Hambatan untuk memulai bisnis online dan cara mengatasinya

Peluang untuk memulai bisnis online saat ini semakin terbuka lebar. Hal ini didukung dengan perkembangan teknologi internet hingga regulasi dari pemerintah. Selain itu, idea tau gagasan untuk memulai bisnis seperti ini juga bisa disesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki. Kondisi seperti ini semestinya memberikan dukungan yang besar terhadap peningkatan bisnis yang dilakukan melalui skema online. Namun, anda juga tetap harus mewaspadai berbagai hambatan yang bisa saja ditemui. Sebenarnya hambatan ini juga berasal dari banyak faktor yang meliputi internal ataupun eksternal. Seluruh hambatan untuk memulai bisnis online seperti ini pasti memiliki cara untuk mengatasinya.

6 hambatan untuk memulai bisnis online yang sering ditemui

Berbagai hambatan yang sering ditemui saat anda memulai bisnis online memang dianggap cukup menganggu. Apalagi hambatan ini kadang-kadang juga akan membuat anda sulit mengambil keputusan bisnis yang memberikan dampak sangat buruk. Tentu saja anda harus melakukan pemetaan terhadap seluruh hambatan yang mungkin bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Hal ini bertujuan untuk memudahkan metode bisnis online yang dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Berikut ini ada 6 hambatan untuk memulai bisnis online yang mungkin akan temui, seperti:

1.       Mindset bisnis online yang salah
Hambatan untuk memulai bisnis online dan cara mengatasinya
Salah satu dari hambatan untuk memulai bisnis online yang sering dialami adalah memiliki mindset yang salah dalam menjalankan bisnis. Anda harus tahu bahwa menjalankan bisnis online sangat berbeda dengan bisnis konvensional. Hal ini bisa anda buktikan melalui metode pembangunan merek atau branding value. Bisnis konvensional mungkin tidak terlalu membutuhkan nilai sebuah brand atau merek. Namun, hal itu akan sangat berguna bagi anda yang ingin memulai bisnis online. Merek anda harus dikenal oleh banyak orang agar mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, cobalah untuk tidak terlalu mementikan keuntungan yang terlalu besar dalam menjalankan bisnis online itu.

2.       Perhitungan modal yang tidak ideal
Hambatan untuk memulai bisnis online
Modal menjadi aspek penting dalam memulai usaha online. Namun, bukan berarti anda harus menggunakan modal yang besar untuk menjalankan bisnis online. Penggunaan modal itu disesuaikan dengan skala bisnis online yang anda jalankan. Semakin besar bisnis yang anda jalankan tentu saja akan membutuhkan modal yang cukup besar. Anda juga memiliki kesempatan untuk menggunakan modal kecil dalam memulai bisnis online. Perhitungkan penggunaan modal untuk seluruh hal yang diperlukan. Apalagi anda juga akan membutuhkan modal belanja iklan agar orang lain mengerti tentang produk atau jasa yang anda tawarkan.

3.       Tidak fokus dalam menjalankan bisnis
Tidak fokus dalam menjalankan bisnis
Hambatan untuk memulai bisnis online lainnya yang sering dialami adalah tidak fokus dalam menjalankan bisnis. Beberapa orang yang memiliki ide atau konsep bisnis online yang terlalu banyak akan mengalami pengaburan fokus. Anda dianggap tidak bisa memaksimalkan waktu yang ideal untuk mengelola banyak sumber bisnis online itu. Cobalah untuk mengelola bisnis online dengan fokus yang jelas. Hal ini bisa anda lakukan dengan mengembangkan beberapa unit atau lini bisnis yang memiliki nilai potensi lebih besar. Cara seperti ini menjadi bagian penting untuk membuat anda semakin mudah menjalankan bisnis dalam waktu yang lama.

4.       Dukungan sumber daya yang masih kurang
Dukungan sumber daya yang masih kurang
Tentu saja anda akan membutuhkan sumber daya potensial yang paham tentang bisnis online anda. Dukungan sumber daya yang baik akan memberikan pengaruh sangat maksimal bagi potensi bisnis. Namun, bila anda tidak didukung dengan sumber daya yang ideal hal itu akan menjadi boomerang. Hal ini sering terjadi pada pengembangan bisnis online shop yang membutuhkan sumber daya untuk mengelola produk atau layanan. Apalagi bila anda mendapatkan pelanggan atau targel pasar yang besar tentu saja membutuhkan sumber daya yang paham tentang lini bisnis itu.

5.       Kepercayaan publik terhadap bisnis online
Kepercayaan publik terhadap bisnis online
Hambatan seperti ini berasal dari faktor eksternal anda. Saat ini, bisnis online belum mendapatkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat. Hal ini terjadi karena banyaknya kasus penipuan yang melibatkan penjualan produk secara online. Selain itu, kasus penipuan yang terjadi dengan skema online juga kurang mendapatkan dukungan dari pihak aparat. Otomatis banyak orang khawatir saat akan memulai menggunakan skema online dalam kehidupan sehari-hari.

6.       Kompetisi yang tidak sehat
cara mengatasi Hambatan untuk memulai bisnis online
Anda harus paham bahwa bisnis online memiliki kompetisi atau persaingan yang sangat ketat. Bahkan, beberapa pelaku bisnis online tidak segan mengeluarkan dana yang sangat besar untuk bersaing dengan para kompetitornya. Hal ini harus anda waspadai bila bisnis anda masuk dalam skala kecil atau menengah. Anda harus belajar untuk memahami persaingan bisnis dalam produk atau jasa yang anda tawarkan.

4 solusi untuk mengatasi permasalahan bisnis online
Sebenarnya anda juga memiliki kesempatan menjalankan berbagai solusi untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan bisnis online. Solusi ini bisa anda dapatkan dengan berkonsultasi kepada orang lain yang memiliki lebih banyak pengalaman hingga mencoba mengambil keputusan yang tepat. Semakin cepat anda menerapkan solusi seperti itu biasanya akan memberikan dampak yang besar terhadap keberlangsungan bisnis online. Mungkin anda bisa mencoba 4 solusi dalam mengatasi permasalahan bisnis online, seperti:

1.       Membangun kepercayaan publik dengan identitas bisnis
cara mengatasi Hambatan dalam memulai bisnis online
Identitas bisnis yang anda jalankan menjadi hal penting untuk membuat orang lain percaya. Hal ini bisa diterapkan dengan memberikan data bisnis seperti alamat, website, nomor kontak yang dihubungi hingga review dari pelanggan sebelumnya. Cara seperti ini cukup mudah dilakukan dengan dukungan dari banyak platform atau media sosial. Ini akan memberikan keuntungan yang baik bagi anda. Apalagi bila anda sudah mendapatkan kepercayaan publik maka identitas itu menjadi bagian penting dalam pengembangan bisnis.

2.       Mencari sumber daya yang ideal
cara mengatasi Hambatan ketika memulai bisnis online
Cobalah mencari sumber daya yang memiliki potensi besar dalam mengembangkan bisnis anda. Cara seperti ini disesuaikan dengan kebutuhan dari bisnis online anda. Misalnya saja dengan merekrut pegawai tambahan untuk mengatur pengelolaan keuangan secara profesional. Selain itu, anda juga akan membutuhkan sumber daya pegawai lain yang mengetahui tentang source code berkaitan dengan online shop yang dijalankan.

3.       Fokus terhadap lini bisnis yang dijalankan
Fokus terhadap lini bisnis yang dijalankan
Solusi ini selalu menjadi saran utama bagi banyak pelaku bisnis. Anda harus fokus terhadap lini bisnis yang dijalankan dalam waktu yang cukup lama. Pengembangan seperti itu dianggap akan memberikan pengaruh yang besar terhadap profit atau omset yang sudah anda perhitungkan. Fokus terhadap salah satu atau beberapa lini bisnis dengan potensi yang sangat baik. Cara ini membuat anda semakin mudah untuk mengambil keputusan terhadap pengembangan bisnis dari unit bisnis itu.

4.       Menerapkan perhitungan alur keuangan secara profesional
Hambatan-hambatan dalam memulai bisnis online
Hal yang harus anda perhitungkan tentu saja alur keuangan yang dikelola secara profesional. Anda harus bisa membedakan keuangan pribadi dengan perusahaan atau bisnis. Jangan pernah mencampurkan perhitungan atau menggunakan sumber dana perusahaan untuk kepentingan pribadi. Itu akan memberikan efek buruk bagi anda.

Hambatan untuk memulai bisnis online dan cara mengatasinya