10 tips mudah menjalankan peluang bisnis laundry

 Bagi sebagian pebisnis pemula, usaha laundry dianggap cukup potensial untuk jangka waktu yang sangat lama. Apalagi banyak orang yang tidak memiliki waktu lebih untuk mencuci pakaian mereka sendiri. Biasanya hal ini sering anda temui pada pekerja atau pegawai kantoran di beberapa kota besar. Tentu saja ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup baik untuk dikembangkan. Apalagi untuk menjalankan bisnis ini sebenarnya anda tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Namun, anda juga harus melihat potensi pangsa pasar pada tempat yang dijadikan untuk memulai bisnis seperti ini. Letak lokasi yang sangat strategis biasanya akan memudahkan anda untuk memulai peluang bisnis laundry.
10 tips mudah menjalankan peluang bisnis laundry


10 kiat sukses untuk memulai peluang bisnis laundry
Ada beberapa hal penting yang harus anda pertimbangkan saat akan memulai bisnis laundry seperti ini. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan modal yang digunakan. Selain itu, anda juga harus menanamkan mindset bisnis yang cukup sederhana. Lakukan bisnis ini dengan baik dan terapkan manajemen profesional untuk mendapatkan kesuksesan dalam waktu yang cukup lama. Bisnis laundry yang berkembang sangat pesat tentu saja memiliki iklim kompetisi yang sangat ketat. Kondisi ini yang membuat harus berpikir keras untuk mendapatkan peluang pasar yang ideal. Berikut ini ada 10 kiat sukses untuk menjalankan peluang bisnis laundry dengan baik, seperti:
1.       Tanamkan mindset bisnis yang benar
Ini adalah hal penting dalam menjalankan potensi besar pada peluang bisnis laundry. Anda harus memulai bisnis ini dengan tidak hanya memikirkan keuntungan saja. Namun, konsep dan model bisnis juga harus dilakukan dengan baik. Apalagi bisnis seperti ini juga membutuhkan waktu untuk pengelolaan modal dan memaksimalkan peluang dari pelanggan loyal. Bisnis seperti ini memiliki beberapa konsep atau model yang bisa anda jalankan dengan sangat mudah. Penggunaan modal sebaiknya tidak menjadi beban berat yang membuat anda terus memikirkan keuntungan. Apalagi ada banyak hal yang mempengaruhi bisnis laundry bisa bertahan dalam waktu cukup lama.

2.       Tentukan model bisnis laundry yang ideal
Anda bisa membuka bisnis laundry dengan konsep kiloan atau menjadi agen dari brand jasa laundry besar. Masing-masing dari model bisnis itu memiliki ciri khas yang berbeda. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis itu juga memiliki perhitungan yang sangat berbeda. Bila anda memutuskan untuk menjalankan bisnis dengan hanya menjadi agen biasanya akan membutuhkan biaya untuk pembayaran biaya agen saja. Pengelolaan bisnis ini akan disesuaikan dengan ketentuan perusahaan itu. Namun, bila anda memilih untuk menjalankan bisnis laundry model kiloan atau dengan merek sendiri tentu saja akan membutuhkan modal yang besar. Pengelolaan model bisnis ini akan dilakukan anda sendiri dan seluruh resiko juga anda yang tanggung.

3.       Perhitungkan modal awal dengan baik
Modal untuk memulai peluang bisnis laundry seperti ini memang memberikan pengaruh cukup besar. Hal ini juga disesuaikan dengan skala bisnis yang anda jalankan. Bila anda memutuskan untuk menggunakan skala bisnis kecil dan menengah biasanya modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Modal yang anda miliki sebaiknya digunakan sebagian untuk pembelian perlengkapan. Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk usaha laundry skala kecil seperti mesin pencuci pakaian, mesin pengering, timbangan, setrika, alat pembungkus dan lainnya. Sisa modal yang anda miliki biasanya digunakan untuk keperluan mendadak saat akan menjalani bisnis ini.

4.       Tentukan pangsa pasar yang menjadi target
Tips berikut yang harus anda lakukan adalah dengan menentukan pangsa pasar yang sangat ideal. Bisnis seperti ini memiliki kompetisi yang sangat tinggi. Apalagi pada beberapa kawasan seperti kawasan perkantoran hingga kampus sudah banyak yang menjalankan bisnis ini. Anda harus menentukan pangsa pasar agar menjadi pelanggan loyal. Misalnya saja anda akan menyasar para mahasiswa. Sebaiknya tempatkan usaha laundry ini berdekatan dengan kos-kosan atau tempat tinggal mahasiswa. Cara seperti ini akan memudahkan mereka memilih jasa laundry anda.

5.       Gunakan perlengkapan berkualitas
Kualitas dari perlengkapan yang anda gunakan untuk menjalankan bisnis seperti ini biasanya memberikan pengaruh yang besar. Perlengkapan ini biasanya meliputi mesin cuci hingga mesin pengering pakaian. Semakin baik kualitas dari mesin cuci yang digunakan tentu saja hasil pencucian juga semakin baik. Ini akan menjadi penilaian dari banyak pelanggan anda. Jangan ambil resiko dengan menggunakan perlengkapan dibawah standar yang memiliki harga murah. Hal itu justru akan menjadi perusak dari rencana bisnis anda.

6.       Berikan pelayanan terbaik
Bila anda sudah mendapatkan pelanggan tetap sebaiknya berikan pelayanan terbaik. Salah satu cara yang bisa anda tawarkan tentu saja dengan menjaga dan meningkatkan kualitas dari hasil laundry. Selain itu, anda juga harus mengutamakan kebutuhan dari para pelanggan loyal ini. Misalnya saja dengan tidak mencampurkan seluruh pakaian dengan pelanggan lain. Jaga kualitas dari pelayanan ini dengan menghindari kerusakan pada pakaian milik pelanggan.

7.       Tawarkan harga yang lebih terjangkau
Penawaran harga untuk layanan jasa laundry dianggap masih menjadi pertimbangan bagi beberapa pelanggan. Untuk memulai usaha seperti ini sebaiknya anda menawarkan harga yang lebih terjangkau. Bahkan, anda juga bisa memberikan promo tertentu agar orang lain tertarik untuk mencoba jasa laundry yang ditawarkan. Biasanya selisih yang tidak terlalu banyak dari jasa laundry lain akan membuat orang lain tertarik.

8.       Buat program khusus untuk pelanggan loyal
Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan loyal coba tawarkan program khusus. Cara seperti ini biasanya dengan memberikan promo tertentu atau dengan penggunaan kartu anggota. Misalnya saja dengan menawarkan promo gratis 1 kilogram bila pelanggan anda membawa 5 kilogram pakaian kotor. Selain itu, anda juga bisa memberikan promo lain dengan memberikan layanan antar jemput untuk jarak tertentu bagi anggota. Ini adalah cara yang cukup ideal untuk menjaga loyalitas dari para pelanggan anda.

9.       Pilih skema manajemen yang ideal
Bisnis seperti ini juga membutuhkan pengelolaan manajemen yang sangat baik. Hal ini dilakukan untuk memudahkan anda menjalankan bisnis dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, anda juga bisa mempertimbangkan perekrutan pegawai atau sumber daya tambahan. Cara ini dilakukan bila kondisi dari bisnis anda sudah cukup mapan. Bahkan, anda juga bisa menerapkan cara ini untuk menjaga stabilitas dari kualitas dan mutu yang ditawarkan. Anda akan bertindak sebagai pengawas untuk menentukan arah bisnis dalam waktu yang cukup lama.

10.   Gunakan promosi konvensional dan digital
Tentu saja anda harus melalukan promosi dengan mengenalkan layanan laundry kepada orang lain yang ada di lingkungan sekitar. Penawaran promosi akan memudahkan anda mendapatkan pelanggan baru dan jangkauan yang lebih luas. Coba terapkan metode promosi dengan konsep konvensional dengan membuat brosur atau stiker. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan sosial media untuk membantu mengenalkan jasa yang anda tawarkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel