Cara Membuat Online Shop Sepi Bisa Mencetak Penjualan Setiap Harinya

Punya Toko Online Tapi Tidak Ada Penjualan Sama Sekali? Mau Tau Cara Membuat Online Shop yang Sepi Bisa Ramai Orderan? Sebenarnya Ada Banyak Cara Membuat Toko Online Mendapatkan Banyak Orderan. Terapkan Saja Tips-Tips yang Dibagikan Di Sini Dengan Benar. Dijamin Banjir Orderan.

Cara Membuat Online Shop Anda Bisa Mencetak Lebih Banyak Penjualan Setiap Harinya

Sudah punya online shop tapi sampai saat ini penjualannya masih belum sesuai yang anda harapkan? Penjualan produk di toko online anda tidak pasti per harinya?
Ya, jika dilihat, memang cara membuat online shop itu sangatlah mudah. Namun yang sulit adalah bagaimana cara membuat toko online yang sudah anda buat tersebut bisa menjual produk setiap harinya.
Cara Membuat Online Shop Ramai

Sayangnya, hampir semua orang yang baru mau mencoba menjual produk secara online lebih fokus pada bagaimana caranya membuat toko online. Kebanyakan pemula memang tidak begitu peduli mengenai bagaimana cara membuat produk yang mereka jual di toko online tersebut lebih cepat laku.
Lalu bagaimana caranya agar toko online yang sudah anda buat tersebut bisa mencetak lebih banyak penjualan setiap harinya? Apa saja yang harus anda lakukan agar toko online anda bisa menjual lebih banyak produk?
Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat online shop yang anda miliki bisa mencetak lebih banyak penjualan per harinya, anda bisa mendapatkan jawabannya lebih lanjut di dalam artikel ini.

Ini Beberapa Hal yang Kemungkinan Menjadi Penyebab Kenapa Penjualan Online Shop Anda Rendah atau Bahkan Tidak Ada Sama Sekali

Sebelum membahas mengenai cara membuat online shop anda bisa mendapatkan lebih banyak penjualan, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu mengenai apa saja yang biasanya membuat toko online itu sepi pembeli.
Cara Membuat Online Shop Anda Ramai Orderan

Dari pengamatan, ada beberapa hal yang sering menyebabkan toko online itu gagal menjual produk kepada konsumen. Berikut adalah beberapa hal yang paling sering menyebabkan toko online gagal menjual produk kepada konsumen:
·         Tidak ada pengunjungnya
Alasan pertama kenapa produk yang anda jual di toko online sama sekali tidak laku adalah karena toko online anda tidak ada pengunjungnya. Jika tidak ada yang berkunjung ke toko online anda, jangan harap ada yang membeli produk yang anda tawarkan di dalam toko online tersebut.
Lalu apa solusinya? Solusinya sudah jelas bahwa anda mau tidak mau harus meningkatkan jumlah pengunjung toko online anda terlebih dahulu. Jika toko online anda dikunjungi lebih banyak orang, jelas kemungkinan akan terjadi penjualan.
Oleh sebab itu, anda harus mempelajari juga bagaimana cara membuat online shop anda ramai pengunjung terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung toko online anda? Hal tersebut tergantung dari platform apa yang anda gunakan untuk membuat toko online.
Anda juga bisa pelajari cara membuat toko online yang anda miliki ramai pengunjung sesuai dengan platform yang digunakan lebih lanjut di dalam artikel ini.
·         Foto produk di toko online anda sama sekali tidak menarik
Jika jumlah pengunjung toko online anda sudah cukup lumayan namun tidak ada penjualan, hal tersebut juga bisa disebabkan karena foto produk di toko online anda tidak menarik.
Perlu anda ketahui, salah satu faktor penting untuk bisa menjual produk secara online itu adalah membuat foto produk yang menjual. Jika foto produk anda saja tidak menjual, lupakan untuk bisa menawarkan produk tersebut secara online.
Kenapa? Karena mayoritas pembeli produk online itu memutuskan untuk membeli produk yang dilihatnya secara online karena beberapa faktor dan salah satu faktornya adalah karena foto produknya menarik.
·         Harga produk di toko online anda terlalu tinggi
Alasan lain kenapa sampai saat ini toko online anda tidak berhasil menjual produk kepada konsumen juga bisa disebabkan karena harga produk di toko online anda terlampau tinggi.
Menjual produk secara online itu memang tampak sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu memajang foto produk saja. Namun sayangnya, calon konsumen juga menjadi lebih mudah membandingkan harga produk yang anda jual dengan kompetitor.
Jika harga produk yang anda tawarkan terlalu tinggi dan ada yang menjual produk yang sama dengan harga lebih murah, jelas konsumen lebih memilih membeli produk tersebut dari penjual yang memberikan penawaran harga terbaik.
Namun demikian, sebenarnya ada banyak cara membuat toko online anda tetap laris manis meskipun harga produknya lebih tinggi dari toko online lain. Jika anda mau, anda bisa mempelajari bagaimana cara membuat online shop anda bisa menjual produk dengan harga yang lebih mahal dari kompetitor di dalam artikel ini juga.
·         Produk yang anda jual memang tidak ada peminatnya
Alasan terakhir kenapa toko online yang sudah susah-susah anda buat tidak berhasil menjual produk yang anda tawarkan kepada konsumen adalah karena produk yang anda jual memang tidak ada peminatnya.
Jangan salah, memang anda bisa menjual produk apapun secara online asalkan memang tidak melanggar hokum di Indonesia. Hanya saja, ternyata ada beberapa jenis produk yang memang kurang begitu laku jika dijual secara online karena alasan tertentu.
Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk membuat toko online, lakukan riset terlebih dahulu mengenai produk apa yang cukup prospek untuk dijual. Pasalnya, jenis produk yang anda jual nantinya akan berpengaruh pada semua hal di dalam pembuatan toko online anda.

Beragam Cara Membuat Online Shop Anda Ramai Pengunjung Untuk Tingkatkan Penjualan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, anda memang mau tidak mau harus belajar bagaimana cara membuat online shop ramai pengunjung terlebih dahulu. Pasalnya, jika toko online anda ramai pengunjung, kemungkinan penjualan andapun akan meningkat.
Cara Membuat Online Shop Anda Bisa Mencetak Lebih Banyak Penjualan Setiap Harinya

Namun masalahnya, tidak banyak yang mengetahui bagaimana caranya meningkatkan pengunjung toko online itu. Ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung toko online yang anda miliki.
Namun cara membuat toko online anda ramai pengunjung tersebut dilihat dari jenis platform apa yang anda gunakan untuk online shop anda. Pasalnya, masing-masing platform toko online itu memiliki algoritma yang berbeda-beda.
·         Toko online yang dibuat menggunakan platform website atau blog self hosted
Jenis platform pertama yang bisa digunakan untuk membuat toko online adalah website ataupun blog. Jika anda menggunakan website atau blog, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung toko online anda.
Cara membuat website toko online anda lebih ramai pengunjung yang pertama adalah dengan menggunakan iklan berbayar. Beberapa pilihan iklan online berbayar yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website toko online anda tersebut adalah seperti Google Adsense, FB Ads, dan Instagram Ads.
Jika anda tidak mau atau tidak memiliki modal untuk menggunakan iklan online berbayar, anda masih bisa meningkatkan jumlah pengunjung toko online dengan melakukan optimasi SEO pada website toko online yang anda miliki.
·         Toko online yang dibuat di platform marketplace
Platform toko online berikutnya adalah marketplace. Jika dibandingkan dengan website atau blog self hosted, memang kesannya marketplace ini juga termasuk website ataupun blog self hosted.
Namun demikian, marketplace dikelola oleh orang lain. Selain itu, marketplace juga sudah dilengkapi dengan sistem yang benar-benar efektif untuk menunjang proses jual beli online. Sebagai tambahan, anda juga bisa menjadi penjual di marketplace tanpa biaya apapun.
Marketplace memang saat ini menjadi platform toko online yang paling diminati. Kenapa? Karena cara membuat online shop di marketplace itu jauh lebih mudah. Selain mudah, marketplace juga memiliki banyak pengunjung yang siap membeli produk secara online setiap harinya.
Sekilas memang anda tampak tidak perlu lagi bingung-bingung mendatangkan pengunjung ketika membuat toko online dengan platform marketplace. Pasalnya, pengelola marketplace sudah mengurus hal tersebut.
Namun jika anda perhatikan lagi, anda bukanlah satu-satunya yang menjual produk secara online di marketplace. Karena ada banyak sekali penjual lain di marketplace, maka mau tidak mau anda tetap harus memikirkan bagaimana cara membuat online shop anda lebih banyak dikunjungi calon konsumen dibandingkan dengan online shop lain di marketplace.
Lalu bagaimana caranya agar toko online anda di marketplace bisa lebih banyak dikunjungi calon konsumen? Untuk meningkatkan jumlah pengunjung toko online di marketplace, anda juga harus melakukan optimasi SEO di beberapa hal seperti judul produk dan juga deskripsi produk yang anda jual.
Selain itu, anda juga sangat disarankan untuk memperbanyak penilaian positif dari konsumen. Pasalnya, semakin baik reputasi sebuah toko online, biasanya toko online tersebut semakin disukai oleh calon konsumen.
Bagaimana jika anda baru saja membuka toko online di marketplace? Bukankah belum ada satupun yang membeli produk yang anda jual? Bagaimana caranya berkompetisi di marketplace jika anda belum memiliki reputasi?
Cara membuat toko online di marketplace bisa segera mendapatkan reputasi positif adalah dengan menurunkan margin keuntungan produk yang anda jual ataupun dengan mengeluarkan sedikit dana untuk menjadi penjual VIP.
Masing-masing marketplace di Indonesia sudah memiliki fitur penjual VIP yang bisa membuat toko online anda tampak lebih profesional dan terpercaya di depan calon konsumen.
Meskipun memang anda harus mengeluarkan sedikit modal untuk bisa menjadi penjual VIP, namun hal tersebut sangat sebanding untuk mempercepat mendapatkan konsumen dan review positif pertama. Jika anda sudah mengumpulkan beberapa review positif dari konsumen, anda boleh tidak memperpanjang status penjual VIP di marketplace tersebut.
·         Toko online yang dibuat menggunakan platform media sosial
Sebelum marketplace, banyak orang yang menggunakan media sosial sebagai platform untuk menjual produk secara online. Hal tersebut juga masih bisa anda lakukan sekarang.
Bagi anda yang menggunakan media sosial sebagai platform untuk toko online, maka cara membuat toko online anda ramai pengunjung juga berbeda jika anda menggunakan platform website self hosted ataupun marketplace.
Cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung toko online jika anda menggunakan media sosial sebagai platformnya adalah dengan melakukan optimasi pada hastag (khususnya pada media sosial Instagram maupun Facebook).
Selain itu, anda juga harus meningkatkan engagement konten toko online anda terhadap calon konsumen. Pasalnya, media sosial seperti Facebook maupun Instagram sudah merubah algoritmanya.
Sekarang semua postingan terbaru dari akun anda tidak selalu ditampilkan kepada follower anda. Tampil tidaknya postingan terbaru anda di feed follower anda tergantung dari seberapa tinggi engagement anda terhadap follower anda tersebut.

Tips Membuat Foto Produk yang Menarik Untuk Meningkatkan Penjualan di Toko Online Anda

Setelah berhasil meningkatkan jumlah pengunjung di toko online, penjualan belum tentu bisa langsung meroket. Masih ada faktor lain yang bisa mempengaruhi tinggi rendahnya penjualan di toko online anda.
Cara Membuat Online Shop Anda Bisa Mencetak Banyak Penjualan

Selain jumlah pengunjung, tingkat penjualan produk di toko online anda juga dipengaruhi dari kualitas foto produk yang anda gunakan. Memang benar bahwa tidak sedikit toko online yang berhasil menjual banyak produk hanya bermodalkan foto ala kadarnya.
Namun hal itu biasanya disebabkan karena toko online tersebut lebih fokus pada faktor-faktor selain foto produk. Bagi anda yang memang baru pertama kali membuka toko online, ada baiknya anda pelajari bagaimana cara membuat toko online anda tampak lebih menarik dari foto produknya.
Lalu bagaimana cara membuat online shop anda menjadi lebih menarik di mata calon konsumen dari segi foto produknya? Jika anda mau foto produk yang anda tampilkan di toko online dapat meningkatkan minat calon konsumen untuk membelinya, anda perlu membuat foto produk dengan menggunakan beberapa tips berikut ini:
·         Jangan pernah menggunakan foto dari toko online lain
Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pemula ketika membuat satu toko online adalah mereka menggunakan foto produk dari toko online lain. Meskipun produk yang anda jual sama dengan produk toko online lain, jangan sampai anda menggunakan foto yang sama.
Kenapa? Karena hal tersebut membuat calon konsumen berpotensi membandingkan produk anda dengan produk dari toko online lain. Selain itu, anda yang menggunakan foto produk dari toko online lain kesannya seperti reseller atau dropshipper di mata calon konsumen.
·         Tambahkan properti untuk mempercantik foto produk anda
Jika anda perhatikan, foto produk yang hanya menampilkan produk saja itu tampak sangat biasa bukan? Oleh sebab itu, jika anda memang berminat untuk meningkatkan minat calon konsumen untuk membeli produk yang anda jual, buatlah foto produk yang ditambahkan dengan beberapa macam properti.
Ada banyak sekali properti sederhana yang bisa anda gunakan untuk mempercantik foto produk anda. Salah satu contoh properti yang bisa anda gunakan untuk mempercantik tampilan produk anda adalah bunga ataupun daun-daunan.
Dengan menambahkan bunga ataupun daun-daunan saja pada foto produk anda, sebenarnya hal tersebut sudah termasuk cara membuat online shop anda tampak lebih menarik di mata calon konsumen.
Kenapa? Karena penambahan bunga maupun daun-daunan tersebut membuat foto produk anda menjadi lebih berwarna. Karena foto produknya jauh lebih berwarna, kemungkinan besar calon konsumen pasti akan lebih memilih mengunjungi toko online anda dibandingkan dengan toko online kompetitor anda.
·         Foto variasi warna dari produk anda secara bersamaan
Bila produk yang anda jual memang memiliki variasi warna, anda tidak perlu menambahkan properti apapun. Pasalnya anda sudah bisa meningkatkan tampilan fotonya dari variasi warna produk itu sendiri.
Foto produk yang memiliki banyak variasi warna tersebut secara bersamaan. Namun selain itu, pastikan untuk membuat satu foto khusus untuk menunjukkan detail dari produk yang anda jual juga.
Dengan mengikuti 3 tips membuat foto produk tersebut, anda kemungkinan besar akan bisa mengalahkan kompetitor yang menjual produk sejenis. Pasalnya, foto produk anda tidak pasaran seperti yang kebanyakan digunakan oleh penjual online.

Cara Riset Produk Untuk Dijual Secara Online yang Tepat

Ok, sampai sini anda sudah paham mengenai bagaimana caranya meningkatkan jumlah pengunjung ke toko online serta membuat foto produk yang menarik. Kemungkinan besar anda sudah berhasil menjual beberapa produk.
Cara Membuat Online Shop Anda Bisa Mencetak Lebih Banyak Penjualan

Namun bagaimana cara membuat online shop yang anda miliki tidak pernah sepi orderan? Jika anda mau tau bagaimana cara membuat toko online anda tidak pernah sepi dari orderan, anda tidak hanya harus mendatangkan pengunjung dan membuat foto produk yang menarik saja.
Selain melakukan 2 hal tersebut, anda juga wajib memilih jenis produk yang memang banyak dicari orang secara online. Jika anda menjual produk yang kurang begitu diminati, anda memang tetap akan mendapatkan pembeli. Namun jumlah orderannya jelas tidak akan banyak.
Lalu bagaimana cara memilih jenis produk yang sangat laris dijual secara online? Bagaimana cara membuat online shop anda siap bersaing dengan kompetitor lain yang juga menjual produk yang sama?
Bagi anda yang masih bingung mengenai bagaimana cara memilih produk untuk dijual secara online, sebenarnya hal tersebut sangatlah mudah. Anda bisa mengetahui apa saja produk yang paling banyak dicari oleh konsumen secara online dari fitur hot item yang disematkan di hampir semua marketplace di Indonesia. Semua produk yang masuk kategori hot item di marketplace itu adalah produk-produk yang sedang banyak dicari secara online.
selain menggunakan fitur hot item dari marketplace, anda juga bisa melakukan riset produk yang sedang laris dicari secara online dengan menggunakan Google Trends. Jika dibandingkan dengan fitur hot item di marketplace, Google Trends bisa memberikan lebih banyak kelebihan dalam hal riset produk untuk jualan online.
Apa saja kelebihan Google Trends ketika digunakan untuk riset produk toko online? Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Google Trends:
·         Bisa digunakan untuk membandingkan lebih dari 2 trend secara bersamaan.
·         Memberikan data peningkatan dan penurunan trends dalam bentuk grafik sehingga menjadi lebih mudah digunakan untuk mempertimbangkan prospek tidaknya satu produk tertentu.
·         Bisa memberikan data trend satu produk dalam rentang waktu yang cukup lama.
·         Bisa memberikan data mengenai area mana saja yang paling banyak mencari produk-produk tertentu.
Melihat apa saja kelebihannya, sudah tidak perlu dijelaskan lagi bukan kenapa kebanyakan penjual online yang profesional itu selalu menggunakan Google Trends untuk melakukan riset produk?
Jika anda mau melakukan riset untuk memilih produk yang akan dijual di toko online menggunakan Google Trends ini, secara tidak langsung anda juga bisa mengalokasikan dana dengan lebih efektif. Pasalnya anda mengetahui produk apa yang perlu anda stok lebih banyak bukan?
Bila anda sudah paham bagaimana caranya melakukan riset produk, membuat foto produk yang menarik, dan juga mendatangkan pengunjung ke toko online anda, hal selanjutnya yang juga sangat perlu anda perhatikan adalah harga jual produk di toko online anda.
Menentukan harga jual produk yang tepat juga menjadi salah satu cara membuat online shop anda tidak pernah sepi dari orderan. Lalu bagaimana caranya menentukan harga produk yang tepat? Baca tipsnya berikut ini.

Tips Menentukan Margin Keuntungan Untuk Meningkatkan Penjualan Produk di Toko Online Anda

Seperti yang sudah dibahas, anda sudah paham cara membuat toko online lebih banyak pengunjungnya, foto produknya sudah anda buat lebih menarik, dan produk yang anda jual juga sudah terbukti banyak dicari, namun semua itu masih belum menjamin anda bisa mendapatkan orderan setiap harinya.
Cara Membuat Online Shop Anda Bisa Mencetak Lebih Banyak Penjualan Setiap hari

Kenapa? Karena masih ada satu faktor lagi yang juga sangat menentukan tinggi rendahnya penjualan produk di toko online anda. Faktor terakhir yang juga menjadi penentu seberapa tinggi penjualan produk di toko online anda tersebut adalah faktor harga. Seberapa tinggi margin keuntungan yang anda patok mempengaruhi seberapa banyak produk yang bisa anda jual. 
Lalu bagaimana sebaiknya anda menentukan margin keuntungan untuk toko online? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menentukan berapa margin keuntungan atau harga jual produk di toko online anda jika mau setiap hari mendapatkan orderan dari konsumen:
·         Jual produk dengan harga sedikit lebih rendah dari kompetitor anda
Cara termudah untuk menentukan berapa harga produk adalah dengan melihat berapa harga produk serupa yang dijual oleh kompetitor anda. Jika anda sudah menemukan kompetitor yang menjual produk yang sama secara online, turunkan sedikit margin keuntungan anda dari harga jual kompetitor anda tersebut.
Memang keuntungan yang anda dapatkan akan sedikit berkurang. Namun hal tersebut merupakan cara membuat online shop anda bisa mendapatkan orderan lebih banyak setiap harinya.
·         Jual produk sama dengan harga yang ditawarkan kompetitor dan berikan value tambahan
Jika anda tidak mau bersaing harga dengan kompetitor, anda tidak perlu menurunkan harga jual produk. Anda bisa memilih untuk menambahkan value kepada konsumen.
Salah satu contoh value tambahan yang bisa anda berikan kepada konsumen jika membeli dari anda adalah seperti memberikan bonus satu souvenir yang bermanfaat untuk konsumen.
·         Jual produk lebih mahal dari kompetitor dengan sistem bundling
Cara membuat online shop anda tidak pernah sepi dari orderan yang terakhir jika dilihat dari segi harga adalah dengan mematok harga produk lebih mahal dari kompetitor.
Namun jangan asal mahal, pastikan anda menjual produk yang sama dengan harga lebih mahal namun dengan sistem bundling. Jadi dengan nominal yang sedikit lebih mahal, konsumen bisa mendapatkan produk tambahan yang bisa digunakan secara bersamaan dengan produk yang mereka beli dari anda.
Contoh penerapan sistem bundling adalah seperti ketika anda menjual wajan anti lengket, anda menjualnya sekaligus dengan tirisan minyak ataupun dengan sarung tangan anti panas.
Meskipun harganya jauh lebih mahal dari kompetitor, kemungkinan besar konsumen tetap memilih membeli produk tersebut dari anda karena kesannya produk anda jauh lebih murah bukan?
Jadi bagaimana? Sekarang anda sudah paham bukan tentang bagaimana cara membuat toko online atau website toko online anda tidak pernah sepi dari orderan? Jika anda melakukan semua tips yang dijabarkan di dalam artikel ini, anda juga tidak perlu takut lagi bersaing dengan toko online yang sudah beroperasi lebih lama.
Jadi kapan anda akan mulai menerapkan semua cara membuat online shop anda bisa mencetak lebih banyak penjualan setiap harinya yang sudah dibahas di dalam artikel ini? Jika anda sudah mempratekkan semua tips yang sudah dibahas, jangan lupa untuk membagikan pengalaman anda juga ya di kolom komentar.
Pengalaman anda dalam menerapkan cara membuat website toko online yang awalnya sepi dan sekarang bisa mendapatkan lebih banyak orderan tersebut juga akan sangat membantu penjual lain yang mengalami masalah yang pernah anda alami.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel