8 kiat sukses menjalankan peluang bisnis kue kering

 Saat ini anda bisa dengan mudah memulai usaha kue kering. Biasanya beberapa orang yang memulai bisnis ini akan dilakukan menjelang hari besar keagamaan seperti hari raya Idul Fitri atau Natal. Padahal anda bisa memaksimalkan peluang bisnis ini setiap hari. Tentu saja dengan kemasan atau konsep bisnis yang berbeda. Cara yang paling mudah tentu saja menawarkan banyak pilihan menu kue kering dengan kemasan yang menarik. Namun, ada beberapa hal penting yang harus anda perhitungkan untuk menjalani bisnis seperti ini. Modal memiliki pengaruh yang besar untuk menjalankan peluang bisnis kue kering.
8 kiat sukses menjalankan peluang bisnis kue kering


8 tips untuk memulai peluang bisnis kue kering
Metode yang biasanya digunakan untuk bisnis seperti ini memang melibatkan modal yang anda miliki. Namun, jangan langsung berpikir bahwa modal besar akan memberikan keuntungan bisnis yang besar juga. Tentu saja ada beberapa hal penting yang akan memaksimalkan potensi anda untuk menjalankan bisnis seperti ini. Selain itu, anda harus memiliki passion yang besar untuk memulai bisnis kue kering ini. Ini dilakukan untuk menghindari pola pikir atau tindakan yang justru akan merugikan. Berikut ini ada 8 tips peluang bisnis kue kering yang memberikan potensi untung besar, terdiri dari:
1.       Perhitungkan kemampuan anda
Untuk memulai peluang bisnis kue kering sebaiknya perhitungkan terlebih dahulu kemampuan yang anda miliki. Apalagi kemampuan untuk mengelola bahan baku menjadi kue kering yang nikmat biasanya disesuaikan dengan passion anda. Anda juga harus mengetahui berbagai bahan baku dasar yang sering digunakan untuk membuat kue kering ini. Pengetahuan anda ini dianggap akan memudahkan pengolahan bahan baku menjadi hasil yang lebih baik. Dukungan dari banyak literature resep akan meningkatkan kemampuan anda. Hal penting lain yang harus diperhitungkan tentu saja dengan melakukan pembuatan kue secara terus-menerus. Bisnis kue kering seperti ini harus dipimpin oleh anda sendiri.

2.       Mengelola modal yang dimiliki
Tentu saja anda akan membutuhkan perhitungan modal yang baik untuk memulai bisnis kue kering seperti ini. Sebaiknya sesuaikan kemampuan modal yang anda miliki dengan konsep bisnis yang anda akan jalankan. Biasanya bisnis skala menengah akan membutuhkan modal yang berbeda dibandingkan skala besar. Penggunaan modal ini biasanya digunakan untuk membeli perlengkapan pembuatan kue, bahan baku kue hingga pemasaran. Anda harus tahu bahwa perlengkapan dengan kualitas terbaik akan memiliki masa pemakaian yang lebih lama. Selain itu, kualitas dari perlengkapan itu juga akan memudahkan anda membuat kue dalam jumlah banyak. Cobalah untuk mempertimbangkan memilih perlengkapan yang lebih baik.

3.       Menentukan konsep bisnis kue kering
Peluang bisnis kue kering yang sangat potensial seperti ini harus memiliki konsep yang ideal. Ada banyak pilihan konsep bisnis yang bisa anda jalankan. Misalnya saja dengan menjalankan business to business. Artinya adalah anda akan menawarkan seluruh produk kue kering anda ke beberapa institusi atau komunitas tertentu yang melakukan acara. Namun, anda juga bisa menggunakan konsep business to consumer. Model bisnis ini biasanya langsung menawarkan kepada pembeli akhir. Masing-masing dari konsep bisnis ini akan membutuhkan modal yang berbeda juga. Namun, omset dan keuntungan yang anda dapatkan juga cukup berbeda. Tentu saja anda harus didukung dengan sumber daya yang sangat ideal.

4.       Menggunakan banyak referensi resep dan menu
Saat ini ada banyak pilihan sumber resep yang bisa anda gunakan. Apalagi anda juga bisa menggunakan referensi dari buku resep yang dijual di berbagai toko buku. Semakin banyak referensi resep kue kering yang anda miliki tentu saja akan memudahkan anda untuk mendapatkan menu pilihan yang sangat ideal. Hal ini dianggap akan memberikan keuntungan bagi usaha kue kering yang anda jalankan. Selain itu, anda juga bisa melakukan penyesuaian terhadap bahan baku yang digunakan dengan resep itu. Lakukan eksperimen dengan berbagai resep kue kering untuk mendapatkan menu khusus yang menjadi ciri khas dari bisnis anda. Cara seperti ini memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan pelanggan loyal. Lakukan pembaruan resep menu kue kering pada jangka waktu tertentu.

5.       Menawarkan kemasan yang menarik
Biasanya beberapa pelanggan akan memberikan penilaian dari kue kering yang anda tawarkan melalui kemasan. Cobalah menggunakan kemasan khusus yang tidak biasa dan mengundang perhatian banyak orang. Biasanya kemasan ini akan menampilkan logo dari usaha kue kering anda. Semakin unik dan menarik dari kemasan yang anda gunakan biasanya akan memberikan nilai jual yang lebih baik. Jangan lupa untuk menggunakan kemasan yang memiliki kualitas terbaik dan sangat higienis. Hal ini akan memberikan ketahanan yang cukup lama bagi kue kering itu. Kemasan yang unik itu akan membantu anda dalam pemasaran di berbagai tempat.

6.       Selalu gunakan bahan baku berkualitas
Kualitas rasa yang anda inginkan untuk produk kue kering itu biasanya akan dipengaruhi dari penggunaan bahan baku. Tentu saja anda harus menggunakan bahan baku berkualitas agar memberikan hasil kue kering yang baik. Memang bahan baku seperti ini memiliki harga yang relatif cukup mahal. Namun, untuk menjalankan bisnis ini anda harus tahu bahwa ada beberapa pembeli yang memang lebih memperhitungkan kualitas rasa. Bahan baku seperti ini biasanya akan memiliki jangka waktu penggunaan yang relatif lebih lama. Hal ini membuat anda harus melakukan metode penyimapanan yang lebih baik dengan menggunakan beberapa perlengkapan khusus.

7.       Terapkan harga dengan perhitungan ideal
Harga memang selalu menjadi bagian penting dalam menjalankan bisnis apapun. Mungkin anda bisa menawarkan harga yang terjangkau untuk seluruh produk kue kering seperti ini. Penentuan harga biasanya didasarkan dari bahan baku yang digunakan, proses pembuatan, kemasan hingga jasa yang harus dikeluarkan. Anda juga harus menghitung keuntungan yang didapat dari penjualan setiap produk. Namun, jangan terlalu menerapkan harga yang sangat tinggi untuk setiap produk kue kering seperti ini. Hal lain yang perlu diperhitungkan tentu saja dengan menentukan target dari para pembeli anda. Bila anda menyasar kalangan menengah sebaiknya gunakan harga standar dari setiap produk kue kering yang ditawarkan. Setiap produk kue kering yang selesai dibuat harus memiliki alur keluar masuk yang baik.

8.       Gunakan digital marketing dengan sosmed
Anda akan membutuhkan promosi atau pemasaran untuk menjual seluruh menu kue kering. Salah satu pilihan model pemasaran yang digunakan tentu saja melalui platform sosial media atau digital marketing. Cara seperti ini biasanya dilakukan untuk menyasar target yang lebih luas. Untuk memulai model pemasaran seperti ini sebaiknya dengan menggunakan akun sosial media. Anda harus menampilkan seluruh menu kue kering lengkap dengan deskripsi dari harga yang akan ditawarkan. Gunakan Instagram untuk memudahkan proses pemasaran melalui konsep digital marketing seperti ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel