8 kiat sukses menjalani peluang bisnis gorengan

Gorengan memang menjadi makanan ringan favorit bagi banyak orang. Anda bisa menemukan jenis makanan ringan ini dijual di berbagai lokasi. Bahkan, pada waktu tertentu ada banyak penjual gorengan yang menjajakan makanan ringan ini dengan berbagai jenis. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan bagi anda. Apalagi modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis makanan ringan seperti ini tentu saja akan membutuhkan perhitungan yang sangat berbeda. Selain itu, lokasi anda untuk menjajakan makanan ringan ini juga mempengaruhi omset dan keuntungan.
8 kiat sukses menjalani peluang bisnis gorengan

 8 kiat sukses untuk menjalankan peluang bisnis gorengan
Bisnis seperti ini bisa anda jalankan dengan cukup mudah. Tentu saja anda harus memulainya dengan menentukan jenis gorengan yang akan dijual. Beberapa pilihan makanan ringan yang bisa anda tawarkan seperti pisang goreng, ketela goreng, tahu isi goreng, bakwan, molen, kentang goreng dan lainnya. Masing-masing dari jenis gorengan itu bisa anda sediakan seluruhnya atau sebagian. Hal ini juga tergantung dari konsep bisnis gorengan yang dijalankan. Bahkan, anda juga memiliki kesempatan untuk menerapkan menu gorengan dengan bentuk berbeda seperti menambahkan rasa tertentu agar terlihat menarik. Ada 8 kiat sukses dan tips yang bisa anda pertimbangkan untuk menjalankan peluang bisnis gorengan, seperti:
1.       Perhitungkan modal yang digunakan
Salah satu hal yang harus diperhitungkan untuk memulai peluang bisnis gorengan tentu saja modal yang anda miliki. Anda bisa saja menggunakan modal yang cukup terbatas untuk menjalankan bisnis seperti ini. Namun, penggunaan modal juga harus disesuaikan dengan konsep bisnis gorengan yang anda butuhkan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan manfaat yang sangat maksimal. Modal itu biasanya digunakan untuk membeli perlengkapan seperti gerobak, penggorengan, bahan baku dan lainnya. Sebaiknya modal yang anda miliki hanya sebagian saja digunakan. Apalagi sebagian modal lainnya bisa anda gunakan untuk keperluan lain secara mendesak. Hindari pola pikir yang mengungkapkan bahwa modal yang besar akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar juga.

2.       Tawarkan menu gorengan yang menarik
Sebenarnya bisnis seperti ini dipengaruhi oleh seluruh pilihan menu yang anda tawarkan. Untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak mungkin anda bisa menawarkan tambahan menu yang berbeda dibandingkan tempat lainnya. Biasanya beberapa jenis gorengan yang ada di tempat lain seperti ketela goreng, pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng, dan bakwan. Namun, anda juga bisa menambahkan pilihan menu agar orang lain tertarik. Misalnya saja dengan memulai menawarkan kentang goreng yang memiliki berbagai pilihan rasa. Selain itu, anda juga bisa menambahkan makanan lain yang memiliki harga dasar sama.

3.       Gunakan lokasi strategis
Lokasi untuk memulai peluang bisnis gorengan memang akan memberikan pengaruh sangat besar. Semakin baik lokasi yang anda gunakan biasanya akan membuat anda semakin mudah mendapatkan pelanggan. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang banyak bila tempat yang digunakan juga padat. Biasanya beberapa orang yang memulai bisnis ini akan menggunakan halaman depan rumah untuk menjajakan produk gorengan. Bila lokasi itu dianggap kurang strategis sebaiknya anda menyewa tempat lain yang lebih menguntungkan. Tentu saja anda akan mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa tempat lain. Hal ini dilakukan untuk membuat bisnis anda bertahan dalam waktu yang cukup lama.

4.       Tampil higienis untuk gerobak atau lapak
Hal penting yang harus anda perhatikan adalah kebersihan dari lokasi hingga gerobak. Semakin bersih kondisi dari gerobak atau tempat yang anda gunakan biasanya akan membuat orang lain tertarik. Selain itu, cara seperti ini juga bisa membuat anda memiliki karakter sendiri dalam menjajakan produk gorengan. Konsep higienis yang anda tawarkan sebaiknya diterapkan juga untuk penyajian dari gorengan itu. Misalnya saja dengan membersihkan seluruh bahan baku dengan air mengalir hingga menggunakan minyak dengan kualitas terbaik. Cara ini juga akan mempengaruhi rasa dari gorengan itu sendiri. Jangan lupa untuk selalu membersihkan seluruh perlengkapan yang digunakan.

5.       Gunakan kemasan khusus
Model bisnis gorengan yang berbeda biasanya didukung dengan konsep penyajian yang berbeda. Salah satunya adalah dengan menggunakan kemasan khusus. Cara seperti ini biasanya diterapkan untuk lapak gorengan khusus yang sudah memiliki pelanggan loyal. Anda bisa memulainya dengan menggunakan kemasan yang memiliki desain khusus dan logo usaha. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat kemasan ini tentu saja bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Mungkin dengan melibatkan kertas yang sudah dibuat menjadi kemasan dan tampilan logo yang cukup baik. Cara seperti ini akan menaikkan nilai jual dari gorengan anda. Apalagi bila anda menawarkan produk gorengan yang berbeda dibandingkan tempat lainnya.

6.       Tambahkan berbagai rasa dari menu gorengan
Rasa dari produk gorengan yang anda tawarkan memang selalu menjadi pertimbangan bagi banyak pelanggan. Sebagian orang mungkin menganggap bahwa tambahan rasa yang diterapkan untuk gorengan ini tidak terlalu penting. Apalagi mereka menilai semua produk gorengan memiliki rasa yang sama. Namun, bila anda menggunakan metode penyajian yang berbeda hal itu dianggap menjadi nilai tambah. Gunakan bumbu kering tambahan yang membuat rasa dari gorengan ini menjadi lebih lezat. Saat ini ada banyak pilihan penambah rasa yang bisa diterapkan untuk gorengan. Bahkan, bumbu seperti ini juga bisa digunakan pada kentang goreng, tahu goreng, tempe krispy, jamur krispy dan lainnya. Ini akan menjadi signature atau ciri khas dari produk yang ditawarkan.

7.       Berikan harga terjangkau
Harga masih dianggap sebagai pertimbangan bagi orang lain untuk mencoba gorengan. Namun, anda memiliki kesempatan untuk menggunakan perhitungan harga yang disesuaikan dengan tempat lain. Bila anda memiliki menu khusus tambahan sebaiknya gunakan harga yang berbeda. Cara seperti ini dianggap akan memberikan pengaruh terhadap orang lain untuk mencoba produk gorengan anda. Misalnya saja dengan menawarkan harga kentang goreng atau jamur krispy yang lebih terjangkau dibandingkan tempat lain. Anda juga bisa menawarkan harga terjangkau ini untuk seluruh produk gorengan itu. Untuk memulai usaha gorengan ini memang diperlukan cash flow atau aliran keuntungan yang lebih cepat. Hal ini memudahkan anda untuk memperhitungkan penggunaan bahan baku.

8.       Gunakan bahan baku berkualitas
Penggunaan bahan baku berkualitas juga memberikan pengaruh yang sangat besar bagi usaha anda. Tentu saja anda harus menggunakan bahan baku dengan kualitas terbaik agar rasa dan tekstur dari gorengan juga terjaga. Biasanya bahan baku ini bisa anda dapatkan dari penyedia stok langsung atau dengan memilih di pasar tradisional. Beberapa pelanggan menganggap bahwa bahan baku yang baik untuk gorengan juga akan memberikan rasa yang lebih baik. Sebaiknya anda menghindari pola pikir menggunakan bahan baku dengan standar rendah agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Hal itu justru akan membuat produk anda tidak laku di pasaran. Selalu berikan yang terbaik untuk para pelanggan anda.

0 Response to "8 kiat sukses menjalani peluang bisnis gorengan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel