8 cara promosi online shop di facebook paling efektif

Bisnis online shop masih membutuhkan metode promosi untuk terus meningkatkan penjualan produk. Saat ini ada banyak skema atau metode promosi yang bisa dilakukan. Sebagian dari promosi itu dianggap bisa diterapkan secara gratis atau tidak berbayar. Namun, anda juga bisa melakukan promosi berbayar dengan melibatkan platform tertentu. Salah satu platform yang membantu anda dalam promosi online shop mungkin dengan menggunakan Facebook. Platform media sosial ini memberikan banyak fitur yang bisa digunakan untuk promosi. Jangkauan yang luas menjadi salah satu alasan menggunakan Facebook sebagai platform promosi. Anda juga memiliki berbagai pilihan cara promosi online shop di facebook yang sangat ideal.

8 cara promosi online shop di facebook yang menguntungkan

Anda memiliki banyak peluang untuk melakukan promosi dengan sangat mudah melalui Facebook. Berbagai fitur bisa digunakan secara gratis. Namun, ada juga layanan promosi yang bisa anda pertimbangkan dengan cara berbayar. Semakin banyak fitur yang digunakan untuk melakukan promosi tentu saja akan memberikan keuntungan yang lebih banyak untuk anda. Hal ini juga akan mempengaruhi penjualan produk dari online shop anda. Tentu saja anda harus mempertimbangkan ketentuan dan kebijakan yang dimiliki oleh Facebook. Berikut ini ada 8 cara promosi online shop di facebook yang bisa anda lakukan, seperti:

1.       Mulai membuat akun fanpage
8 cara promosi online shop di facebook paling efektif
Salah satu dari cara promosi online shop di facebook yang paling ideal adalah dengan memulai membuat akun fanpage. Fitur dan layanan dari Facebook ini akan memudahkan anda untuk membagikan banyak status atau informasi promosi yang berkaitan dengan produk anda. Bahkan, Facebook juga menyarankan bagi pebisnis untuk menggunakan fanpage agar semakin mudah untuk menjangkau pengguna facebook lainnya. Ada banyak fitur dari fanpage yang akan membantu kegiatan promosi anda. Tentu saja anda juga bisa membagikan informasi terbaru melalui kolom yang telah disediakan atau mencoba menawarkan secara personal melalui fitur messaging. Berbagai fitur konten juga bisa anda bagikan dengan mudah.

2.       Mencantumkan informasi online shop di deskripsi
cara promosi online shop di facebook paling efektif
Cara lain yang bisa anda gunakan untuk melakukan promosi online shop dengan memberikan informasi lengkap. Ini bisa anda lakukan dengan menggunakan akun personal atau fanpage. Facebook menyediakan berbagai kolom yang bisa anda isi dengan informasi penting yang berkaitan dengan online shop anda. Beberapa informasi itu biasanya terdiri dari alamat web dari online shop, waktu operasional, alamat lengkap hingga no telepon yang bisa dihubungi. Deskripsi alamat ini dianggap akan mempengaruhi tingkat kepercayaan orang lain yang mengakses akun Facebook anda. Semakin lengkap informasi yang diberikan maka orang lain juga akan semakin percaya kepada penawaran produk.

3.       Membagikan status fanpage tentang promo
cara promosi online shop di facebook
Anda harus memanfaatkan berbagai fitur dari fanpate untuk memaksimalkan cara promosi online shop di facebook. Layanan fanpage pada facebook bisa anda gunakan untuk membagikan seluruh informasi tentang promo melalui kolom status. Facebook tidak memberikan batasan karakter untuk menggunakan layanan ini. Tentu saja anda harus memberikan informasi itu secara rinci dan jelas dengan karakter terbatas. Hal ini dilakukan agar para pengguna facebook atau followers anda tidak bosan untuk membaca seluruh informasi yang berkaitan dengan promosi. Lakukan pembagian status informasi tentang promosi dari online shop anda secara berkala. Ini akan memberikan keuntungan yang maksimal bagi anda dan menambah jumlah followers dari fanpage facebook anda.

4.       Posting berbagai konten video dan foto terkait produk
8 cara promosi online shop di facebook yang efektif
Gunakan fitur lain untuk memaksimalkan penjualan produk dari online shop anda. Fitur itu berkaitan dengan seluruh konten foto dan video yang diposting dengan sangat mudah. Manfaatkan layanan ini untuk membagikan banyak foto produk yang anda jual melalui online shop. Untuk menarik perhatian cobalah membagikan konten foto dari produk yang menjadi bagian dari promosi anda. Selain itu, tampilkan juga video yang berkaitan dengan produk online shop anda. Video seperti ini biasanya akan berupa review atau unboxing dari produk yang ditawarkan. Buatlah konsep grafis yang menarik dari setiap konten foto dan video yang dibagikan.

5.       Melakukan personal promo
8 cara promosi online shop
Keuntungan dari memiliki fanpage Facebook dengan jumlah followers tentu saja akan memudahkan promosi. Layanan fanpage seperti ini bisa anda gunakan untuk melakukan personal promo. Cara yang dilakukan adalah dengan menghubungi satu per satu dari pelanggan loyal anda melalui fitur messaging. Cobalah tawarkan berbagai produk terbaru atau promo khusus agar pelanggan loyal anda mendapatkan reward yang lebih baik. Namun, Facebook memiliki ketentuan tentang pengiriman pesan melalui fitur ini. Anda harus menentukan beberapa pelanggan yang dianggap sangat loyal. Sehingga pesan personal promo yang dikirimkan juga tidak terlalu berlebihan. Ini juga dilakukan untuk menghindari report spam dari akun fanpage anda.

6.       Mengikuti berbagai grup
8 cara promosi online shop di FB paling efektif
Cara promosi lain yang bisa anda lakukan untuk menawarkan produk online shop adalah dengan mengikuti banyak grup. Hingga kini sudah banyak grup yang memiliki berbagai anggota aktif di seluruh dunia. Anda bisa menjadi anggota aktif dari grup itu dengan menyesuaikan karakter dan visi dari grup. Hal ini dianggap sangat ideal untuk menawarkan banyak produk kepada anggota di grup itu. Anda juga harus ingat bahwa setiap grup memiliki peraturan yang berbeda. Ikuti seluruh aturan agar anda semakin mudah untuk melakukan promosi. Cobalah cari grup yang memiliki karakter sama atau sesuai dengan jenis produk dari online shop anda.

7.       Mencoba gimmick
cara promosi online shop di FB paling efektif
Anda memiliki kesempatan untuk melakukan giveaway atau produk dari online shop secara gratis. Keuntungan dari melakukan cara ini agar mendapatkan jumlah followers yang lebih banyak hingga mendapatkan jangkauan promosi tentang brand yang lebih luas. Mulailah dengan memberikan informasi giveaway dan membuat aturan sederhana. Misalnya saja setiap pengguna facebook yang ingin mengikuti kontes ini harus Like Fanpage dan memberikan komen berkaitan dengan review dari produk online shop anda. Pemenang dari kontes ini bisa saja dengan komentar terbaik yang berkaitan dengan kualitas dan review produk itu. Biasanya cara ini juga dilakukan untuk mengenalkan produk terbaru.

8.       Gunakan layanan berbayar Facebook
cara promosi online shop di FB yang efektif
Facebook memudahkan para pengguna yang ingin melakukan promosi dengan layanan berbayar. Cara seperti ini memang akan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Namun, anda dianggap akan memiliki target khalayak yang sesuai dengan karakter produk pada online shop anda. Cara promosi berbayar seperti ini dianggap memudahkan anda untuk memunculkan iklan sesuai demografi yang diinginkan. Tampilan iklan juga bisa anda sesuaikan melalui konten yang unik dan menarik. Facebook memberikan pengaturan yang diterapkan sesuai dengan keinginan anda juga. Misalnya saja dengan memunculkan iklan pada beberapa akun yang berada di wilayah tertentu saja. Hal ini akan memberikan kemudahan untuk menjangkau banyak wilayah lain.

0 Response to "8 cara promosi online shop di facebook paling efektif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel