8 cara promosi online dengan google yang gratis hingga berbayar

Google merupakan salah satu layanan internet yang menawarkan banyak kemudahan dari pencarian informasi. Apalagi hingga kini sudah banyak produk Google yang menjadi bagian penting dari kehidupan sosial hingga pekerjaan profesional. Hal ini yang bisa menjadi pertimbangan bagi anda untuk memanfaatkan berbagai layanan dan platform dari Google untuk melakukan promosi online. Apalagi ada beberapa pilihan layanan yang tersedia secara gratis dan berbayar dengan fitur yang melimpah. Masing-masing dari platform itu juga akan memberikan dampak besar terhadap promosi online yang anda lakukan dalam durasi tertentu. Tidak ada salahnya bagi anda untuk menggunakan seluruh rekomendasi dari promosi online dengan google.

Cara gratis promosi online dengan google

Anda bisa memulai promosi online melalui seluruh layanan Google secara gratis. Ada beberapa produk atau layanan Google yang dianggap akan memudahkan anda untuk melakukan promosi. Jangan khawatir karena layanan ini tersedia secara gratis dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Google. Hal yang harus anda perhitungkan tentu saja seluruh layanan ini bisa digunakan secara bersamaan untuk mendapatkan dampak yang lebih maksimal. Anda juga harus menyesuaikan bisnis produk atau jasa yang anda tawarkan terhadap skema dari layanan itu. Berikut ini ada 5 promosi online dengan google yang bisa digunakan secara gratis dan mudah, seperti:

1.       Layanan keyword planner
8 cara promosi online dengan google yang gratis hingga berbayar
Ini adalah salah satu dari layanan yang akan membantu anda untuk promosi online dengan google. Layanan ini memberikan kemudahan untuk menentukan pilihan keyword atau kata kunci khusus yang bisa disesuaikan dengan bisnis anda. Kata kunci itu bisa dijadikan sebagai bagian dari konten yang berkaitan dengan promosi atau produk yang ditawarkan. Rincian data yang berkaitan dengan kata kunci ini akan memudahkan anda untuk mempertimbangkan penggunaan dari banyak bidang. Data yang diberikan biasanya terdiri dari hasil pencarian pada waktu tertentu hingga kompetisi masing-masing dari keyword yang digunakan. Anda harus memilih kata kunci dengan kompetisi rendah agar posisi promosi anda berada di urutan teratas.

2.       Blog gratis dengan Blogspot
cara promosi online dengan google yang gratis hingga berbayar
Google memiliki layanan blog gratis yaitu Blogspot. Layanan ini juga bisa membantu anda untuk melakukan promosi secara online. Anda bisa memulainya dengan membuat blog khusus yang berisi tentang seluruh konten berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Bila konten itu memiliki banyak pengunjung melalui search engine hal ini tentu saja akan menjadi keuntungan berlipat. Tambahkan juga iklan banner dari halaman konten yang memiliki banyak pengunjung. Iklan banner itu biasanya berkaitan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. Semakin sering anda memposting konten berkaitan dengan promosi maka orang lain akan semakin mudah mengerti tentang produk anda.

3.       Layanan video sharing dari Youtube
8 cara promosi online dengan google yang gratis
Rekomendasi produk dan layanan dari Google lainnya yang akan membantu anda dalam mempromosikan secara online yaitu Youtube. Layanan video sharing ini bisa menjadi salah satu bagian penting untuk melakukan promosi. Layanan ini tersedia secara gratis dan anda bisa memanfaatkan banyak fitur lain. Cara pengelolaan dari akun Youtube juga dianggap sangat mudah. Anda bisa melakukan promosi dengan mengupload beberapa video yang berkaitan produk anda. Misalnya saja dengan memberikan video tips atau video promosi secara langsung. Cara seperti ini dianggap sangat efektif apabila konten video tentang promosi produk anda memiliki tampilan visual yang unik dan menarik.

4.       Pendaftaran Google Bisnis
cara promosi online dengan google yang gratis
Layanan Google Bisnis juga akan membantu anda untuk melakukan promosi dengan sangat mudah. Layanan seperti ini bisa dilakukan secara gratis dengan memberikan input tentang data dari bisnis yang anda jalankan. Layanan ini dianggap memudahkan banyak pengguna yang ingin mendapatkan informasi tentang produk yang anda jual, alamat website resmi, alamat usaha hingga nomor kontak yang bisa dihubungi. Seluruh rincian data seperti ini akan muncul di halaman utama dari mesin pencari Google. Pada saat pengguna internet memasukkan kata kunci utama maka seluruh rincian bisnis beserta foto akan keluar di bagian sisi khusus. Tentu saja ini akan menarik perhatian sekaligus membuat orang lain tertarik tentang produk anda.

5.       Menggunakan Gmail
cara promosi online dengan google gratis
Google memiliki layanan email yang bisa digunakan secara gratis yaitu Gmail. Layanan ini akan membantu anda untuk mengelola berbagai konten atau fitur yang dibutuhkan dalam pengiriman file hingga promosi. Salah satu keuntungan dari menggunakan layanan ini adalah bisa mengirimkan email kepada calon klien dengan metode promosi. Seluruh konten dari email tentu saja akan dikirim secara gratis tanpa biaya apapun. Namun, anda juga harus mengikuti ketentuan yang diberikan oleh Google untuk menghindari report spam dari setiap email yang dikirimkan. Email ini juga bisa anda gunakan untuk mengirimkan katalog tentang produk terbaru yang anda miliki kepada pelanggan loyal.

Layanan berbayar untuk promosi online dengan google
Google juga memberikan rekomendasi cara promosi lain melalui produknya. Promosi online dengan cara berbayar yang diterapkan oleh Google seperti ini memang cukup menguntungkan. Untuk menerapkan metode promosi seperti ini sebaiknya disesuaikan dengan modal yang anda miliki. Semakin besar modal untuk beriklan maka anda juga bisa mengunakan lebih banyak layanan promosi berbayar dari Google. Berikut ini ada 3 promosi online dengan google yang bisa dilakukan secara berbayar dan memiliki dampak sangat besar, terdiri dari:

1.       Google Adsense
cara Gratis promosi online dengan google
Anda memiliki kesempatan untuk melalukan promosi online dengan google secara berbayar melalui Adsense. Layanan iklan berbayar ini memang menjadi bagian penting dari banyak pelaku bisnis. Anda bisa menampilkan konten iklan dengan Adsense sesuai dengan seluruh produk yang ditawarkan. Seluruh iklan ini akan disesuaikan dengan pengaturan yang anda butuhkan. Misalnya saja iklan adsense itu akan muncul di beberapa blog yang memiliki kata kunci dari konten yang hampir mirip dengan produk anda. Selain itu, iklan ini juga muncul berdasarkan cache hingga cookies dari browser pengguna internet yang mengakses blog atau layanan Google lainnya.

2.       Google Adwords
8 cara promosi online dengan google berbayar
Rekomendasi lain dari iklan berbayar adalah Google Adwords. Layanan seperti ini memang berkaitan dengan seluruh konten iklan yang akan muncul di mesin pencari Google. Anda bisa melakukan pengaturan terhadap demografi yang disesuaikan dengan kata kunci hingga target khalayak. Hal ini akan memudahkan iklan itu muncul untuk pada saat pengguna melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu. Iklan itu biasanya muncul di bagian paling atas mesin pencari.

3.       Layanan iklan berbayar untuk Youtube
cara promosi online dengan google berbayar
Youtube juga memberikan kemudahan anda untuk melakukan promosi online secara berbayar. Iklan yang ada Youtube memang berasal dari pengaturan Google Adsense. Iklan dari layanan ini akan memiliki format video atau survey. Selain itu, Youtube juga menyediakan tambahan slot iklan lain di bagian bawah dari video.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel