8 fungsi fanpage facebook untuk bisnis online

Banyak bisnis online yang sudah memanfaatkan media sosial sebagai salah satu bagian dari promosi hingga pengembangan bisnis. Salah satu media sosial yang digunakan itu seperti Facebook. Hingga kini fitur dan layanan Facebook dianggap membentu berbagai bisnis online dengan sangat mudah. Apalagi anda juga bisa mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang cukup lama dengan memanfaatkan Facebook. Fitur yang bisa digunakan untuk pengembangan bisnis itu seperti fanpage. Facebook memang menawarkan layanan ini untuk mendukung berbagia bisnis online. Ada banyak fungsi fanpage facebook untuk bisnis online yang sangat menguntungkan.

8 fungsi fanpage facebook untuk bisnis online yang patut diperhitungkan

Sebenarnya layanan fanpage Facebook akan membantu anda untuk mengembangkan bisnis. Apalagi media sosial seperti ini juga akan meningkatkan jangkauan promosi hingga target dari penjualan. Anda harus memanfaatkan layanan ini dengan sangat baik untuk membuat bisnis online semakin berkembang. Ada beberapa fitur dari fanpage yang akan digunakan dengan cukup mudah. Selain itu, fanpage pada Facebook juga membantu anda dalam melakukan promosi melalui target yang dibutuhkan. Berikut ini ada 8 fungsi fanpage facebook untuk bisnis online yang akan membantu dalam pengembangan jangka panjang, seperti:

1.       Menunjukkan profesionalisme
8 fungsi fanpage facebook untuk bisnis online
Anda harus tahu bahwa salah satu fungsi fanpage facebook untuk bisnis online adalah untuk menunjukkan profesionalisme. Hal ini ditujukan bahwa fanpage ini akan terintegrasi dengan berbagai platform yang anda gunakan. Apalagi layanan ini juga memberikan kemudahan terhadap potensi komunikasi secara langsung yang membuat keuntungan bisnis semakin besar. Tampilan dari fanpage bisa akan memberikan keyakinan dari calon pelanggan dalam melakukan transaksi. Hal ini yang membuat anda harus sering melakukan update atau posting berkaitan dengan seluruh produk atau jasa yang ditawarkan. Komunikasi melalui fitur chat juga bisa digunakan untuk memudahkan proses transaksi.

2.       Memberikan rincian bisnis lebih baik
fungsi fanpage facebook untuk bisnis online
Fanpage pada facebook juga memberikan kesempatan bagi anda untuk menampilkan seluruh rincian yang berkaitan dengan bisnis itu. Beberapa diantaranya seperti menampilkan kontak resmi dari bisnis yang sedang anda jalankan. Selain itu, di bagian home dari fanpage ini juga bisa menampilkan alamat lengkap dari lokasi bisnis. Hal ini juga akan mempengaruhi psikis dari para calon pembeli. Facebook juga menawarkan rincian lain seperti jam operasional hingga alamat website yang bisa terintegrasi secara langsung. Seluruh rincian ini sangat membantu anda untuk melakukan berbagai transaksi. Cobalah berikan informasi yang lengkap dari fanpage facebook resmi yang anda gunakan. Ini akan semakin meningkatkan kepercayaan kepada banyak orang.

3.       Memudahkan metode promosi
8 fungsi FP facebook untuk bisnis online
Fungsi fanpage facebook untuk bisnis online adalah memudahkan metode promosi yang dilakukan. Salah satu metode promosi yang bisa dilakukan dengan menggunakan facebook ads. Metode promosi ini dilakukan secara berbayar. Pengaturan promosi bisa melibatkan akun dari fanpage itu. Anda bisa mempromosikan seluruh konten yang ada di fanpage facebook sehingga memudahkan orang lain untuk melihat secara langsung produk atau layanan bisnis online. Promosi lainnya mungkin dengan membuat orang lain tertarik untuk menjadi followers dari akun fanpage itu. Semakin banyak jumlah followers dari akun fanpage itu maka anda juga akan semakin mudah untuk melakukan penawaran produk hingga jasa online. Ini akan meningkatkan keuntungan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

4.       Bisa menampung lebih banyak pelanggan
fungsi FP facebook untuk bisnis online
Layanan fanpage memiliki keunggulan dibandingkan dengan akun personal dari facebook. Layanan ini bisa menampung lebih banyak pelanggan lagi. Sehingga anda juga bisa melakukan promosi dengan sangat mudah. Apalagi para pelanggan akan menjadi followers yang membuat seluruh konten terbaru bisa dilihat dengan sangat cepat. Layanan atau fitur yang ditawarkan dari fanpage seperti ini juga semakin memaksimalkan pada metode bisnis online. Misalnya saja pada fitur chat yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi secara langsung kepada calon pelanggan. Anda bisa melakukan komunikasi ini dengan cepat dan mudah dalam jumlah akun yang cukup banyak. Jumlah followers dalam fanpage tidak terbatas dan semakin banyak akan memberikan pengaruh besar pada pengembangan bisnis online itu.

5.       Meningkatkan brand value
Fungsi FP facebook Meningkatkan brand value
Perlu disadari bahwa fanpage facebook juga akan meningkatkan brand value atau nilai dari merek yang anda gunakan dalam bisnis online itu. Hal ini biasanya dimulai dengan jumlah dari followers akun fanpage itu. Jumlah followers yang cukup banyak dari akun fanpage akan membuat orang lain memberikan penilaian terhadap brand anda. Tentu saja semakin besar jumlah followers akan membuat nilai merek anda semakin lebih baik. Selain itu, layanan fanpage yang sangat komunikatif juga menjadi bagian penting dalam meningkatkan brand value. Anda harus melakukan komunikasi yang baik untuk memberikan penjelasan tentang produk atau penawaran tertentu kepada calon pelanggan. Nilai brand akan memudahkan anda untuk meningkatkan nilai penjualan dari setiap produk atau jasa bisnis online.

6.       Menjadi tempat khusus untuk konten bisnis
Fungsi FP Facebook Menjadi tempat khusus untuk konten bisnis
Anda harus tahu bahwa layanan fanpage facebook memang diperuntukkan bagi konten bisnis. Ini menjadi salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan. Anda tidak perlu repot lagi menggunakan akun personal untuk melakukan promosi atau penawaran produk hingga jasa bisnis online. Apalagi Facebook juga memiliki ketentuan yang sangat ketat terhadap akun personal. Cobalah maksimalkan seluruh fitur yang diberikan melalui fanpage. Facebook juga akan membantu anda untuk meningkatkan jangkauan dari produk bisnis yang dibutuhkan. Anda bisa dengan mudah membagikan produk atau layanan terbaru dari fitur fanpage ini.

7.       Memudahkan pencarian lewat search engine
Fungsi fanspage FB Memudahkan pencarian lewat search engine
Fanpage facebook bisa diintegrasikan dengan platform lain seperti search engine. Misalnya saja dengan integrasi terhadap Google. Hal ini akan memudahkan para pelanggan atau orang lain yang melakukan pencarian juga tersambung dengan fanpage facebook itu. Biasanya ini dimulai dengan memasukkan kata kunci di Google. Hasil pencarian akan memunculkan fanpage facebook. Bila anda memberikan rincian kontak hingga alamat bisnis dengan sangat baik mungkin semakin memudahkan komunikasi dengan calon pelanggan. Cara seperti ini juga akan meningkatkan nilai produk atau layanan bisnis yang anda tawarkan. Jangan lupa untuk terus melakukan update postingan tentang produk terbaru atau layanan dari bisnis online itu.

8.       Menjangkau target pasar lebih luas
Fungsi Fanspage facebook Menjangkau target pasar lebih luas
Tidak dipungkiri bahwa fanpage dari facebook akan memberikan jangkauan pelanggan hingga target pasar yang lebih luas. Apalagi pengguna facebook juga cukup banyak. Anda bisa dengan mudah mendapatkan target pasar yang sesuai dengan keinginan. Bahkan, melalui fanpage seperti ini bisa melakukan perluasan target dengan cukup mudah. Semakin luas jangkauan target dari pasar yang anda inginkan biasanya memberikan kemudahan terhadap peningkatan layanan dan profit. Misalnya dengan perhitungan jumlah pengguna Facebook di Indonesia yang sangat besar akan memberikan peluang yang baik terhadap penjualan produk. Ini juga bisa dilakukan dengan metode promosi berbayar lewat Facebook ads.

8 fungsi fanpage facebook untuk bisnis online