8 tips membuat konten kreatif di Youtube yang harus dicoba

Hingga kini Youtube menjadi salah satu platform video sharing yang bisa digunakan sebagai elemen bisnis online. Para pembuat konten atau disebut dengan Youtuber berlomba-lomba membuat konten kreatif agar jumlah viewers dan subscriber terus bertambah. Hal ini bertujuan agar penghasilan dari konten ini juga terus meningkat. Semakin kreatif dan unik dari konten yang ditampilkan pada Youtube maka itu akan memberikan pengaruh terhadap channel dari konten itu. Kondisi ini yang membuat anda juga bisa menjadi pembuat konten yang unik dan menarik. Namun, diperlukan beberapa tips membuat konten kreatif di Youtube agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

8 tips membuat konten kreatif di Youtube yang mudah dilakukan

Sebenarnya membuat konten yang kreatif untuk Youtube bisa dilakukan dengan cukup mudah. Tentu saja anda harus memiliki ide atau konsep awal yang bisa diterapkan dengan banyak elemen lainnya. Mulailah dengan mencoba membuat konten berbahasa Indonesia atau dengan menampilkan diri sendiri sebagai host dari channel. Hal ini sering dilakukan para vlogger pemula atau profesional agar menampilkan interaksi dengan para subscriber. Selain itu, pilihan topik atau tema dari konten itu juga harus berbeda dengan channel lainnya. Ini dilakukan agar orang lain juga bisa menjadi subscriber dan melihat konten. Mungkin anda bisa mempertimbangkan 8 tips membuat konten kreatif di Youtube yang terdiri dari:

1.       Menentukan tema atau topik konten
8 tips membuat konten kreatif di Youtube yang harus dicoba
Ini adalah tips membuat konten kreatif di Youtube yang harus dipertimbangkan dengan sangat baik. Anda harus memulai dengan menentukan tema atau topik konten yang unik dan berbeda. Hingga kini sudah banyak pilihan tema atau konten yang bisa digunakan sebagai acuan untuk membuat konten video. Beberapa diantaranya seperti konten tips, review, cover lagu, game, how to, traveling, kuliner dan lainnya. Masing-masing dari topik atau tema konten itu tentu saja harus disajikan dengan berbeda dari banyak channel lainnya. Topik populer lainnya yang bisa anda perhitungkan dengan membuat konten vlogging. Tema atau topik seperti itu juga dianggap memiliki basis masa yang berbeda.

2.       Buatlah konten dengan model listicle
tips membuat konten kreatif di Youtube yang harus dicoba
Tips lainnya yang bisa anda jadikan sebagai referensi adalah dengan membuat konten yang memiliki model listicle atau daftar terbaik/terburuk. Biasanya konsep seperti ini dilakukan untuk tema review, traveling, informasi menarik, game dan lainnya. Hal yang harus dipersiapkan dalam membuat konten seperti ini tentu saja basis data yang valid. Anda harus melakukan survey atau riset terhadap data yang dibutuhkan untuk membuat konten dengan model listicle. Hindari penggunaan data yang hanya berdasarkan asumsi. Bahkan, anda juga bisa menampilkan sumber data yang digunakan pada kolom deskripsi di setiap video. Semakin lengkap data untuk konten itu tentu saja akan semakin mudah untuk dipahami.

3.       Mencoba vlogging
8 tips membuat konten kreatif di Youtube
Tips membuat konten kreatif di Youtube adalah dengan vlogging. Cara seperti ini sering dilakukan oleh banyak conten creator Youtube pemula. Sebenarnya konsep konten seperti ini memang mudah ditemukan lewat Youtube. Apalagi ada banyak konten yang mengambil konsep yang menampilkan pemilik channel sebagai host. Salah satu alasan penggunaan dari konsep seperti ini tentu saja pembuatan yang cukup mudah hingga tidak memerlukan perlengkapan yang berlebihan. Bahkan, anda juga bisa membuat konten dengan topil vlogging hanya dengan bantuan smartphone yang memiliki spesifikasi kamera terbaik. Hal yang diingat tentu saja penyampaian dan topik konten yang akan digunakan harus menarik.

4.       Gunakan pengisi suara dengan artikulasi jelas
tips membuat konten kreatif di Youtube
Sebagian dari konten yang dipublikasikan di Youtube akan menggunakan pengisi suara. Biasanya konten seperti ini bersifat informasi atau listicle. Masing-masing content creator akan menggunakan konsep pengisi suara yang berbeda. Mungkin anda bisa menggunakan pengisi suara dengan karakter formal. Contoh dari pengisi suara seperti ini bisa anda dapatkan dari berbagai acara di televise. Karakter yang unik dan menarik dari suara yang diberikan untuk video itu juga bisa dilakukan. Apalagi semakin menarik dan unik dari suara di video maka itu akan menjadi ciri khas dari channel anda. Tentu saja perhatikan juga diksi dan artikulasi dari setiap penyampaian konten untuk video itu.

5.       Perhitungkan durasi
8 tips cara membuat konten kreatif di Youtube
Anda harus tahu bahwa tidak seluruh penikmat Youtube melihat video dengan durasi yang terlalu panjang. Kadang-kadang konten dengan durasi yang terlalu panjang akan sangat membosankan. Perhitungkan juga dengan kebijakan dari Youtube untuk durasi yang harus dimiliki untuk sebuah konten. Idealnya sebuah video di Youtube akan memiliki durasi sekitar 4-7 menit. Bahkan, beberapa webseries saat ini dengan konten dan cerita yang menarik juga akan melakukan pembatasan durasi. Sebagian dari content creator menganggap bahwa hal ini cukup menguntungkan karena tidak harus melakukan berbagai editing yang berlebihan. Namun, anda juga bisa menampilkan durasi yang lama sesuai dengan topik tertentu seperti gaming atau review.

6.       Gaya penyampaian yang unik dan berbeda
tips cara membuat konten kreatif di Youtube
Cobalah tampilkan gaya penyampaian yang unik dan berbeda dibandingkan channel lainnya. Hal ini bisa anda lakukan dari video pembuka seperti bumpering atau penggunaan audio. Masing-masing dari elemen untuk video seperti ini akan menjadi bagian penting terhadap keinginan dari viewers. Biasanya beberapa vlogger akan menjadikan tips ini sebagai elemen utama. Beberapa tema vlogging yang membutuhkan gaya penyampaian unik seperti traveling, kuliner, review dan gaming. Anda memang harus dituntut untuk tampil dengan gaya yang berbeda pada setiap video. Ini dilakukan agar para viewers dan subscriber tidak bosan untuk melihat video dalam durasi yang cukup panjang.

7.       Gunakan thumbnail unik
8 cara membuat konten kreatif di Youtube
Salah satu elemen yang mempengaruhi orang lain untuk melihat video di Youtube adalah Thumbnail atau gambar ringkasan. Thumbnail seperti ini bisa anda dapatkan dari potongan video yang tampil secara otomatis atau dengan menyesuaikan detik tertentu. Selain itu, Youtube juga memberikan kesempatan bagi anda untuk menggunakan tema atau rincian Thumbnail sendiri yang diposting melalui gambar. Cobalah membuat thumbail yang unik dan kreatif. Bahkan, anda juga bisa membuat editing gambar dari thumbnail dengan menambahkan emoji atau karakter kartun tertentu. Tentu saja penggunaan dari thumbnail ini akan disesuaikan dengan kebijakan Youtube.

8.       Buat judul unik hingga clickbait
cara membuat konten kreatif di Youtube
Mulailah dengan memperhatikan judul dari konten video yang anda posting. Semakin menarik judul dari video itu biasanya akan membuat orang lain penasaran. Judul seperti ini bisa menggunakan karakter tulisan biasa atau dengan simbol tertentu. Beberapa orang mungkin senang dengan judul singkat. Namun, tidak ada salahnya bagi anda untuk membuat judul clickbait yang biasanya terlihat sangat panjang. Tentu saja judul itu harus sesuai dengan konten video. Hindari penggunaan judul berlebihan atau cenderung Hoax agar tidak bertentangan dengan kebijakan dari Youtube.

8 tips membuat konten kreatif di Youtube yang harus dicoba