8 tips dan kiat sukses menjalankan peluang bisnis kopi

Bisnis kopi memang sedang populer di berbagai kalangan. Bahkan, sudah banyak juga instansi pemerintah atau swasta yang memiliki booth khusus bagi para pecinta kopi. Peningkatan peluang bisnis seperti ini memang dibuktikan dengan semakin banyak muncul kafe kopi skala kecil hingga besar di berbagai kota. Selain itu, sebagian dari pebisnis kopi juga sudah melakukan metode business to business. Hal ini dilakukan dengan menjadi roaster atau pemasok biji kopi bagi banyak tempat. Kondisi seperti ini dianggap akan menjadi peluang yang sangat menguntungkan bagi anda. Tentu saja anda memiliki kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan peluang bisnis kopi.
8 tips dan kiat sukses menjalankan peluang bisnis kopi


8 kiat sukses peluang bisnis kopi yang harus dicoba
Sebenarnya anda membutuhkan beberapa pertimbangan untuk mengembangkan bisnis kopi. Apalagi bisnis seperti ini memang berbeda dibandingkan dengan lainnya. Sebagian orang menganggap bahwa ini merupakan bisnis trend. Namun, hal itu tidak akan menjadi penghalang bagi anda untuk memulai bisnis ini. Ada beberapa hal penting yang harus anda perhitungkan sebelum memulai bisnis kopi seperti ini. Mungkin anda bisa mempertimbangkan 8 kiat sukses untuk memulai peluang bisnis kopi, terdiri dari:
1.       Menentukan konsep bisnis
Untuk mulai menjalankan peluang bisnis kopi sebaiknya anda harus menentukan konsep bisnis. Peluang usaha seperti ini biasanya akan terdiri dari model café atau roster atau supplier biji kopi. Masing-masing dari model bisnis itu tentu saja membutuhkan modal dan pengelolaan yang berbeda. Bila anda ingin menjadi supplier biji kopi sebaiknya pertimbangkan modal yang akan dibutuhkan dan tentu saja jumlah bahan baku seperti biji kopi. Model bisnis seperti ini juga sering terintegrasi dengan konsep roaster. Namun, bila anda memilih untuk menjalankan konsep bisnis dengan membuka café konvensional biasanya akan membutuhkan beberapa perhitungan juga. Tempat, interior, perlengkapan dan kualitas biji kopi akan mempengaruhi café kopi anda.

2.       Menghitung modal yang digunakan
Tentu saja modal yang anda miliki memberikan perhitungan bisnis yang berbeda. Bisnis kafe kopi dalam skala besar akan membutuhkan modal yang cukup besar. Bila anda memutuskan untuk membuka kafe kopi skala kecil tentu saja akan melibatkan perhitungan modal yang tidak terlalu besar. Modal seperti ini biasanya akan digunakan untuk membeli seluruh perlengkapan. Misalnya saja anda akan membutuhkan mesin espresso, grinder, freezer dan lainnya. Jenis dari perlengkapan itu juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Apalagi anda bisa menggunakan mesin manual atau dengan teknologi terbaru yang memiliki harga yang mahal. Modal lainnya yang anda miliki biasanya digunakan untuk mendapatkan biji kopi berkualitas.

3.       Pilih tempat yang baik dan startegis
Tips lain yang dibutuhkan untuk peluang bisnis kopi adalah menentukan tempat yang sangat strategis. Tempat ini juga mempengaruhi anda untuk mendapatkan jumlah pelanggan yang cukup banyak. Lokasi yang digunakan sebagai kafe biasanya memudahkan para pelanggan untuk menikmati waktu mereka saat memesan kopi. Apalagi kondisi ini juga akan mempengaruhi anda untuk menerapkan dekorasi yang sangat ideal. Biasanya beberapa kafe kopi akan menggunakan konsep interior dan eksterior dengan detail instagramable. Cara seperti ini dianggap menarik perhatian bagi banyak orang untuk berkunjung. Lokasi yang strategis dari kafe kopi ini biasanya dipengaruhi pada tempat parkir yang disediakan. Ini dilakukan demi kenyamanan para pengunjung.

4.       Terapkan dekorasi eksterior dan interior
Anda harus tahu bahwa sebagian dari pengunjung kafe kopi anda membutuhkan tempat yang menarik untuk masuk dalam postingan akun sosial media. Cara seperti ini bisa anda tawarkan dengan menerapkan dekorasi eksterior dan interior yang menarik. Ada banyak konsep kafe kopi yang bisa anda dapatkan dengan sangat mudah. Tentu saja ukuran dari tempat yang anda gunakan biasanya mempengaruhi dekorasi yang unik dan menarik. Mulailah dengan menggunakan konsep menarik dengan melibatkan elemen kopi. Anda bisa membuat dekorasi eksterior yang cukup berbeda dan terlihat sangat nyaman. Salah satu dekorasi interior untuk kafe kopi yang bisa digunakan dengan konsep Industrial. Interior seperti ini bisa terlihat instagramable dengan tambahan lampu.

5.       Gunakan biji kopi berkualitas
Tips penting lainnya dalam menjalankan peluang bisnis kopi adalah bahan baku berkualitas. Hal ini akan melibatkan biji kopi yang baik. Anda harus mengetahui berbagai jenis biji kopi yang dibutuhkan. Biasanya biji kopi dengan jenis Robusta atau Arabika akan memberikan rasa yang berbeda. Bahkan, beberapa kafe kopi kadang-kadang sudah memiliki signature atau ciri khas dari biji kopi yang digunakan. Cobalah untuk mengetahui seluruh detail informasi tentang karakter dari setiap biji kopi yang anda gunakan. Apalagi saat ini sudah banyak penikmat kopi yang mencoba melakukan eksplorasi dengan biji kopi yang berbeda. Biji kopi berkualitas tidak harus mahal namun memiliki ketahanan dan aroma rasa yang sesuai dengan menu anda.

6.       Pilih menu yang ideal
Masing-masing kafe kopi pasti memiliki menu andalan. Namun, anda bisa memulai dengan menawarkan menu konvensional yang biasanya menggunakan konsep espresso based. Anda bisa melakukan eksplorasi rasa atau resep dari berbagai literature. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan para pengunjung dan pelanggan anda. Bila anda memiliki basis pelanggan yang selalu mencoba menu baru sebaiknya lakukan penambahan menu secara berkala. Hal ini juga memiliki keuntungan agar para pengunjung tidak bosan. Selain itu, anda juga bisa menawarkan menu makanan ringan tambahan yang berbasis kopi. Saat ini ada banyak muffin atau makanan ringan yang memiliki rasa atau aroma kopi.

7.       Jangan lupakan signature menu
Anda harus mulai memikirkan karakter atau ciri khas dari kafe kopi anda. Ini dilakukan agar orang lain mengenal kafe anda karena ada salah satu menu yang menjadi andalan. Biasanya menu seperti ini hanya anda saja yang memiliki. Keuntungan lain dari menu signature ini biasanya akan mendatangkan pengunjung baru yang penasaran terhadap menu itu. Cobalah melakukan eksperimen dari banyak menu yang bisa anda dapatkan dari barista lain atau literature seperti internet dan buku tentang kopi. Anda bisa memiliki satu atau dua menu signature yang bisa membuat para pelanggan anda tidak cepat bosan.

8.       Manfaatkan sosial media
Sosial media memiliki peranan penting untuk mengenalkan seluruh menu yang anda sajikan. Selain itu, sosial media juga bisa digunakan agar tempat anda bisa dilihat orang lain secara luas. Namun, keuntungan lain yang bisa anda dapatkan tentu saja dengan mengandalkan sosial media sebagai tempat beriklan. Cara seperti ini dikenal dengan digital marketing. Anda bisa mendapatkan pengunjung kafe tambahan dengan beriklan melalui target audiens yang anda inginkan. Semakin sering anda beriklan atau melakukan posting berkala biasanya akan mempengaruhi kafe anda secara massif di sosial media. Bahkan, anda juga bisa memanfaatkan sosial media untuk menawarkan berbagai promo menarik.

0 Response to "8 tips dan kiat sukses menjalankan peluang bisnis kopi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel