Keuntungan dari budidaya semut jepang

Semut, pastinya kita sudah tidak asing dan mengenal hewan kecil yang satu ini. tapi apakah anda sudah sering mendengar tentang semut jepang?, apasih semut jepang itu dan bagaimana semut jepang itu sebenarnya ? semut jepang sebenarnya saat ini mulai popular di Indonesia, sehingga banyak orang yang mulai untuk berternak semut jepang ini. alasannya karena manfaat semut jepang sangat banyak untuk kesehatan. Tetapi informasi mengenai cara ternak semut jepang masih sangat sedikit, akhirnya belum banyak peternak semut jepang yang sukses. Selain itu budidaya semut jepang memiliki keuntungan yang banyak. Berikut ini keuntungan budidaya semut jepang.


Keuntungan dari budidaya semut jepang

Semut ini kenapa disebut semut jepang dikarenakan  semut ini berasal dari jepang, dan sebenarnya bentuk semut jepang tidaklah seperti semut. Namun lebih terlihat ke spesies kumbang atau Bahasa latinnya adalah Tenebrio. Namun karena bentuknya yang kecil  dan berasal dari jepang maka dikenalah sebagai semut jepang

Keuntungan dari budidaya semut jepang
Berikut ini adalah keuntungan – keuntungan budidaya semut jepang :
1. Tidak terlalu perlu budget yang terlalu besar untuk memulai budidaya semut jepang,, mengapa demikian, karena jika kita ingin memulai untuk budidaya semut jepang ini, yang hanya perlu kita siapkan adalah toples plastik. Caranya yaitu dengn mengisi toples ini dengan kapas dan ragi hingga setinggi 2/3 tinggi toples, lalu diamkan selema beberapa hari di tempat yang lembab hingga muncul peragian awal pada kapas. Setelah itu beri lubang – lubang untuk sirkulasi udara di tutup toples tersebut. setelah mempersiapkan media toplesnya, barulah masukan bibit semut jepangnya. Untuk mendapatkan bibit semut jepang dengan harga biasnya sekitar 1000 rupiah persatuannya. Dan biasanya 1 toples bibit semut jepang berisi 200 – 300 ekor semut jepang.

Keuntungan dari budidaya semut jepang
2. Keuntungan budidaya semut jepang berikutnya yaitu. Anda Tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa memanen semut jepangnya. Hal itu dikarenakan hanya dengan waktu 1 bulan saja pemeliharaan bibit semut jepang, kita sudah bisa memanen semut jepang tersebut. dan belum lagi an pertumbuhannya 30 kali lipat, sehingga sudah dipastikan pundi – pundi keuntungan anda pasti akan besar
3. Memiliki banyak khasiat, selain menguntungkan keuntungan budidaya semut  jepang juga banyak berguna bagi kesehatan, yang diantarany adalah dapat mengobati berbagai macam penyakit, meningkatkan stamina, dan berbagai macam manfaat lainnya.

Keuntungan dari budidaya semut jepang
Selain keuntungan yang didapat dari budidaya semut jepang, pastinya dalam mendapatkan  keuntungan pastinya dalam budidaya semut jepang kita juga harus berternak dengan baik. Bagi kalian yang ingin merambah untuk membudidayakan semut jepang. Berikut ini adalah cara yang harus dilakukan untuk melakukan budidaya semut jepang yang baik dan benar.
1.   Media Budidaya,
Hal pertama kali yang harus kita ketahui dan pahami sebelum melakukan budidaya semut jepang adalah dengan mengetahui media budidayanya, untuk media budidaya semut jepang kita dapat menggunakan sebuah toples yang terbuat darti plastik atau kaca bening yang diisikan kapas ke dalamnya hingga kurang lebih setengah bagian toples, dan yang perlu benar – benar diperhatikan adalah, kapas yang kita gunakan untuk membudidayakan semut jepang itu harus steril ya.
2.    Pemberian Pakan
Setelah kita sudah menyiapkan semua media budidaya yang berupa toples maka setelah itu kita harus mengetahui jenis pakan yang akan digunakan, dan jenis pakan yang bisa kita berikan kepada semut jepang adalah ragi. Karena itu untuk mendapatkan hasil panen yang baik maka pilihlah ragi dengan kualitas yang baik ya, dan perlu diingat kita bisa memberi makan semut jepang sebanyak tiga hari sekali dengan meletakkan ragi di atas kapas dalam toples.
3.  Masa Perkembangan 
Untuk bisa menjalankan usaha budidaya semut jepang. Maka kita harus mengetahui proses perkembangan dari semut jepang yakni mulai dari menetas,lalu menjadi larva, hingga tumbuh dewasa dan siap untuk di panen. Semut jepang ini merupakan salah satu jenis hewan yang perkembangannya sangat cepat yakni tidak sampai satu bulan, jadi yang perlu diperhatikan adalah jika sudah beranak maka pindahkan ke dalam toples yang baru karena populasinya pasti berkali – kali lipat.
4.  Proses Pemeliharaan
Setelah kita sudah mengetahu ketiga hal – hal penting di atas, maka kini beralih ke proses pemeliharaannya yang mana sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, yakni dengan menjauhkan semut jepang dari jenis semut lainnya. Hal itu dilakukan karena dikhawatirkan jika semut lain akan menyerang semut jepang yang kita pelihara, selain itu hindarkan semut jepang dari paparan sinar matahari secara langsung ya, hal itu karena akan mengganggu proses budidaya semut ini.
5.  Masa Pemanenan
Dan yang terakhir adalah Setelah kita melakukan keempat hal di atas, maka yang selanjutnya adalah masa yang pasti ditunggu - tunggu yaitu pemanenan, semut jepang merupakan salah satu jenis semut dengan perkembangbiakan yang sangat cepat sehingga dalam kurun masa satu bulan maka kita sudah bisa mendapatkan jumlah hingga 30 kali lipat dari jumlah awal sehingga akan sangat menguntungkan bagi kita para pembudidaya semut jepang.

Keuntungan dari budidaya semut jepangKeuntungan dari budidaya semut jepang
Dalam menjalankan budidaya semut jepang memang kiranya tidak terlalu sulit, namun ada hal yang harus diperhatikan dalam membudidayakan semut jepang yaitu. Dalam membudidayakan semut jepang, suhu ruangan harus sangat diperhatikan dimana suhu ruangan untuk semut Jepang adalah suhu harus sekitar 30 derajat celcius. Dan delain itu, awasi tople dari gangguan serangga luar seperti semut dan jenis – jenis serangga lainnya. Karena jika semut atau serangga  dari luar masuk, mereka akan memakan telur – telur semut jepang itu, jadi harus sangat diperhatikan  ya kawan.
Dan tantangan yang harus dihadapi para pengusaha budidaya semut jepang adalah dimana, kita sebagai yang membudayakan semut jepang harus bisa memastikan jika produk penjualan semut jepang dapat optimal, hal tersebut dikarenakan pangsa pasar semut jepang masihlah amat sangat terbatas. Hal tersebut dikarenakan beberapa supplier masih banyak yang lebih memilih mengimpor langsung obat kemasan semut jepang dibanding membeli dari para pengembang usaha budidaya semut jepang di negeri kita sendiri.
Jadi harus pandai – pandai dlam memasarkan semut jepang ini, salah satu cara yang ampuh adalah dengan memasarkannya menggunakan sistem online, beruntung di era sekarang ini yang sangat canggih kita bisa dengan mudah memasarkan semut – semut jepang hasil panen budidaya semut jepang kita sendiri.
Jadi itulah beberapa keuntungan budidaya semut jepang dan bagaimana cara mengelola ternak semut jepang, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat bagi teman – teman yang ingin membuka peluang usaha budidaya semut jepang,
Intinya dalam mengelola sebuah pembudidayaan hewan, bukan hanya tentang keuntungan semata, tentunya yang penting yang harus kita lakukan adalah usaha yang pantang menyerah, dan juga ilmu yang terus menerus kita gali supaya usaha pembudidayaan yang kita kelola semakin maju dan sukses.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel