8 ide untuk mempromosikan produk bisnis online

Berbagai produk yang ditawarkan secara online akan membutuhkan metode promosi yang berbeda. Skema yang dilakukan juga disesuaikan dengan target khalayak hingga jenis dari produk itu sendiri. Semakin unik penawaran yang dilakukan melalui skema online tentu saja akan memudahkan anda untuk mendapatkan profit atau keuntungan yang lebih besar. Ada banyak elemen penting yang bisa diterapkan agar produk bisnis online dapat dikenal oleh target yang luas. Penggunaan platform online yang berbeda menjadi pilihan utama. Semakin banyak anda menggunakan platform online biasanya akan memberikan pengaruh besar terhadap penjualan. Saat ini anda bisa melakukan kolaborasi banyak ide untuk mempromosikan produk bisnis online.

8 ide untuk mempromosikan produk bisnis online yang ideal
Anda memiliki banyak kesempatan untuk melakukan promosi terhadap seluruh produk dari bisnis online. Apalagi saat ini ada banyak platform yang bisa digunakan dengan sangat mudah agar jangkauan target menjadi lebih luas. Masing-masing dari platform itu juga bisa terintegrasi satu dengan lainnya. Selain itu, anda juga bisa memantau seluruh skema bisnis yang dijalankan dalam waktu yang cukup lama. Cobalah anda menggunakan banyak metode atau skema promosi yang berbeda agar hasil yang didapat juga lebih maksimal. Beberapa pilihan dari ide untuk mempromosikan produk bisnis online yang bisa anda gunakan seperti:

1.       Menggunakan website profesional
8 ide untuk mempromosikan produk bisnis online
Ini adalah salah satu dari ide untuk mempromosikan produk bisnis online yang paling sering dilakukan. Website dianggap memiliki peranan penting untuk melakukan promosi berbagai produk. Apalagi saat ini ada banyak pilihan platform yang bisa digunakan dengan berbagai fitur yang cukup ideal. Tentu saja fungsi dari website seperti ini hampir sama seperti online shop. Tampilan dan desain profesional menjadi bagian penting untuk diterapkan secara menyeluruh. Anda juga harus mempertimbangkan integrasi metode pembayaran yang diterapkan untuk produk itu. Hal ini dilakukan untuk memudahkan transaksi pembelian secara langsung dari website. Rincian informasi berkaitan dengan bisnis dan produk harus ditampilkan secara menyeluruh. Ini untuk memberikan kesan profesional dan menaikkan nilai merek dari produk yang anda tawarkan.

2.       Mencoba platform Facebook
Mencoba platform Facebook
Mungkin anda bisa mencoba untuk menggunakan platform media sosial untuk membantu promosi berbagai produk. Hingga kini sudah banyak pilihan platform media sosial yang bisa digunakan dengan sangat mudah. Salah satunya adalah Facebook dengan berbagai layanan yang menarik. Anda bisa menggunakan banyak layanan Facebook seperti akun personal, fanpage hingga marketplace untuk menawarkan banyak produk sekaligus. Penggunaan media sosial seperti ini dianggap akan memudahkan anda untuk menjangkau target yang lebih luas. Apalagi facebook juga memiliki fitur chat yang membuat interaksi dengan calon pelanggan menjadi lebih intens. Layanan marketplace pada Facebook juga akan membantu anda untuk menjual produk dengan sangat cepat.

3.       Promosi lewat Instagram
Promosi lewat Instagram
Ide untuk mempromosikan produk bisnis online lainnya adalah dengan memanfaatkan Instagram. Platform media sosial ini memiliki pengguna yang terus berkembang dan meningkat jumlahnya. Hal itu akan menjadi peluang besar bagi anda untuk melakukan promosi dengan sangat mudah. Apalagi fitur dari Instagram juga dianggap akan memudahkan untuk menawarkan banyak produk sekaligus. Platform media sosial ini memang lebih mengutamakan tampilan video dan foto. Anda bisa menggunakan caption hingga fitur hashtag agar foto produk itu menjangkau lebih banyak pengguna lagi. Beberapa fitur dan layanan lain yang bisa digunakan seperti Instastory, Intagram Live, Instagram bisnis dan lainnya.

4.       Promosi melalui content SEO
Promosi melalui content SEO
Content SEO dianggap menjadi bagian penting untuk melakukan promosi secara online. Anda bisa memanfaatkan konten seperti ini untuk mengenalkan seluruh produk. Biasanya konten ini bersifat review atau ulasan. Seluruh konten akan dipublish melalui blog, website bisnis hingga berbagai publisher lainnya. Anda bisa membuat konten tertentu dengan jumlah cukup banyak dan menempatkan berbagai kata kunci berkaitan dengan produk yang anda tawarkan. Setelah itu, konten itu selanjutnya diposting secara berkala. Semakin sering anda memposting konten SEO itu maka posisi kata kunci dan pencarian dari produk anda akan memiliki peringkat yang baik di mesin pencari seperti Google dan Bing.

5.       Promosi lewat video sharing Youtube
Promosi lewat video sharing Youtube
Skema promosi ideal yang bisa anda lakukan mungkin dengan menggunakan Youtube. Layanan video sharing ini akan membantu mengenalkan dan mempromosikan produk dengan cara yang unik. Salah satunya dengan membuat video yang berkaitan dengan produk itu. Video ini bisa berupa review atau unboxing. Namun, anda juga bisa menggunakan konsep video tutorial tentang produk itu. Misalnya saja anda menawarkan berbagai pilihan produk fashion berupa aksesoris. Anda bisa membuat video tutorial untuk melakukan mix and match dari aksesoris yang akan digunakan pada acara tertentu. Hal yang harus anda ingat tentu saja dengan membuat video yang menarik dan unik agar orang lain juga terkesan dan mencoba produk anda.

6.       Memanfaatkan semua platform Google
Memanfaatkan semua platform Google
Google menjadi salah satu platform teknologi internet yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Ada beberapa layanan Google yang akan membantu anda untuk mempromosikan produkl bisnis. Beberapa diantaranya seperti Google Bisnis, Google adwords, Google Keyword Planner dan lainnya. Salah satu layanan yang paling mudah untuk diterapkan pada metode promosi ini adalah Google Bisnis. Layanan ini akan memberikan informasi penting berkaitan dengan bisnis online anda. Rincian ini akan melibatkan detail dari alamat bisnis, jam operasional, kontak yang bisa dihubungi, alamat website dan lainnya. Informasi bisnis ini akan muncul saat pengguna internet melakukan pencarian melalui kata kunci yang sesuai dengan produk anda.

7.       Mencoba iklan berbayar Facebook
Mencoba iklan berbayar Facebook
Metode promosi untuk bisnis online bisa anda lakukan dengan cukup maksimal dengan skema berbayar. Salah satu pilihan promosi berbayar yang bisa dioptimalkan dengan menggunakan iklan berbayar dari Facebook. Metode seperti ini memang sering menjadi pilihan utama untuk skala bisnis yang cukup besar. Layanan ini memiliki pengaturan yang akan memudahkan agar akses dan jangkauan terhadap target yang diinginkan semakin luas. Selain itu, anda juga bisa menentukan demografi tertentu sesuai dengan karakter dari produk anda. Cara seperti ini dilakukan untuk memudahkan penjualan produk atau promosi. Iklan promosi yang muncul biasanya berupa halaman fanpage atau iklan yang sesuai dengan kebijakan Facebook.

8.       Menggunakan iklan berbayar dari Google
Menggunakan iklan berbayar dari Google
Google juga menawarkan layanan iklan berbayar melalui Google Adwords dan Google Adsense. Layanan iklan seperti ini sebenarnya hampir sama dengan lainnya. Namun, iklan ini hanya muncul pada seluruh layanan dan fitur dari Google saja. Anda bisa beriklan di Google Search atau publisher yang bekerja sama dengan Google Adsense. Metode penerapan iklan juga menggunakan pengaturan sistem yang cukup ideal. Anda bisa menentukan demografi atau rincian target sesuai dengan lokasi atau karakter tertentu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel