. Modal seperti ini memang disesuaikan dengan konsep bisnis yang anda jalankan. Penggunaan modal untuk bisnis online dalam bidang jasa dan penjualan produk tentu saja berbeda. Seluruh kondisi seperti ini sebaiknya didukung dengan kemampuan anda mendapatkan modal itu. Mulailah dengan penggunaan modal yang tidak terlalu besar dan disesuaikan dengan kebutuhan. Modal itu biasanya digunakan untuk biaya produksi dari seluruh penawaran produk. Anda juga akan membutuhkan modal untuk melakukan promosi dengan memanfaatkan beberapa media atau platform. Lakukan pembukuan untuk melihat alur penggunaan modal yang baik.

4.       Membuat website khusus
Membuat website khusus
Setiap bisnis online yang anda jalankan akan membutuhkan platform media khusus yang akan mengenalkan seluruh penawaran produk hingga jasa. Salah satunya dengan memanfaatkan website yang memang dibuat khusus untuk bisnis online anda. Website ini akan berisi seluruh informasi penting yang berkaitan dengan detail produk, harga dari setiap produk hingga deskripsi yang dibutuhkan para calon pelanggan. Anda juga bisa menjadikan website ini sebagai toko online yang memudahkan proses pembelian. Biasanya toko online ini akan terintegrasi dengan metode pembayaran termasuk pilihan pengiriman barang. Banyak calon pelanggan saat ini mulai memperhitungkan profesionalitas yang anda terapkan dari setiap bisnis online. Hal ini bisa anda tawarkan melalui website khusus itu sendiri.

5.       Melakukan branding
Melakukan branding
Branding sangat dibutuhkan untuk setiap lini bisnis online yang sedang anda jalankan. Branding seperti ini meliputi seluruh aspek dalam penjualan produk hingga penawaran jasa. Beberapa elemen penting dari branding seperti logo, nama produk, tagline, kemasan dari produk hingga konsep promosi. Biasanya konsep branding seperti ini sangat ideal untuk seluruh produk atau jasa yang memang anda miliki sendiri. Hal ini dilakukan untuk menaikkan nilai jual dari seluruh pilihan produk atau jasa. Semakin baik metode atau skema branding yang diterapkan tentu saja akan semakin mudah untuk penjualan hingga memberikan harga yang lebih tinggi. Selain itu, branding juga akan menjadi bagian penting dalam berkompetisi dengan produk atau jasa sejenis.

6.       Terapkan promosi digital
Terapkan promosi digital
Bisnis online memang tidak lepas dari konsep atau skema promosi digital. Promosi seperti ini bisa anda lakukan dengan sangat mudah melalui berbagai platform. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial. Hingga kini sudah banyak pilihan media sosial yang akan membantu anda untuk menjalankan bisnis online. Beberapa diantaranya seperti Instagram, Facebook, Youtube, Line dan lainnya. Perhatikan karakter dan fitur yang ditawarkan dari media sosial seperti itu. Anda bisa menggunakan fitur gratis untuk memberikan promosi dari produk atau jasa bisnis online. Pertimbangkan juga untuk menggunakan layanan iklan berbayar yang membuat anda semakin mudah melakukan penjualan.

7.       Tawarkan harga terjangkau
Tawarkan harga terjangkau
Harga masih menjadi pertimbangan banyak orang untuk melakukan pembelian atau penggunaan jasa secara online. Bahkan, sebagian dari mereka juga menerapkan perbandingan untuk produk atau jasa sejenis yang menawarkan harga lebih murah. Bagi anda yang masih ingin memulai bisnis online cobalah tawarkan harga relatif terjangkau. Cara seperti ini bisa anda lakukan dengan memberikan harga murah secara langsung atau dengan menerapkan promosi terbatas. Biasanya promosi atau pemberian harga yang relatif murah bertujuan untuk mengetahui tanggapan calon pelanggan lain terhadap kualitas yang ditawarkan. Bila anda mendapatkan respon positif tidak ada salahnya anda menerapkan harga normal untuk produk atau paket jasa lainnya.

8.       Berikan layanan after sale
Berikan layanan after sale
After sale atau layanan purna jual juga bisa diterapkan untuk bisnis online. Cara seperti ini akan membantu anda untuk mendapatkan review hingga feedback dari penawaran yang dilakukan. Layanan seperti ini biasanya dilakukan pada penjualan produk tertentu atau dari penawaran jasa. Misalnya saja anda menerapkan layanan after sale penukaran atau pengembalian bila produk yang diterima pelanggan mengalami kerusakan. Selain itu, layanan after sale seperti ini bisa diterapkan untuk penawaran jasa online seperti desain grafis atau content writing. Berikan layanan revisi setelah pengiriman file kepada pelanggan anda. Ini akan menjadi pertimbangan pelanggan untuk memperhitungkan kualitas produk dan layanan yang diberikan.

0 Response to "8 cara mudah memulai bisnis online dengan modal kecil"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel