Cara Membuat Franchise Sendiri Di Bidang Kuliner


inilah Cara Membuat Franchise Sendiri Di Bidang Kuliner . Membangun usaha dalam bidang franchise memang gampang-gampang susah. Namun banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan. Salah satunya adalah kemudahan dalam mengembangkan bisnis. Pasalnya semakin banyak mitra yang bergabung dengan franchise kita maka semakin besar pula kemungkinan untuk memajukan bisnis anda. termasuk untuk bidang kuliner, bisnis jenis franchise sangat kompatibel untuk diterapkan. Banyak pengusaha di bidang kuliner yang cepat menuai sukses berkat sistem franchise yang dijalankannya.
Cara Membuat Franchise Sendiri Di Bidang Kuliner


Namun dalam membangun bisnis franchise kuliner ini, anda memerlukan serangkaian cara agar bisnis anda tidak mati di tengah. Persaingan di bidang bisnis kuliner memang sangat ketat. Agar tidak tergerus oleh pesaing maka seorang pengusaha harusnya lebih cerdik dalam mengembangkan bisnisnya. Dengan membuka sistem waralaba ini diharapkan perkembangan bisnis lebih cepat dan anda bisa turut memberdayakan banyak orang yang tergabung dalam mitra franchise anda. berikut beberapa tips selengkapnya dalam membuat franchise di bidang kuliner.

Tips Membuat Franchise Di Bidang Kuliner 


1. Menentukan konsep dan model bisnis
Pertama-tama anda mesti menentukan konsep dan model franchise seperti apa yang akan dijalankan. Usaha yang seragam memang memerlukan kesamaan di berbagai sektor. Mulai dari booth, desain booth, hingga SOP. Jangan sampai keseragaman akan menyulitkan anda dalam menyesuaikan standar yang dipakai. Buat secara matang konsep dan model bisnis kemudian anda bisa melangkah ke step selanjutnya.
2. Melakukan uji kajian dan kelayakan usaha
Uji kelayakan usaha anda mulai dari jenis makanan hingga cita rasanya. Selain itu bentuk dan penyajiannya juga mesti anda pikirkan baik-baik sehingga bisa diterima dengan mudah oleh konsumen. Uji kelayakan bisa anda coba dengan cara tes pasar. Jika konsumen tertarik dengan makanan yang anda tawarkan maka anda bisa mengembangkannya menjadi lebih maju lagi.
3. Menyusun SOP
Dengan SOP yang jelas, para mitra akan lebih mudah dalam menjalankan bisnisnya. SOP yang tepat akan membuat proses pemasakan makanan hingga penyajiannya sesuai dengan apa yang anda rencanakan. Franchise anda pun akan terlihat lebih profesional dan bonafit dengan SOP yang anda terapkan. Selaku franchisor hingga mitra usaha memiliki tanggung jawab yang seimbang dalam kelancaran usahanya. Maka dari itu SOP ini penting sebagai tolak ukur kinerja usaha anda.
4. Persiapan pemasaran dan launching
Setelah poin 1-3 selesai, maka anda bisa sampai ke tahapan pemasaran serta launching. Promosi menggunakan media sosial merupakan cara efektif untuk melebarkan penjualan franchise anda. selain itu anda juga bisa memanfaatkan media elektronik dan cetak untuk memperluas pangsa pasar. Berikan penawaran menarik agar anda bisa mengajak banyak mitra tergabung dalam franchise anda.
5. Monitoring untuk menyempurnakan usaha
Terkadang SOP sudah dijalankan namun ada beberapa poin yang mesti diperbaiki. Hal ini menjadi sangat wajar sebab dari poin yang bisa diperbaiki inilah kita bisa memperbaiki standar operasional dari franchise tersebut. Sebagai franchisor anda mesti melakukan komunikasi aktif dan selalu pandu mitra anda agar terus berkembang demi kebaikan bersama. Dengan monitoring teratur sebagai franchisor pun anda akan memiliki nilai plus dimata para mitra.
Demikian beberapa langkah dalam membuat franchise di bidang kuliner. Semoga bermanfaat dan menambah informasi untuk anda.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel