8 Tips menjual barang secara online dengan mudah dan murah

Perkembangan teknologi internet yang semakin pesat mempengaruhi pola bisnis digital. Hal ini juga terjadi pada penawaran secara online yang dilakukan melalui banyak platform. Bila anda memiliki usaha online tentu saja ada banyak produk atau barang yang jual dengan memanfaatkan internet. Anda bisa memasukkan seluruh barang atau produk itu melalui marketplace atau menjual secara independen melalui website anda sendiri. Masing-masing dari cara yang anda lakukan itu tentu saja akan memanfaatkan teknologi internet. Semakin banyak platform yang digunakan untuk menjual barang akan mempengaruhi kentungan yang didapat. Kondisi ini yang membuat anda harus mendapatkan tips menjual barang secara online.

8 tips menjual barang secara online agar cepat laku
Ada banyak rekomendasi marketplace atau platform yang bisa anda gunakan untuk menjual barang. Beberapa diantarnya seperti Bukalapak, Tokopedia bahkan platform media sosial seperti Facebook. Bila anda memiliki produk dengan jenis yang sangat banyak mungkin bisa memanfaatkan seluruh platform. Hal ini juga akan memudahkan anda untuk menjangkau calon pelanggan yang lebih luas lagi. Tentu saja penjualan barang yang dilakukan secara online melalui marketplace itu juga harus disesuaikan dengan kebijakan dari pengembang. Berikut ini ada 8 tips menjual barang secara online yang agar cepat laku, seperti:

1.       Hanya menjual produk berkualitas
8 Tips menjual barang secara online dengan mudah dan murah
Ini adalah tips menjual barang secara online yang paling penting dan harus dilakukan. Seluruh barang atau produk yang anda jual secara online memiliki kualitas terbaik. Bahkan, anda juga bisa menerapkan Quality Control pada setiap produk. Produk dengan kualitas terbaik akan memberikan keuntungan juga bagi anda. Apalagi hal ini akan berkaitan dengan review atau ulasan yang diberikan dari pembeli sebelumnya. Semakin banyak review positif yang diberikan pada produk anda maka hal itu akan mempengaruhi psikis dari calon pembeli lainnya. Kualitas dari produk seperti itu biasanya didukung dengan penggunaan material dan bahan baku yang sangat baik.

2.       Gunakan kemasan yang menarik
Tips menjual barang secara online dengan mudah dan murah
Banyak calon pembeli yang menganggap bahwa kemasan atau bagian luar dari produk yang dijual mempengaruhi mereka. Semakin menarik dan unik dari kemasan yang anda gunakan hal ini akan menaikkan nilai dari produk itu. Kemasan ini bisa anda gunakan pada beberapa produk seperti fashion, produk kecantikan, produk kesehatan, aksesoris, tas dan lainnya. Hal yang lebih penting lagi adalah kemasan dari produk tersebut tentu saja menjadi ciri khas atau karakter yang bisa dibedakan dari kompetitor lainnya. Untuk menerapkan cara seperti ini tentu saja harus disesuaikan dengan kemampuan pengelolaan modal. Bila anda memiliki modal yang cukup besar maka tips ini bisa dilakukan dengan cukup mudah.

3.       Jangan lupakan branding produk
Tips menjual barang secara online dengan mudah
Anda harus ingat bahwa tips menjual barang secara onlinejuga melibatkan branding dari produk itu sendiri. Branding yang dilakukan berupa penggunaan nama, logo, kemasan produk hingga elemen lain dari luas kemasan. Terlihat percuma bila anda memiliki kualitas produk yang baik namun tidak didukung dengan branding yang ideal. Mulailah dengan memilih nama untuk produk anda. Gunakan nama yang memiliki nilai jual sangat tinggi. Dukungan lain akan dikonversi melalui logo dari produk dan perusahaan anda. Branding bisa dilakukan dengan mengusung tagline yang mudah diingat oleh orang lain dan menjadi ciri khas dari jenis produk anda. Tips seperti ini akan berlaku untuk seluruh produk yang dijual dengan merek sendiri.

4.       Maksimalkan marketplace
Maksimalkan marketplace
Marketplace memang memberikan pengaruh besar pada target penjualan produk anda. Apalagi saat ini sudah banyak marketplace yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan nilai penjualan. Beberapa marketplace yang akan memberikan keuntungan bagi penjualan produk anda seperti Bukalapak, Blibli hingga Tokopedia. Masing-masing dari marketplace itu memiliki karakter pengguna atau calon pembeli yang berbeda. Tentu saja anda memiliki peluang untuk memaksimalkan seluruh marketplace. Namun, pertimbangkan juga ketentuan yang telah ditetapkan oleh masing-masing perusahaan marketplace. Hal ini biasanya berkaitan dengan jenis barang yang dijual, proses pengiriman barang hingga penggunaan rekening bersama. Keuntungan lain dari marketplace tentu saja jangkauan lapisan pengguna yang lebih luas.

5.       Mencoba platform media sosial
Mencoba platform media sosial
Anda juga memiliki peluang menawarkan atau menjual barang melalui platform media sosial. Hingga saat ini ada beberapa pilihan platform yang akan memudahkan anda untuk menjual produk itu. Misalnya saja anda bisa menggunakan layanan marketplace dari Facebook dan Instagram bisnis. Media sosial seperti ini tentu saja akan semakin mudah untuk melakukan penjualan barang. Apalagi akun anda akan terintegrasi secara langsung dengan seluruh jangkauan atau relasi pertemanan. Hal ini membuat anda bisa berkomunikasi dengan sangat mudah bila ingin menawarkan barang secara personal. Anda juga harus ingat bahwa fitur atau layanan marketplace dari media sosial itu sebaiknya tidak digunakan untuk spamming.

6.       Manfaatkan aplikasi pesan
Manfaatkan aplikasi pesan
Penawaran barang secara online juga bisa anda lakukan melalui aplikasi pesan singkat. Namun, fungsi dari aplikasi ini memang hanya untuk berkomunikasi secara personal kepada para calon pembeli. Biasanya aplikasi ini akan diintegrasikan dengan online shop atau akun marketplace yang anda gunakan. Anda bisa menggunakan layanan bisnis dari Line, Whatsapp dan BBM. Beberapa orang menganggap bahwa karakter dari pengguna layanan aplikasi pesan singkat itu sangat berbeda. Ini akan menjadi peluang yang cukup besar untuk meningkatkan pangsa pasar yang anda miliki. Salah satu fitur yang bisa anda manfaatkan yaitu penjawab pesan otomatis yang memiliki pengaturan sesuai dengan pertanyaan dari calon pembeli.

7.       Gunakan website atau toko online sendiri
Gunakan website atau toko online sendiri
Ini adalah cara yang sering digunakan para pemilik toko atau orang yang menjual produk secara online. Anda harus mulai mempertimbangkan kepemilikan dari toko online. Apalagi cara seperti ini dianggap akan memberikan kemudahan untuk menaikkan nilai jual dari produk anda. Beberapa orang juga menganggap bahwa toko online bisa dimaksimalkan untuk melakukan transaksi secara langsung melalui akun rekening perusahaan atau toko anda. Metode seperti ini terlihat sangat ideal. Apalagi ada beberapa pilihan platform yang bisa digunakan untuk membuat website atau toko online. Anda bisa menggunakan blogspot, wordpress, wix dan lainnya.

8.       Tawarkan produk di forum sesuai jenis produk
Tawarkan produk di forum sesuai jenis produk
Metode penjualan produk lain agar cepat laku dengan memanfaatkan forum online. Hingga kini anda bisa menemukan banyak forum online dengan anggota aktif yang melebihi ekspektasi anda. Bahkan, sebagian dari forum online itu memiliki layanan Jual Beli bagi para anggotanya. Cobalah memilih forum yang disesuaikan dengan kategori dari produk anda. Selain itu, manfaatkan layanan Jual Beli dari forum dan tentu saja fitur dari rekening bersama. Layanan dari forum ini akan membuat anda semakin mudah untuk menaikkan omset dalam waktu yang lebih cepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel