8 tips membuat konten kreatif di Instagram yang wajib dicoba

Anda bisa menjadikan Instagram sebagai salah satu media sosial yang memberikan keuntungan besar dalam menjalankan bisnis online. Hal ini tentu saja harus didukung dengan berbagai elemen penting. Beberapa diantaranya seperti jumlah followers yang terus meningkat hingga postingan konten yang dianggap sangat kreatif. Biasanya semakin kreatif konten dari akun Instagram itu akan mempengaruhi jumlah pengikut. Kondisi seperti ini tentu saja akan mendukung seluruh lini bisnis yang dijalankan melalui Instagram seperti endorsement. Cobalah mulai dari membuat konten yang menarik untuk Instagram. Apalagi saat ini ada banyak tips membuat konten kreatif di Instagram yang bisa dicoba.

8 tips membuat konten kreatif di Instagram dengan mudah

Konten yang kreatif bisa anda dapatkan atau buat dengan sangat mudah. Hal yang paling penting tentu saja konten itu harus berbeda dibandingkan dengan akun instagram lainnya. Format konten itu bisa berupa foto atau video. Namun, khusus konten video tentu saja ada batasan durasi yang disesuaikan dengan ketentuan dari Instagram. Konten seperti ini harus bersifat original karena akan mempengaruhi kualitas dari influence yang anda inginkan. Bahkan, hal itu juga akan memberikan dampak besar dari followers anda. Bila konten itu dianggap sangat menarik maka dipastikan penyebarannya juga akan semakin luas. Berikut ini ada 8 tips membuat konten kreatif di Instagram yang bisa anda coba dengan sangat mudah, seperti:

1.       Mulai dengan menentukan konsep
8 tips membuat konten kreatif di Instagram yang wajib dicoba
Tips membuat konten kreatif di Instagram dimulai dengan menentukan konsep dari konten itu sendiri. Konsep ini merupakan perencanaan konten dalam skala yang cukup luas. Hal ini berkaitan dengan pemilihan tema, talent, produksi hingga perlengkapan yang akan dibutuhkan. Anda memiliki banyak peluang untuk menggunakan konsep yang unik dan menarik. Pemilihan konsep harus disesuaikan dengan kemampuan anda untuk memproduksi konten. Konsep yang sering digunakan seperti vlog, personal branding dan lainnya. Konsep seperti ini akan menampilkan salah satu karakter atau pemilik akun untuk melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan tema yang dipilih. Buatlah perencanaan yang matang untuk menghasilkan kualitas dan konten yang ideal dalam waktu sangat cepat.

2.       Pilih tema yang tidak biasa
tips membuat konten kreatif di Instagram yang wajib dicoba
Ada banyak tema yang bisa anda gunakan untuk membuat konten kreatif. Masing-masing dari tema ini juga bisa berasal dari akun Instagram populer lainnya. Tentu saja penyampaian dari tema seperti itu harus berbeda. Beberapa tema populer yang sering ditampilkan dari konten Instagram seperti kuliner, traveling, vlogging, review, gaming, fashion, art dan lainnya. Sesuaikan tema dari konten itu dengan kapabilitas personal dan tim yang anda miliki. Mungkin anda bisa memunculkan karakter baru yang menjadi bagian penting dari penyampaian konten. Hal seperti ini biasanya dilakukan agar konten itu memiliki jalan cerita atau keberlangsungan dalam waktu yang cukup lama. Mungkin anda juga bisa menampilkan hobi yang dikonversi ke dalam konten kreatif, seperti membuat komik.

3.       Gunakan format konten yang ideal
8 tips membuat konten kreatif di Instagram
Rekomendasi dari tips membuat konten kreatif di Instagram adalah dengan menentukan format yang ideal. Instagram memberikan kebebasan bagi para pengguna untuk memposting berbagai konten yang menarik. Format konten itu berupa gambar atau video. Anda bisa memanfaatkan seluruh format itu agar followers anda juga tidak jenuh. Masing-masing dari format itu tentu saja harus memiliki tampilan yang unik. Apalagi format video juga memiliki batasan durasi. Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi anda untuk memaksimalkan durasi format video untuk menampilkan konten yang menarik. Beberapa contoh konten itu seperti komik, fashion, kuliner dalam format foto atau gambar. Anda juga bisa menampilkan review dalam format video.

4.       Perhatikan kualitas teknis dari konten
tips membuat konten kreatif di Instagram
Kualitas dari konten tidak hanya berkaitan dengan topik atau pembahasan yang anda tampilkan. Biasanya hal ini akan berkaitan dengan kualitas teknis dari konten itu sendiri. Misalnya saja kualitas dari gambar atau video yang diposting. Semakin baik kualitas dari foto atau video yang diposting melalui akun Instagram tentu saja membuat nyaman bagi para followers untuk melihat dalam waktu cukup lama. Cobalah gunakan kamera dan tambahan editing yang ideal pada seluruh konten kreatif seperti itu. Hal ini juga akan berkaitan dengan penggunaan kontras warna dan pencahayaan dari objek di setiap konten.

5.       Sesuaikan jenis konten dengan target followers
8 tips cara membuat konten kreatif di Instagram
Konten kreatif yang anda gunakan harus disesuaikan dengan target followers. Hal ini akan berkaitan dengan demografi yang dibutuhkan. Beberapa elemen penting itu terdiri dari jenis kelamin, usia, tempat tinggal hingga kegemaran atau hobi dari target followers. Metode seperti ini akan memudahkan anda untuk menghasilkan lebih banyak lagi konten yang menarik. Apalagi bila anda sudah memiliki followers yang bersinggungan langsung biasanya akan mendapatkan ide baru. Justru cara seperti ini yang memudahkan anda untuk berinteraksi kepada followers agar memaksimalkan seluruh konsep atau topik konten yang lebih baik. Hal ini juga akan memberikan keuntungan bagi anda secara ekonomis.

6.       Tambahkan deskripsi pada setiap konten
tips cara membuat konten kreatif di Instagram
Setiap tampilan pada postingan konten di Instagram memang memiliki kolom deskripsi. Biasanya kolom ini akan berisi seluruh rincian yang berkaitan dengan postingan konten itu. Anda bisa memaksimalkan fitur kolom deskripsi itu dengan memberikan cerita, latar belakang atau hal yang unik berkaitan dengan konten. Perlu diingat bahwa deskripsi yang ditampilkan pada setiap konten sebaiknya tidak terlalu panjang. Ada banyak followers yang menganggap hal itu cukup mengganggu. Bahkan, followers lain juga tidak akan membaca deskripsi yang bertele-tele. Buatlah deskripsi yang padat, berisi, jelas dan unik.

7.       Manfaatkan fitur lain dari Instagram
tips membuat konten kreatif di IG
Ada beberapa fitur menarik yang ditawarkan Instagram bagi para penggunanya. Fitur yang sering digunakan seperti postingan konten, hashtags, instastory, instagram live hingga instagram tv. Cobalah anda memanfaatkan seluruh fitur itu untuk menampilkan konten. Bahkan, fitur ini bisa menjadi elemen penting untuk menghadirkan konten yang menarik. Sebaiknya masing-masing dari fitur itu harus didukung dengan postingan konten yang berbeda. Misalnya saja konten yang akan diposting dengan skema regular sebaiknya berbeda dari konten untuk instastory. Cara seperti ini akan menarik perhatian lebih banyak pengunjung dan membuat followers lain tidak cepat bosan.

8.       Jangan lupa gunakan hashtag
tips cara membuat konten kreatif di IG
Tanda pagar atau hashtag dianggap memberikan dampak yang besar dari penyebaran konten yang anda buat. Hashtags juga bisa menjadi inspirasi dalam pembuatan konten kreatif yang anda posting. Tanda pagar seperti ini akan memudahkan pencarian konten yang dilakukan oleh para pengguna. Hal ini harus menjadikan peluang yang besar bagi anda untuk menghadirkan konten yang kreatif. Salah satunya dengan menampilkan hashtags menjadi watermark pada setiap konten video atau foto. Konsep seperti ini membuat tampilan postingan terlihat sangat unik dibandingkan akun lainnya.

8 tips membuat konten kreatif di Instagram yang wajib dicoba