Begini Cara budidaya semut rangrang tanpa ratu

Saat ini, sudah banyak sekali jenis usaha budidaya ternak yang tentunya menjanjikan omset yang menggiurkan, salah satunya adalah Budidaya semut rangrang tanpa Ratu. Budidaya semut rangrang tanpa ratu ini hasilnya biasa disebut dengan Kroto atau telur semut rangrang.
Kroto adalah jenis makanan burung yang paling diminati dan juga digemari. Di alam luas sendiri banyak yang setiap harinya menghabiskan waktu untuk mencari sarang - sarang semut rangrang dan diambil telurnya (kroto). Harga kroto ini sangat mahal, harga kroto bisa mencapai 100 ribu rupiah perkilonya. Jadi tidak heran jika banyak yang menjadikan Budidaya semut rangrang tanpa ratu ini sebagai peluang usaha.

Begini Cara budidaya semut rangrang tanpa ratu

Begini Cara budidaya semut rangrang tanpa ratu

Begini Cara budidaya semut rangrang tanpa ratu

Begini Cara budidaya semut rangrang tanpa ratu

Begini Cara budidaya semut rangrang tanpa ratu

Karena pada dasarnya dulu untuk mendapatkan Kroto ini, orang - orang hanya dengan mencari dan memburu sarang - sarang semut rangrang dan diambil krotonya. Namun karena hal tersebut tidak bisa terus-terusan dilakukan  maka untuk mendapatkan kroto dibuatlah budidaya semut rangrang tanpa ratu. Untuk mendapatkan kroto tanpa terus-menerus merusak sarang-sarang semut tersebut.

Dalam budidaya semut rangrang tanpa ratu (kroto) ini sebenarnya ada beberapa cara yaitu :
1. Menggunakan Metode ternak di Pohon
2. Menggunakan Metode ternak di bambu
3. Menggunakan Metode dengan media Topeles

Metode ternak kroto di Pohon
Yang harus dilakukan pertama adalah persiapan bibit Koloni Rangrang
Bibit koloni untuk budidaya kroto ini dapat diperoleh dari hasil tangkapan dari alam atau juga bisa membelinya sendiri dari pembudidaya lainnya, jadi apabila kalian kesulitan menacari di alam kalian dapat membeli bibit kroto pada pembudidaya lain. Bibit kroto biasanya dijual dalam kemasan stoples atau botol plastik bening. Harganya sih cukup mahal, satu botol plastik berukuran 1 liter harga kroto kira-kira antar 150-200 ribu rupiah.

Lalu persiapkan pohonnya
Pohon yang kiranya digunakan untuk budidaya rangrang biasanya seperti pohon mangga, pohon jambu tapi kalian juga bisa memakai pohon lainnya. Setelah itu siapkan wadah spesial, lalu ikat ke ranting pohonnya. Cek dengan benar dan pastikan agar wadah tersebut tidak jatuh, wadah yang dipakai tersebut dapat terbuat dari botol mineral yang dilubangi atau wadah bekas beli bibit kroto.

selanjutnya setalah persiapan pohon dan bibinya sudah. Hal yang harus dilakukan adalah penebaran bibit koloni rangrang. , setelah itu letakkan koloni semut rangrang. Biasanya bibit koloni dijual dalam toples atau botol plastik, untuk memindahkan ke media pohon, seperti yang telah di jelaskan diatas, setelah semua itu sediakan pakan dan air gula di sekitar sarang tersebut. Semut rangrang dengan sendirinya akan berkeliaran dan mulai membuat sarang -sarang  untuk bersarang mereka. Setelah itu tinggal memberikan perawatan rutin agar koloni menghasilkan kroto dengan maksimal.

Pemberian pakannya
Untuk Pakan budidaya kroto sendiri diantaranya ada ulat, jangkrik, belalang, cicak dan hewan kecil lainnya. Selain itu, pakan yang diberikan itu dapat berupa daging ayam yang telah direbus agar tidak  dan berbau. Atau bisa juga diberikan tulang-tulangan seperti tulang sapi atau kambing, tapi harus dipecahkan hingga sumsumnya keluar baru diberi pakan. Pakan tersebut digunakan sebagai asupan protein dan lemak bagi kroto  itu sendiri.

Dan selain protein dari makanan - makanan yang disebutkan diatas. Dalam budidaya semut rangrang tanpa ratu ini, juga membutuhkan gula sebagai asupannya. Biasanya semut rangrang dapat asupan gula dari alam berupa nektar yang dihasilkan kutu daun, tapi karena ini budidaya untuk mendapatakan gula itu kita hanya perlu memberikan gula pasir yang sudah dilarutkan dalam air.

untuk cara memanen kroto sendiri yaitu dengan menyiapkan wadah berupa baskom atau ember plastik. Selain itu, siapkan pula saringan dari kawat ram, lalu letakkan dalam baskom tersebut. Jangan lupa gunakan sarung tangan karet ya, hal ini dimaksudkan agar kalian terhindar dari gigitan semut. Nah, setelah itu barulah ambil sarang semut rangrang tersebut dan tumpahkan isinya ke dalam baskom yang telah  diberi saringan kawat ram tadi.

Metode budidaya semut rangrang pada Bambu
Metode budidaya semut rangrang tanpa ratu yang kedua adalah dengan cara Ternak pada bambu. Cara Ternak semut rangrang menggunakan bambu terbilang sangat ekonomis dan cocok terutama bagi kita yang mempunyai tanaman bambu dekat rumah, hanya tinggal potong dan pakai. Pembuatan kandang dari bambu sendiri cara membuatnya adalah dengan cara media bambu diletakkan diatas kolam secara langsung.

Dalam pemilihan bambu yang hendak dipakai sebagai kandang usahakan minimal berdiameter 7 cm dan potonglah kurang lebih 40 cm, dan buat lubang di dalamnya dan jika bambu masih belum berlubang juga. Adapun kelemahan budidaya semut rangrang tanpa ratu dengan menggunakan media ini adalah koloni lama beradaptaasi.

Dan juga jika kita menggunakan media bambu biasanya hasil dari keroto kecil - kecil, dan selain itu juga kita tidak bisa melihat secara langsung dari kroto yang dihasilkan semut rangrang dalam sarang tersebut. Jangan lupa memasukkan daun ke dalam bambu tersebut ya.

Budidaya semut rangrang dengan media Toples
Dan yang terakhir adalah budidaya semut rangrang tanpa ratu dengan media toples. Cara budidaya dengan metode ini adalah siapkan Toples, maka dari itu siapkan toples transparan berukuran sedang, hal.itu berguna supaya kita bisa memantau perkembangan koloni semut rangrang setiap saatnya. Lalu Toples kita lubangi bagian bawahnya dengan ukuran 5 hinga 7 cm.

Lubang- lubang tersebut fungsinya sebagai tempat keluar masuk udara dan juga pemberian makan pada semut. Tempatkan toples ke atas rak dengan posisi terbalik ya. Dengan posisi lubang ada di atas.

Setelah itu masukkan pakan semut rangrang kedalam toples setelah masukkan koloni semut kedalam toples. Koloni semut yang dimasukan jangan dimasukan dengan sarangnya, caranya kita bisa membuka sarang semut diluar toples barulah letakkan diatasnya, dengan begitu semut akan dengan sendirinya akan masuk kedalam toples yang telah kita beri makan tadi.
Setelah itu tutup rapat toples termasuk lubangnya memakai lakban. Hal ini berfungsi agar semut segera membuat sarang. Setelah terbentuk sarang dengan baik kita bisa membuka lakban pada lubang toplesnya.

Tapi kekurangan dari metode budidaya toples ini adalah
terbilang susah dengan tingkat keberhasilan tidak mencapai 60%. Akan tetapi metode budidaya semut rangrang di toples ini termasuk yang mudah dilakukan, dan bagusnya jika sudah bisa panen sekali makan untuk panen - panen selanjutnya pastin
Itulah beberapa cara budidaya semut rangrang tanpa ratu yang mungkin bisa diterapkan pada anda yang ingin membuka usaha budidaya semut rangrang tanpa ratu (kroto). Semoga bisa membantu dalam usaha meningkatkan hasil budidaya semut rangrang yang sedang atau akan dirintis. Dan jangan lupa untuk terus - menerus belajar supaya bisa semakin baik dalam merintis usaha. Serta yang perlu diingat adalah ketika kita membuka peluang terutama dalam usaha membudidayakan hewan harus dengan kesabaran dan juga keuletan jadi, terus berinovasi dan jangan cepat puas



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel