8 TIPS memulai BISNIS BLOGGING yang harus anda tahu

Bisnis blogging saat ini semakin berkembang pesat. Jumlah publisher juga terus meningkat dengan dukungan teknologi internet yang lebih murah dan mudah. Ini bisa menjadi peluang yang baik untuk anda untuk memulai bisnis yang sama. Tentu saja ada beberapa persiapan dan modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis blogging seperti ini. Pengetahuan tentang konten hingga kompetisi antar blogger juga harus anda pikirkan baik-baik. Hal ini dianggap akan mempengaruhi keberlanjutan bisnis hingga keuntungan yang anda dapatkan. Sebaiknya cari rekomendasi ideal untuk tips memulai bisnis blogging yang bisa membantu anda.

8 tips memulai bisnis blogging terbaru dan terjitu
Bagi sebagian publisher modal memang menjadi elemen penting untuk bisnis blogging. Namun, anda sebaiknya tidak hanya berpatokan pada jumlah modal yang dimiliki. Bisnis seperti ini juga bisa dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar. Selain itu, waktu luang anda juga harus dimaksimalkan sebaik mungkin. Ini memudahkan anda untuk mendapatkan target yang sangat ideal. Berikut ini ada 8 tips memulai bisnis blogging yang bisa menguntungkan anda, seperti:

1.       Perhitungkan modal yang dimiliki
8 Tips memulai bisnis blogging yang harus anda tahu
Ini merupakan tips memulai bisnis blogging yang memberikan dampak sangat besar bagi perencanaan jangka panjang anda. Modal yang anda miliki sebaiknya diperhitungkan dan dipergunakan dengan sangat baik. Hindari mindset yang menganggap bahwa semakin besar modal anda maka akan semakin mudah mendapatkan keuntungan. Sebagian modal itu akan digunakan untuk membeli beberapa elemen penting seperti domain, hosting, theme hingga konten. Bila anda memiliki modal yang tidak terlalu besar sebaiknya gunakan hosting yang cukup murah atau memaksimalkan hosting dari platform langsung. Sebagian modal lainnya sebaiknya disimpan untuk digunakan bila anda membutuhkan pembaruan hosting. Semakin rinci modal yang anda gunakan tentu saja ini menguntungkan anda.

2.       Coba pilih niche terbaik
Coba pilih niche terbaik
Niche atau kategori khusus yang digunakan untuk blog juga harus dipilih dengan sangat baik. Pemilihan dari niche ini berdasarkan kemampuan anda hingga tingkat kompetisi melalui search engine. Bila anda merasa mampu untuk beberapa niche populer sekaligus tentu saja ini akan menguntungkan. Ada beberapa niche populer yang bisa anda pertimbangkan seperti kesehatan, kecantikan, diet, interior, wisata dan lainnya. Niche ini memang paling banyak dicari melalui search engine. Tentu saja tingkat kompetisi yang dimiliki niche ini sangat tinggi. Anda harus melakukan antisipasi dengan memberikan konten berkualitas. Pilihan lain dengan menggunakan niche khusus yang tidak populer namun dicari oleh orang-orang tertentu saja. Niche seperti ini bisa anda dapatkan melalui berbagai ilmu pengetahuan khusus.

3.       Gunakan platform yang ideal
Gunakan platform yang ideal
Tips memulai bisnis blogging lainnya yang harus diperhitungkan adalah penggunaan platform. Ada beberapa rekomendasi platform yang bisa digunakan untuk mendukung bisnis blogging anda. Tentu saja anda harus memilih platform populer yang memiliki pengaturan cukup mudah. Pilihan platform yang bisa digunakan seperti blogspot, wordpress, wix dan lainnya. Masing-masing dari platform ini memiliki karakter yang berbeda. Bahkan, user interface dari platform itu juga berbeda satu dengan lainnya. Pilih platform yang nyaman untuk digunakan dan memiliki dukungan user yang lebih baik. Hingga kini banyak publisher yang menyarankan untuk menggunakan platform seperti blogspot dan wordpress. Apalagi ada banyak theme atau template yang bisa anda gunakan agar tampilan blog terlihat menarik.

4.       Lakukan riset keyword
Lakukan riset keyword
Banyak publisher menganggap bahwa keyword memegang peranan penting bagi sebuah blog untuk mendapatkan peringkat yang baik. Cobalah anda melakukan riset keyword dengan menggunakan tools gratis yang sudah tersedia. Misalnya anda menggunakan tools Keyword Planner dari Google. Tools ini akan memudahkan anda untuk menentukan keyword sesuai dengan keinginan. Pilih keyword dengan tingkat pencarian tinggi dan kompetisi yang cukup rendah. Cara seperti ini akan memudahkan anda untuk mendapatkan peringkat konten yang lebih baik. Mungkin anda juga bisa menggunakan keyword itu sebagai domain blog. Cara ini sering disebut dengan Keyword on Domain. Penggunaan keyword ini juga bisa diterapkan untuk bahan dasar dari pembuatan konten anda.

5.       Posting konten berkualitas
Posting konten berkualitas
Kualitas konten biasanya selalu diperhitungkan para pembaca. Postinglah konten yang berkualitas. Konten ini harus bisa dibaca dan memiliki titik poin yang baik. Hindari penggunaan bahasa yang tidak terlalu baku dan memiliki banyak pengantar. Selain itu, jangan lupa untuk menempatkan keyword yang disesuaikan dengan pembahasan konten itu. Semakin berkualitas konten yang anda buat maka pembaca dan pengunjung blog juga akan semakin betah untuk membaca. Ini akan menjadi perhitungan dari pengiklan untuk menempatkan iklan yang lebih mahal. Kualitas konten juga mempengaruhi posisi blog anda di search engine. Apalagi search engine seperti Google sering melakukan pembaruan algoritma. Sertakan gambar pendukung dari setiap konten yang anda buat.

6.       Gunakan backlink atau blogwalking
Gunakan backlink atau blogwalking
Backlink juga akan membantu blog anda mendapatkan posisi yang baik dari setiap pencarian di internet. Semakin banyak backlink yang tertuju pada blog anda hal ini akan memudahkan para pencari untuk menemukan konten dari blog anda. Sebaiknya pilih backlink yang berkualitas untuk menghindari spamming. Saat ini ada banyak backlink generator yang tersedia secara gratis untuk digunakan. Hal yang harus anda ingat tentu saja waktu integrasi blog dengan backlink juga cukup lama. Cara lain yang berkaitan dengan link dari blog anda seperti melakukan blogwalking. Ini adalah metode meninggalkan link blog anda pada komentar blog lain. Semakin sering anda meninggalkan link blog biasanya akan mempengaruhi jumlah backlink.

7.       Maksimalkan waktu sebaik mungkin
Maksimalkan waktu sebaik mungkin
Bisnis blogging seperti ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Manfaatkan waktu luang yang anda miliki untuk melakukan terobosan dalam pembangunan blog anda. Waktu yang anda gunakan seperti ini biasanya berkaitan dengan pemilihan konten hingga penggunaan tools bantuan untuk menaikkan peringkat dari blog. Bila anda memiliki waktu luang yang cukup banyak gunakan itu untuk membuat lebih banyak konten lagi. Selain itu, pemeriksaan terhadap kemampuan hosting hingga tingkat kompetisi juga harus dilakukan secara berkala. Hal seperti ini untuk terus memantau trafik blog anda yang berasal dari search engine.

8.       Aktif di berbagai forum
Aktif di berbagai forum
Anda harus tahu bahwa bisnis seperti ini bersifat dinamis. Anda harus terus melakukan inovasi dan mendapatkan dukungan informasi yang baik. Mulailah aktif di berbagai forum yang menjadi tempat sharing banyak publisher. Anda bisa melakukan diskusi terkait permasalah hingga mendapatkan informasi tentang tutorial tertentu. Semakin banyak informasi yang anda dapatkan tentu saja memudahkan pembangunan blog dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, anda juga bisa meminta pendapat tentang blog anda dari publisher lain. Cara ini akan membantu anda melakukan perubahan detail bila diperlukan. Bahkan, forum itu bisa menjadi tempat untuk menempatkan link dari blog.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel