8 cara meningkatkan brand value bisnis online paling ampuh

Nilai dari sebuah merek atau sering disebut dengan brand value memiliki peranan penting dalam bisnis online. Hal ini selalu berkaitan dengan pemahaman para pengguna atau pelanggan tentang logo hingga kualitas dari produk yang ditawarkan. Hingga kini sudah banyak perusahaan maupun personal mengeluarkan biaya untuk menaikkan nilai merek dari produk milik mereka. Pemahaman yang dimiliki oleh mereka tentu saja semakin tinggi brand value dari produk itu tentu saja nilai jualnya semakin lebih baik. Kondisi ini yang membuat tidak sedikit dari mereka selalu melakukan banyak cara meningkatkan brand value bisnis online.

8 cara meningkatkan brand value bisnis online terbaik

Anda memiliki banyak peluang untuk meningkatkan brand value dari produk yang ditawarkan secara online. Bahkan, cara yang diterapkan juga tidak terlalu sulit dan membutuhkan biaya yang juga tidak besar. Tentu saja ini juga berkaitan dengan jenis dan kualitas dari produk yang anda tawarkan. Biasanya semakin baik kualitas yang anda tawarkan maka semakin mudah untuk menaikkan nilai merek dari produk itu. Selain itu, ada beberapa metode bisnis lain yang memang harus dilakukan dengan cukup cepat agar nilai brand produk itu menjadi lebih baik. Anda bisa mencoba 8 cara meningkatkan brand value bisnis online yang terdiri dari:

1.       Membuat logo dan tagline produk
8 cara meningkatkan brand value bisnis online paling ampuh
Logo menjadi salah satu elemen penting dari cara meningkatkan brand value bisnis online. Setiap produk yang anda jual dan tawarkan dengan skema online sebaiknya didukung dengan logo. Desain dan bentuk dari logo akan menjadi representasi bisnis online yang anda jalankan. Apalagi bila anda menggunakan logo yang memiliki filosofi tertentu biasanya akan semakin cepat menaikkan nilai merek. Tambahkan juga tagline dari produk atau bisnis online yang dijalankan. Kolaborasi kedua elemen ini biasanya ditempatkan di beberapa media atau kemasan produk. Cobalah gunakan logo unik agar mudah diingat oleh orang lain.

2.       Terus meningkatkan kualitas produk
cara meningkatkan brand value bisnis online paling ampuh
Cara lain yang harus anda lakukan agar nilai merek menjadi lebih baik tentu saja dengan meningkatkan kualitas produk. Ini adalah cara yang paling umum harus anda lakukan. Masih banyak orang yang mungkin meragukan kualitas dari produk yang dijual secara online. Padahal, bila anda menawarkan produk dengan kualitas terbaik biasanya reward yang anda terima juga berkaitan dengan review dan feedback. Cobalah anda melakukan peningkatkan kualitas produk dengan menerapkan sistem quality control yang terus ditingkatkan. Cara seperti ini memang memberikan pengaruh yang sangat besar untuk perkembangan bisnis online dalam waktu yang cukup lama.

3.       Gunakan kemasan produk dengan karakter khusus
8 cara meningkatkan brand value bisnis online yang ampuh
Pilihan lain dari cara meningkatkan brand value bisnis online melalui penggunaan kemasan dari produk. Beberapa orang masih menganggap bahwa kemasan dari produk yang dijual online akan mencerminkan kualitas yang didapat. Hal ini harus anda perhitungkan dengan menerapkan kemasan yang cukup berbeda dibandingkan para pesaing produk anda. Misalnya saja dengan menggunakan bahan daur ulang sebagai bagian dari material untuk kemasan produk itu. Cara seperti ini juga akan menaikkan nilai merek anda karena produk yang ditawarkan memiliki tampilan yang berbeda. Bahkan, kemasan yang anda gunakan akan menjadi ciri khas dari produk itu sendiri. Jangan lupa untuk menempelkan logo dari kemasan yang anda gunakan.

4.       Memanfaatkan website online
cara meningkatkan brand value bisnis online yang ampuh
Bisnis online yang anda jalankan akan membutuhkan media khusus yang menampilkan seluruh informasi berkaitan dengan produk. Cobalah mulai dengan menjadikan website sebagai media yang menawarkan berbagai pilihan produk dan katalog lainnya. Website ini bisa menjadi sarana untuk memudahkan banyak calon pelanggan anda dalam memilih produk yang diinginkan. Beberapa bisnis online yang sudah profesional juga menerapkan media ini sebagai sarana online shop sekaligus untuk melakukan transaksi. Biasanya website ini memiliki integrasi dengan sistem pembayaran khusus. Tampilan website online secara profesional seperti itu juga memudahkan anda untuk menaikkan nilai merek dengan cukup cepat.

5.       Menawarkan layanan after sale
8 cara meningkatkan brand value bisnis online yang paling ampuh
Pelayanan juga bisa menjadi elemen penting dalam meningkatkan nilai merek yang anda butuhkan. Salah satu metode pelayanan yang bisa anda berikan dengan menawarkan after sala. Layanan seperti ini akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi para pelanggan yang sudah melakukan pemesanan produk. Anda bisa menawarkan penukaran produk atau penggantian bila pemesanan untuk pelanggan mengalami masalah tertentu. Bila anda menawarkan after sale dengan skala waktu yang cukup cepat maka produk anda juga memiliki nilai tambah di mata para pelanggan. Hal ini juga akan berkaitan dengan kualitas produk yang anda tawarkan kepada mereka. Tentu saja ini akan berkaitan dengan metode komunikasi yang dilakukan.

6.       Menampung seluruh feedback
cara meningkatkan brand value bisnis online yang paling ampuh
Setiap pelanggan selalu memiliki saran dan cara pandang sendiri dalam menilai produk yang anda tawarkan. Cobalah tampung seluruh saran atau feedback yang ingin disampaikan kepada anda. Cara seperti ini bisa dilakukan dengan memberikan kontak email atau dengan menampilkan halaman khusus yang memiliki form untuk menampung seluruh feedback. Semakin banyak feedback yang anda dapatkan sebenarnya sangat menguntungkan. Feedback itu akan menjadi evaluasi dalam melakukan peningkatan pelayanan hingga pembaruan produk dalam jangka waktu yang sangat lama. Feedback ini juga bisa anda gunakan untuk melakukan rencana jangka panjang untuk metode bisnis online yang anda lakukan.

7.       Melakukan pembaruan produk secara berkala
tips cara meningkatkan brand value bisnis online yang paling ampuh
Setiap produk yang anda jual secara online harus memiliki pembaruan secara berkala. Anda harus ingat bahwa persaingan bisnis online saat ini semakin ketat dengan munculnya banyak kompetitor dengan produk terbaru. Anda harus memaksimalkan peluang ini agar nilai merek anda juga tidak turun. Lakukan pembaruan produk dengan menampilkan desain hingga penggunaan bahan baku yang berbeda. Bahkan, pembaruan ini juga melibatkan tambahan fungsi dari produk yang anda jual. Semakin sering anda menawarkan produk terbaru dengan tampilan yang berbeda tentu saja orang lain juga semakin tertarik. Hal ini yang membuat nilai merek dari produk anda akan semakin meningkat. Pembaruan produk ini juga akan menguntungkan anda dari segi ekonomis.

8.       Menerapkan digital marketing
tips cara meningkatkan brand value bisnis online paling ampuh
Cara paling mudah untuk meningkatkan nilai merek dari produk yang anda jual mungkin dengan menerapkan digital marketing. Hal ini sering menjadi pilihan utama bagi banyak perusahaan atau personal bisnis. Namun, anda juga harus ingat bahwa cara ini membutuhkan biaya yang disesuaikan dengan metode. Bila bisnis online anda memang sudah memiliki anggaran khusus untuk menerapkan digital marketing maka hal itu akan semakin mudah untuk dilakukan. Digital marketing akan berkaitan dengan banyak platform seperti media sosial dan adsense. Metode beriklan ini akan menampilkan seluruh produk atau logo dari bisnis online anda. Skema yang dijalankan juga melibatkan demografi yang disesuaikan dengan target calon pelanggan. Sebagian orang menganggap digital marketing juga bisa membantu anda menjangkau target yang lebih luas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel