Panduan Lengkap Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Mau Mencoba Jualan Online Tapi Tidak Punya Modal? Jangan Khawatir, Ada Banyak Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang. Bahkan Anda Bisa Menggunakan Salah Satu dari 2 Sistem Jualan Tanpa Modal. Penasaran? Baca Informasi Selengkapnya Mengenai Bisnis Online Tanpa Modal Tersebut Di Sini.

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang yang Bisa Anda Mulai Sekarang Juga. 

Ada banyak sekali bisnis online tanpa modal yang bisa anda jalankan. Namun sayangnya, tidak semua bisnis online tersebut cukup mudah untuk dijalankan. Kebanyakan bisnis online yang bisa dimulai tanpa modal itu memang membutuhkan keahlian tertentu seperti keahlian membuat blog ataupun melakukan optimasi blog.
Namun ada satu bisnis online tanpa modal yang benar-benar mudah untuk dijalankan oleh siapa saja. Bisnis tersebut adalah jualan online tanpa modal dan stok barang. Kemungkinan sebagian besar dari anda masih belum paham dengan apa yang dimaksud dengan jualan secara online tanpa modal dan juga stok barang tersebut.
Cara Jualan Online

Bagaimana bisa anda menjual produk tanpa modal dan bahkan stok barang terlebih dahulu? Jika anda tidak membutuhkan modal dan tidak memiliki stok barang, lalu apa yang akan anda jual kepada konsumen?
Yang dimaksud dengan jualan online tanpa modal dan stok barang adalah anda hanya berperan sebagai makelar saja. Jadi anda hanya perlu mempromosikan produk-produk tertentu secara online, jika ada yang berminat membeli, anda baru membeli produknya dari supplier dan mengirimkannya kepada pembeli.
Masih belum begitu paham dengan jualan online tanpa modal tersebut? Tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai bisnis online tanpa modal tersebut? Bagi anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai bisnis jualan secara online tanpa modal tersebut, anda bisa baca lebih lanjut pembahasannya di dalam artikel ini.

Apa Untungnya Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang Itu?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara jualan online tanpa modal, anda perlu tau terlebih dahulu mengenai apa saja keuntungan menjalankan bisnis online tersebut. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan dari bisnis jualan barang secara online tanpa modal dan tanpa stok barang tersebut:
Cara Jualan Online Tanpa Modal

·         Risikonya sangat kecil
Keuntungan pertama menjalankan bisnis online ini jelas adalah anda sama sekali tidak perlu mengeluarkan modal awal untuk stok produk. Karena anda tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali, jelas anda bisa mencoba menjual berbagai macam produk.
Jikalau nantinya tidak ada satupun produk yang laku, anda tidak perlu bingung. Pasalnya, anda sama sekali tidak mengalokasikan dana apapun ketika memulai bisnis ini.
·         Bisa dimulai sekarang juga dan oleh siapa saja
Jualan online tanpa modal dan stok barang itu merupakan salah satu bisnis online yang sangat mudah untuk dijalankan. Bisnis tersebut bisa anda mulai sekarang juga dan juga oleh siapa saja.
Bisnis online ini sama sekali tidak membutuhkan keahlian khusus seperti bisnis online lainnya. Yang perlu anda lakukan hanyalah mencari supplier dan menawarkan produk-produk dari supplier anda saja.
·         Bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan terlebih dahulu
Selain risikonya sangat kecil, bisnis jualan barang secara online tanpa modal dan stok barang ini juga sangat cocok dijadikan sebagai bisnis sampingan terlebih dahulu. Pasalnya, anda sama sekali tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengurus bisnis ini.
Yang perlu anda lakukan hanyalah melakukan promosi saja. Dan menariknya lagi, sudah ada banyak sekali cara promosi online yang bisa dijalankan secara semi otomatis.
Namun demikian, anda juga harus berhati-hati ketika menjalankan bisnis online tanpa modal satu ini. Kenapa? Jualan online tanpa modal dan juga tanpa stok barang ini memang cukup mudah untuk dijalankan. Selain itu, bisnis ini juga sama sekali tidak membutuhkan modal.
Sayangnya, karena cukup mudah dan tidak membutuhkan modal, banyak sekali yang justru tidak menjalankan bisnis ini sepenuh hati. Jika tidak dijalankan secara totalitas, jualan online tanpa modal dan stok barang ini juga tidak akan memberikan hasil apapun.

2 Macam Sistem Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Anda sudah mengetahui apa saja keuntungan dari bisnis jualan online tanpa modal dan tanpa stok barang, sebelum anda mencoba, anda juga harus tau terlebih dahulu bahwa ada 2 macam sistem yang bisa anda gunakan untuk jualan online tanpa modal dan stok barang.
Cara Jualan Online Tanpa Stok Barang

Masing-masing sistem menjual produk secara online tanpa modal maupun stok barang tersebut memiliki prosedur yang berbeda. Berikut ini adalah 2 sistem jualan tanpa modal yang cukup banyak digunakan di jaman sekarang:
1.      Sistem dropship
Sistem jualan tanpa modal dan juga tanpa stok barang yang pertama adalah sistem dropship. Yang dimaksud dengan sistem dropship ini adalah anda tidak perlu melakukan apapun.
Yang perlu anda lakukan hanyalah mencari pembeli. Jika ada yang berminat dengan produk yang anda tawarkan, anda hanya perlu membelinya dari supplier. Semua proses packing dan pengiriman produk kepada konsumen anda akan diurus sepenuhnya oleh supplier dengan menggunakan nama toko ataupun nama anda sebagai pengirimnya.
2.      Sistem pre order
Sistem pre order atau lebih dikenal dengan sebutan PO juga termasuk sistem yang biasa digunakan untuk jualan online tanpa modal dan stok barang. Hanya saja prosedurnya berbeda dengan menjual barang secara online dengan sistem dropship.
Jika anda menggunakan sistem pre-order untuk menjual barang secara online, anda menawarkan produk atau barang yang belum diproduksi. Anda baru akan memproduksinya jika ada beberapa orang yang mau membelinya.
Setiap orang yang berminat untuk membeli produk atau barang yang anda tawarkan biasanya diwajibkan untuk melakukan down payment terlebih dahulu. Nominal down payment bervariasi tergantung dari penjualnya.
Namun intinya, nominal down payment biasanya harus cukup digunakan untuk proses memproduksi produk atau barang yang anda tawarkan kepada konsumen. Setelah proses produksi selesai, semua konsumen yang melakukan down payment harus membayar lunas sebagai syarat penjual mengirimkan produk yang dibeli konsumen dengan sistem pre-order.
Kedua sistem jualan online tanpa modal dan stok barang tersebut sama-sama menguntungkan. Kedua sistem tersebut sudah digunakan oleh banyak penjual online dan terbukti menghasilkan.
Lalu manakah sistem jualan tanpa modal yang paling cocok untuk anda gunakan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dari sistem pre-order dan juga sistem dropship ketika digunakan untuk jualan online tanpa modal dan stok barang.

Kelebihan Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang Sistem PO

Sistem pre-order memiliki banyak sekali kelebihan jika dibandingkan dengan sistem dropship. Berikut adalah beberapa kelebihan jualan tanpa modal dengan menggunakan sistem pre-order:

·         100% tanpa modal
Kelebihan pertama menjual barang secara online dengan sistem pre-order adalah anda sama sekali tidak membutuhkan modal apapun. Hal tersebut disebabkan setiap konsumenlah yang akan memberikan anda modal untuk memproduksi barang atau produk yang anda tawarkan kepada mereka.
Darimana anda mendapatkan modal? Anda bisa mendapatkan modal dari down payment para konsumen yang berminat membeli produk atau barang yang anda jual dengan sistem pre-order.
Oleh sebab itu, sebelum anda menentukan harga produk, pastikan untuk mengetahui berapa biaya produksi produk tersebut. Hal tersebut anda butuhkan untuk menentukan berapa nominal down payment yang harus dibayar oleh konsumen.
·         Keuntungan yang anda dapatkan cukup besar karena menjual dalam kuantiti
Selain bisa menjual produk atau barang tanpa modal sama sekali, menggunakan sistem pre-order untuk menjual satu produk atau barang itu juga berpotensi memberikan keuntungan yang cukup besar dalam waktu singkat.
Kenapa? Karena menjual produk atau barang dengan sistem pre-order itu sama dengan menjual produk dalam kuantiti banyak. Meskipun nilai keuntungan per produk itu sangat kecil, anda tetap bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar karena kuantiti produk yang anda jual cukup banyak.
Hal tersebut belum termasuk potongan harga dari produsen. Biasanya produsen akan memberikan potongan harga jika anda memesan produk atau barang dengan kuantiti tertentu. Dengan begitu, keuntungan yang bisa anda dapatkan jelas akan bertambah bukan?
·         Memiliki akses untuk melakukan quality control terhadap produk yang anda jual
Salah satu masalah utama jualan online tanpa modal dan stok barang adalah anda tidak bisa mengakses produk yang anda jual. Hal tersebut sangat berbahaya karena anda tidak bisa melakukan quality control terhadap produk yang anda jual.
Namun jika anda memilih jualan tanpa modal dengan sistem pre-order, anda masih bisa mendapatkan akses untuk melakukan quality control pada produk yang anda jual.
Setelah produk selesai dibuat oleh produsen, anda bisa melakukan pengecekan kualitasnya satu per satu sebelum dikirim kepada konsumen yang membelinya. Dengan begitu, anda sudah memastikan produk yang dikirimkan kepada konsumen benar-benar produk terbaik yang tidak cacat produksi.
·         Lebih mudah memberikan penawaran harga terbaik pada konsumen
Meskipun produk yang anda tawarkan kepada konsumen memang belum diproduksi, namun jualan tanpa modal dengan sistem pre-order itu sebenarnya juga memberikan keuntungan secara tidak langsung kepada konsumen.
Kenapa? Karena dengan menggunakan sistem pre-order, itu berarti anda bisa memberikan penawaran harga terbaik bagi konsumen. Pasalnya, harga produk yang anda tawarkan kemungkinan besar dibawah harga jual produk-produk lain.
Hal tersebut disebabkan karena hanya ada 2 rantai distribusi saja dalam proses jualan online tanpa modal dan stok barang dengan sistem pre-order tersebut. 2 rantai distribusi tersebut adalah produsen dan juga anda yang berperan untuk memasarkan produk.
Karena hanya ada 2 rantai distribusi, jelas harga produk tidak melambung tinggi. Pasalnya hanya ada 2 rantai yang mengambil keuntungan. Oleh sebab itu, kebanyakan produk atau barang yang dijual dengan sistem pre-order itu cenderung bisa lebih murah.
·         Lebih mudah memikat konsumen karena produk pre-order biasanya sangat terbatas
Kelebihan terakhir dari jualan tanpa modal dengan sistem pre-order adalah anda bisa lebih mudah memikat konsumen untuk membeli produk atau barang yang anda tawarkan.
Meskipun produk atau barang yang anda tawarkan memang belum tersedia karena belum diproduksi, namun biasanya produk atau barang yang dijual dengan sistem pre-order itu bukan pasaran.
Mayoritas orang jaman sekarang itu lebih suka membeli produk yang tidak pasaran. Yang lebih menarik lagi, produk yang anda tawarkan tidak pasaran dan dijual dengan harga yang lebih murah dari produk lain. Syarat untuk mendapatkan produk tersebut juga cukup mudah yaitu konsumen harus mau bersabar menunggu produk yang dibelinya diproduksi.
Ya, jualan online tanpa modal dan stok barang dengan sistem pre-order itu memang punya banyak kelebihan. Namun sistem tersebut juga punya satu kelemahan. Anda harus membangun kepercayaan terlebih dahulu dengan calon konsumen.
Jika anda belum punya nama, kemungkinan besar tidak akan ada konsumen yang mau melakukan down payment meskipun produk yang anda jual dengan sistem pre-order itu benar-benar berkualitas dan cukup murah harganya.
Kepercayaan memang adalah kunci sukses untuk menjual produk atau barang secara online dengan sistem pre-order. Pasalnya, anda sudah menerima sebagian pembayaran dari konsumen sedangkan mereka harus menunggu terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan produk atau barang yang dibelinya dari anda.

Kelebihan Jualan Online Tanpa Modal Dengan Sistem Dropship

Selain sistem pre-order, anda juga bisa jualan online tanpa modal dan stok barang dengan menggunakan sistem dropship. Menjual produk atau barang dengan menggunakan sistem dropship itu juga banyak kelebihannya. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari sistem dropship ketika digunakan untuk menjual produk atau barang secara online:

·         Sangat praktis dan bahkan bisa anda mulai sekarang juga
Jualan tanpa modal dengan menggunakan sistem dropship itu sangatlah praktis. Karena begitu praktisnya, anda bahkan bisa langsung praktek setelah membaca artikel ini.
Prosedur jualan online dengan sistem dropship itu hanyalah mencari ide produk yang cukup laris dipasaran online, mencari supplier yang menjual produk tersebut, dan kemudian mempromosikan foto-foto produk dari supplier di toko online anda.
Selesai. Hanya itu saja prosedur memulai jualan online tanpa modal dengan sistem dropship. Jika nantinya ada yang membeli produk yang anda tawarkan dari toko online anda, yang perlu anda lakukan hanyalah order produk tersebut kepada supplier.
Kirimkan juga alamat konsumen. Nantinya supplier yang akan melakukan packing dan pengiriman produk ke jasa ekspedisi pilihan konsumen. Anda hanya perlu duduk manis dan menerima keuntungan dari selisih harga produk dari supplier dengan harga produk yang anda tawarkan kepada konsumen di toko online anda.
·         Bisa menjual berbagai macam produk secara bersamaan
Karena prosedur untuk jualan online tanpa modal dan stok barang dengan sistem dropship itu begitu mudah, itu berarti andapun memiliki kesempatan untuk menjual lebih dari satu produk di toko online anda.
Anda bisa memasarkan sebanyak mungkin produk-produk yang laku dijual di toko online anda selama anda bisa menemukan supplier produknya. Dengan menjual lebih banyak produk, jelas kesempatan anda untuk mendapatkan lebih banyak orderan akan semakin besar.
·         Tidak terlalu mementingkan kepercayaan konsumen
Karena anda tidak perlu membuat konsumen menunggu terlalu lama untuk bisa mendapatkan barang atau produk yang dibelinya, secara otomatis anda tidak perlu membangun kepercayaan terhadap konsumen terlebih dahulu.
Pasalnya, urusan transaksi anda dengan konsumen langsung bisa diselesaikan hari itu juga. Setelah anda memberikan resi pengiriman produk kepada konsumen, anda hanya perlu menunggu konsumen menerima produk yang dibelinya dari anda saja.
Bisnis online tanpa modal yang dijalankan dengan sistem dropship itu memang jauh lebih praktis dan bisa dimulai oleh siapa saja. Namun demikian, jualan online dengan sistem dropship itu juga masih ada kelemahannya.
Salah satu kelemahan terbesar dari menjual barang secara online dengan sistem dropship itu adalah anda sepenuhnya bergantung pada supplier. Jika supplier yang anda pilih kurang kompeten, bersiap-siaplah untuk menerima komplain dari konsumen anda.
Pasalnya, ada beberapa faktor yang tidak bisa anda kontrol secara langsung. Hal-hal yang tidak bisa anda kontrol secara langsung ketika menjual produk secara online dengan sistem dropship adalah seperti kualitas produk dan juga kecepatan pengiriman produknya.
Karena supplier anda tidak mungkin hanya melayani satu dropshipper saja, ada kemungkinan mereka tidak begitu teliti lagi dalam mengontrol kualitas produk yang dijualnya.

Jenis Produk yang Cocok Dijual Secara Online Dengan Sistem Dropship Maupun PO

Masing-masing sistem untuk jualan online tanpa modal dan stok barang sudah dibahas secara lengkap. Jika dilihat lagi, ada satu masalah utama yang memang berpotensi membuat peluang jualan tanpa modal itu gagal.

Masalah utama yang pasti dialami oleh anda yang mau mencoba menjual barang secara online tanpa modal dan stok barang tersebut adalah memilih produk untuk ditawarkan kepada konsumen.
Ya, anda memang tidak membutuhkan modal sama sekali untuk mempersiapkan stok produk. Namun anda tetap harus memikirkan mengenai produk apa yang seharusnya anda tawarkan meskipun menjual dengan sistem pre-order maupun dropship.
Lalu apa pentingnya teliti dalam memilih produk untuk dijual jika anda sama sekali tidak membutuhkan modal? Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa memilih produk dengan teliti itu merupakan fase paling penting sebelum anda mulai jualan online tanpa modal dan stok barang:
·         Dengan memilih produk yang tepat, anda bisa memaksimalkan keuntungan
Perlu anda ketahui, memang semua produk bisa dijual secara online di jaman sekarang. Namun sayangnya, tidak semua produk itu laku dijual secara online. Jika anda menjual produk yang tidak laku, anda tidak akan mendapatkan keuntungan sama sekali.
Oleh sebab itu, meskipun anda sama sekali tidak membutuhkan modal untuk mulai jualan online, bukan berarti anda bisa asal-asalan dalam memilih produk yang akan anda jual.
Karena anda sama sekali tidak membutuhkan modal, seharusnya anda bisa lebih memaksimalkan keuntungan lagi dengan memilih produk untuk dijual secara lebih teliti.
·         Memudahkan anda dalam menentukan siapa target market anda
Selain bisa memaksimalkan keuntungan, anda juga bisa lebih mudah menentukan siapa target market anda dari memilih produk yang anda jual dengan sistem dropship ataupun pre-order.
Jika anda memilih produk yang target marketnya sangat kecil, kemungkinan besar anda akan kesulitan memasarkannya nanti. Oleh sebab itu, lebih baik pilihlah produk yang memang target marketnya cukup besar.
·         Mengurangi komplain dari konsumen mengenai produk yang anda jual
Proses pemilihan produk untuk dijual secara online dengan sistem dropship ataupun pre-order itu juga sekaligus bisa mengurangi komplain dari konsumen. Jualan online tanpa modal dan stok barang dengan sistem dropship ataupun pre-order itu berpotensi memicu komplain dari konsumen.
Jika anda menjual produk dengan sistem dropship, kemungkinan besar komplain konsumennya lebih banyak tentang kualitas produk yang tidak sesuai yang anda jabarkan. Sedangkan jika anda menjual produk dengan sistem pre-order, kemungkinan komplain dari konsumen adalah mengenai lamanya proses produksi produk yang dibelinya dari anda.
Dengan memilih jenis produk yang anda jual secara teliti, anda bisa mengurangi potensi mendapatkan komplain dari konsumen.
Lalu produk apa saja yang paling cocok dijual secara online dengan sistem dropship maupun pre-order? Berikut ini adalah daftar produk yang cocok anda pilih jika jualan tanpa modal dengan sistem dropship maupun pre-order:
·         Produk fashion seperti baju, T-shirt, aksesoris, tas, dan dompet masih menjadi produk yang banyak dicari secara online sampai saat ini. Cocok dijual baik dengan sistem pre-order maupun dropship.
·         Produk aksesoris gadget seperti earphone, charger, headphone, casing, dan pelindung touchscreen juga produk yang cocok dijual dengan sistem dropship karena banyak peminatnya dan konsumen jarang melakukan komplain.
·         Produk makanan seperti snack, masakan, dessert sangat cocok dijual dengan sistem pre-order.
Masih ada banyak sekali jenis produk yang sebenarnya sangat cocok untuk dijual dengan sistem dropship maupun pre-order. Bagi anda yang masih bingung mencari ide produk untuk memulai bisnis online tanpa modal ini, anda bisa mencari produk tersebut menggunakan beberapa cara berikut ini:
·         Mengakses daftar produk paling laris di marketplace.
·         Menggunakan Google Trends untuk mencari produk apa yang pencariannya sedang meningkat.
·         Menjual produk-produk yang menjadi kebutuhan pokok.
·         Menjual produk dari supplier atau produsen yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal anda.

Cara Promosi Jualan Produk Secara Online Tanpa Modal dan Stok Barang yang Tepat

Setelah anda mengetahui macam-macam sistem dan bagaimana cara memilih produk untuk jualan online tanpa modal dan stok barang, hal terakhir yang perlu anda pelajari sebelum bisa mulai praktek adalah bagaimana caranya melakukan promosi.
Kenapa anda perlu belajar bagaimana caranya promosi? Karena anda tidak akan pernah berhasil menjual produk sebaik apapun kualitasnya jika tidak melakukan promosi. Bahkan ada yang menyatakan bahwa promosi yang dahsyat itu bahkan bisa digunakan untuk menjual produk dengan kualitas paling buruk.

Selain itu, jika anda memilih jualan tanpa modal, jelas anda punya satu kelemahan jika dibandingkan dengan penjual online lain. Kelemahannya adalah anda sama sekali tidak memiliki stok barang di tangan. Untuk menutup kelemahan tersebut, mau tidak mau memang anda harus gencar melakukan promosi.
Bagaimana caranya mempromosikan produk jika anda jualan online tanpa modal dan stok barang? Jika anda menjual produk secara online tanpa stok, jangan hanya menggunakan marketplace saja untuk mempromosikan produk anda tersebut.
Anda justru lebih disarankan untuk mempromosikan produk-produk yang anda jual menggunakan media sosial. Kenapa promosi produk yang dijual dengan sistem pre-order maupun dropship itu lebih efektif dilakukan di media sosial? Berikut ini adalah beberapa alasannya:
·         Calon konsumen lebih sulit membandingkan produk anda dengan produk dari penjual lain
Anda boleh menjual produk secara online dengan sistem dropship maupun pre-order di marketplace. Namun jangan hanya melakukan promosi di marketplace saja. Daripada melakukan promosi di marketplace, lebih baik anda lakukan promosi di media sosial.
Dengan mempromosikan produk yang anda jual dengan sistem dropship maupun pre-order di media sosial, calon konsumen jelas lebih sulit membandingkan berbagai faktor seperti harga produk anda dengan kompetitor.
Jika anda bisa mengurangi kesempatan calon konsumen untuk membandingkan produk anda dengan produk yang dijual kompetitor, kemungkinan besar produk anda yang akan dipilih oleh konsumen meskipun harganya jauh lebih mahal ataupun dijual dengan sistem pre-order.
·         Jumlah pengguna media sosial lebih besar
Kenapa anda disarankan untuk mempromosikan produk-produk yang anda jual secara online melalui media sosial? Karena pengguna media sosial itu sangat banyak. Jumlahnya bahkan lebih banyak dibandingkan dengan jumlah member marketplace.
Karena jumlah penggunanya jauh lebih banyak, anda jelas memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa menjual produk yang anda tawarkan.
Sekarang anda sudah paham bukan bagaimana cara jualan online tanpa modal dan stok barang? Dari sistem dropship dan pre-order, manakah sistem jualan tanpa modal yang nantinya akan anda terapkan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel