Tips Menaikan Harga Tanpa Takut Ditinggal Konsumen

inilah Tips Menaikan Harga Tanpa Takut Ditinggal Konsumen  Bagi para pelaku usaha, menaikan harga merupakan sebuah dilema tersendiri. Di satu sisi ada faktor yang menyebabkan harga barang/jasa mesti dinaikan semisal melonjaknya harga bahan bakar, bahan baku, dsb. Namun di sisi lainnya, kenaikan harga akan menyebabkan turunnya daya beli konsumen. Bahkan beberapa kasus konsumen menjadi beralih memilih produk yang lebih murah. Harga memang menjadi pertimbangan utama sebagian besar konsumen dalam membeli produk/jasa. Kemudian mutu menjadi poin selanjutnya untuk dipertimbangkan.
Tips Menaikan Harga Tanpa Takut Ditinggal Konsumen

Namun menaikan harga menjadi hal yang mesti anda lakukan demi keberlangsungan perputaran modal sehingga anda tidak merugi dalam bisnis. Oleh sebab itu diperlukan trik khusus agar konsumen secara legowo mau menerima kenaikan harga yang anda tetapkan dan tetap menjadikan barang atau jasa yang anda tawarkan sebagai pilihan pertama mereka. Cara yang bisa anda terapkan sebenarnya cukup mudah. Nah, berikut ini ulasan selengkapnya untuk berbagai tips menaikan harga.

Berbagai Tips Menaikan Harga

1. Sosialisasi
Konsumen tidak suka dengan apa-apa yang serba mendadak. Mereka memerlukan sosialisasi terlebih dulu terlebih mengenai kenaikan harga. Harga yang dinaikan secara mendadak hanya akan menyebabkan konsumen kecewa. Anda memerlukan sosialisasi jauh-jauh hari. misalnya dengan mengirim pesan berantai/broadcast ke kontak BBM, WA, atau akun media sosial anda. Atau jika promosi secara offline hendaknya pemberitahuan dilakukan secara jelas melalui spanduk, brosur, atau media lainnya.
2. Terbuka
Konsumen pasti akan menanyakan sebab harga mengalami kenaikan. Dari sinilah anda mesti terbuka dan memberi penjelasan secara jujur. Misalnya karena harga bahan bakar yang melonjak, harga bahan baku meningkat dua kali lipat, dsb. Konsumen lebih menghargai apa-apa saja yang terbuka. mereka akan lebih ikhlas membeli barang dan tetap loyal menggunakan jasa atau membeli produk dari anda.
3. Memberikan bonus
Bonus diberikan untuk mencegah kaburnya konsumen karena mengetahui harga yang melonjak. Anda bisa memberikan bonus seperti diskon tambahan, gratis ongkos kirim, atau souvernir khusus. Konsumen akan merasa senang dengan bonus yang anda berikan karena mereka akan merasa lebih diperhatikan. efek satu ini sangat efektif untuk membawa dampak psikologis positif bagi usaha anda.
4. Bundling
Terapkan strategi bundling atau menawarkan produk dengan paket tertentu. Sebagai contoh anda bisa menerapkan promosi pembelian 3 box produk free ongkos kirim atau bonus potongan harga. Penawaran dalam bentuk bundling ini akan membuat kesan kenaikan harga tidak berdampak besar. Hal ini akan membuat konsumen lebih mudah loyal membeli barang atau mengenakan jasa anda.
5. Upgrade mutu dan layanan
Kenaikan harga juga mesti dibarengi dengan peningkatan mutu dan layanan. Misalnya pelayanan mesti lebih ramah, responsif dan peduli sehingga konsumen tidak merasa telah sia-sia membeli dengan harga lebih tinggi. Selain itu upgrade mutu juga mesti anda lakukan demi mengobati rasa kekecewaan konsumen dengan naiknya harga beli mereka dan tetap mengikat konsumen untuk tetap loyal.
Demikian beberapa tips mudah menaikan harga agar konsumen tetap loyal menggunakan produk atau jasa dari bisnis anda. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel